Pengendalian Terasa Berbeda - Mengapa Mobil Saya Bergetar ?


Gejala: Getaran atau goyangan

editorial mobil getaran goyangan tips dan saran

editorial mobil getaran goyangan tips dan saran

Diagnostik: Ban tidak seimbang ATAU Sistem Kemudi & Suspensi Mengalami Malfungsi
  • Ban yang tidak seimbang dapat menimbulkan getaran yang dapat memicu kelelahan pada pengendara, keausan kembang ban yang terjadi sebelum waktunya atau keausan yang tidak merata, serta kerusakan yang seharusnya tidak terjadi pada suspensi kendaraan Anda.

 

Solusi dan saran
  • Solusinya cukup dengan menyeimbangkan ulang ban Anda.
  • Anda juga mungkin perlu memperbaiki sistem kemudi dan suspensi.
  • Temui profesional ban saat pertama kali Anda mendeteksi adanya getaran atau goyangan.
  • Jika penyeimbangan ulang ban Anda tidak menghilangkan getaran tersebut, lakukan penyebarisan dan/atau pemeriksaan komponen sistem suspensi.
  • Ban harus seimbang pada saat dipasang di roda untuk pertama kalinya atau ketika dipasangkan kembali setelah diperbaiki.

 Gejala: Bergerak menarik ke satu sisi atau pengemudian yang Tidak Baik

editorial mobil infografis menarik pengemudian tips dan saran

editorial mobil infografis menarik pengemudian tips dan saran

Diagnostik 1: Penyebarisan Ban yang Tidak Baik

Keausan yang tidak merata pada ban depan dan belakang menandakan bahwa Anda perlu melakukan penyebarisan ban.

Solusi:

Many vehicles today are equipped with rear suspensions that can be adjusted for alignment.Saat ini, banyak kendaraan yang dilengkapi dengan suspensi belakang yang dapat disesuaikan untuk penyebarisan.

Dalam hal ini, perlu dilakukan penyebarisan "ban depan" atau penyebarisan "keempat ban", bergantung pada gejala yang Anda alami. Kunjungi dealer ban Anda untuk pemeriksaan.

Gejala: Pengendalian yang tidak baik

editorial mobil infografis pengendalian yang tidak baik tips dan saran

editorial mobil infografis pengendalian yang tidak baik tips dan saran

Diagnostik: Kerusakan Ban yang Membutuhkan Perbaikan
  • Sebagian besar lubang karena tusukan paku atau sayatan hingga ¼ inci yang terbatas pada kembang ban itu dapat diperbaiki oleh profesional ban menggunakan prosedur yang disetujui industri.
  • Perbaikan ban dengan metode sumbatan itu tidak dapat diandalkan dan berbahaya karena dengan setelah tertusuk paku, bagian dalam ban harus diperiksa.

     
Solusi:
  • Perbaikan ban radial (jenis ban pada umumnya) yang tepat meliputi penempatan tambalan karet pada lapisan ban dalam dan pengisian karet pada lubang tersebut.
  • Jangan mencoba untuk memperbaiki ban pada kondisi tusukan kembang ban yang lebih besar dari 1/4 inci atau tusukan pada dinding samping ban lainnya. Dan juga, jangan memperbaiki ban yang telah mengalami keausan di bawah kedalaman kembang 2/32 inci.
  • Ganti ban yang rusak tersebut dengan ban cadangan – tetapi pertama-tama pastikan untuk memeriksa dinding samping ban cadangan untuk tekanan ban, batas kecepatan, dan batas jarak tempuhnya. Bawa kendaraan Anda untuk diperiksa oleh profesional ban.

 

Butuh bantuan tambahan?