Hambatan gelinding dikaitkan dengan energi yang terbuang.

Apakah hambatan gelinding itu?

Tips & Saran untuk ban Mobil, SUV & Van

Hambatan gelinding (rolling resistance/RR) memiliki dampak signifikan terhadap energi yang dibutuhkan kendaraan untuk bergerak. Dengan demikian ada hubungan langsung dengan konsumsi bahan bakar untuk mobil bertenaga pembakaran - sekitar 20% - atau terhadap jarak baterai untuk mobil listrik. Desain ban dapat membantu mengurangi RR.

Apakah rolling resistance itu?

Pertama-tama, pastikan kita memahami gagasan ketahanan gelinding pada ban. Seperti namanya, hambatan gelinding mengacu pada hambatan yang dialami oleh ban mobil Anda saat menggelinding di atas permukaan. Penyebab utama hambatan ini adalah deformasi ban, wing drag (dorongan udara), dan gesekan dengan tanah. 

Semakin besar hambatan gelindingnya, semakin banyak energi yang dibutuhkan untuk mengatasinya. Oleh karena itu ada dampak yang cukup besar dari hambatan gelinding pada ban terhadap konsumsi bahan bakar (dan terhadap berapa lama ban Anda akan bertahan). Kenaikan 30% pada hambatan gelinding akan mengakibatkan 3 hingga 5% kelebihan konsumsi bahan bakar.

Beberapa faktor yang berpengaruh pada hambatan gelinding: tekanan ban, tapak/ kembang, diameter, lebar, atau bahan yang digunakan dalam ban atau konstruksinya. Mengenai tekanan ban misalnya, penelitian yang dilakukan di jalan-jalan Prancis (1) telah menunjukkan bahwa lebih dari 50% mobil berjalan setidaknya 0,3 bar di bawah tekanan ban yang dibutuhkan. Ini menghasilkan peningkatan yang cukup besar dalam hambatan gelinding: +6% untuk kurang tekanan sebesar 0,3 bar dan +30% untuk kurang tekanan sebesar 1 bar. 

epcy landing3 bg

Daya cengkeram juga penting pada ban

Namun, hambatan ban tetap diperlukan. Bagian dari hambatan gelinding yang disebabkan oleh gesekan antara permukaan jalan dan ban menghasilkan traksi, dan cengkeraman ini sangat penting untuk keselamatan. Traksi adalah gaya yang diperlukan untuk menghasilkan gerakan – menyebabkan ban menggelinding melintasi permukaan dan tidak berputar di satu tempat.

Jadi, Anda memang membutuhkan hambatan gelinding, tetapi bukan kehilangan energi melalui panas yang dihasilkannya. Apakah mungkin untuk mendapatkan hambatan gelinding yang rendah DAN cengkeraman yang baik pada ban yang sama?

Inilah dia, Ban dengan Hambatan Gelinding yang Rendah!

Ban dengan Hambatan Gelinding yang Rendah (Low Rolling Resistance tyres) – juga dikenal sebagai LRR - dirancang untuk mengurangi hilangnya energi – dan oleh karena itu mampu menghemat bahan bakar. Hal ini dilakukan melalui inovasi yang diterapkan pada semua aspek ban: 

- Konstruksi ban, bentuk, dan pola kembang pada tapak: arsitektur ban melalui geometri dan sifat lapisan internal dan desain kembang pada tapak memiliki pengaruh besar pada sejauh mana deformasi yang dialami oleh ban, dan dengan demikian pada hambatan gelindingnya.
- Berat ban: untuk deformasi yang sama, semakin besar suatu benda, akan semakin panas.
- Optimalisasi campuran karet dan berbagai komponen yang digunakan dalam ban: ini merupakan sumber kemajuan utama dalam mengurangi energi yang diserap oleh ban.

MICHELIN e.PRIMACY: ban mobil dengan hambatan gelinding rendah

Yang paling efisien di kategorinya (2) dalam hal hambatan gelinding, ban MICHELIN e.PRIMACY menggabungkan hambatan gelinding yang sangat baik dan performa pengereman yang luar biasa. Hambatan gelinding menghasilkan 3 manfaat: pengurangan konsumsi bahan bakar, emisi CO² yang lebih sedikit, dan jangkauan yang lebih luas.Pada saat yang sama, MICHELIN e.PRIMACY memberikan performa pengereman basah yang hebat dan untuk jangka waktu yang lama. Bahkan setelah 30.000 km, ban ini tetap melampaui standar yang diharapkan dari ban baru. Secara keseluruhan, hanya 1% ban yang berhasil menggabungkan tingkat hambatan gelinding (A) ini dengan tingkat pengereman basah (A/B). 

michelin e primacy g1 1421 compositing 20200922 nj

Mengenai konsumsi bahan bakar, berapa banyak perbedaan yang dihasilkan oleh ban dengan hambatan gelinding yang rendah?

“Konsumsi bahan bakar ban mewakili satu tangki penuh dalam lima” Cyrille Roget, Direktur Komunikasi Sains dan Inovasi di Michelin, menjelaskan. “Ini terkait dengan hambatan gelinding ban. Dan ini tidak kecil, jika Anda memikirkan jumlah bahan bakar yang kita masukkan ke dalam tangki bensin. Jadi, ban yang tepat benar-benar dapat membantu Anda menghemat uang.”

Untuk lebih spesifiknya, berkat hambatan gelinding ban MICHELIN e.PRIMACY yang rendah, pengemudi menghemat sekitar 0,21 liter bahan bakar per 100 kilometer dan sekitar €80 selama masa pakai ban (3). Untuk kendaraan listrik, jarak tempuh meningkat sekitar 7% dibandingkan dengan ban lain di kategorinya – yaitu 30km, untuk perkiraan jarak 400km (4).

Apakah ban dengan hambatan gelinding rendah sepadan?

Bukan hanya dompet Anda yang mendapat manfaat dari peningkatan efisiensi bahan bakar berkat ban dengan hambatan gelinding rendah. Ban ini juga selangkah menuju kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Dalam hal mesin pembakaran, dengan mengurangi konsumsi bahan bakar, Anda juga mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Dan, untuk motor listrik, jangkauan yang lebih besar berarti lebih sedikit permintaan pada jaringan listrik yang, di Eropa, mendapatkan 40% energinya dari pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil.

Bagaimana cara mengetahui hambatan gelinding ban

Saat membeli ban di Eropa, Anda dapat menemukan nilai hambatan gelinding atau rolling resistance pada labelnya. Ada tiga parameter: efisiensi energi ban (yang memberi tahu Anda tentang hambatan gelinding atau rolling resistance), cengkeraman ban basah, dan tingkat kebisingan ban. Mulai 1 Mei 2021, label ini akan diperbarui: dengan klasifikasi mulai dari A hingga E, ikon performa salju/es baru, dan kode QR yang memberikan akses ke basis data ban UE, EPREL. Cari tahu lebih lanjut di cara membaca label ban Eropa!

Legal mentions

(1) Data yang dikumpulkan di jalan raya Prancis pada tahun 2000, selama operasi "Isi udara" MICHELIN.

(2) Kategori ban MICHELIN e.Primacy didefinisikan sebagai salah satu ban musim panas Premium seperti merek CONTINENTAL, GOODYEAR, BRIDGESTONE, PIRELLI, DUNLOP, dan yang tidak didedikasikan untuk aplikasi Peralatan Asli (yaitu tidak dirancang untuk mencapai spesifikasi produsen mobil target) melainkan ban yang dapat dibeli dari toko.
Tes Hambatan Gelinding - Tes Hambatan Gelinding dilakukan pada mesin oleh Applus Idiada, atas permintaan Michelin, Juni (pada ban baru) & Agustus (pada penggesekan 2mm) 2020, pada dimensi 205/55 R16 91V, membandingkan MICHELIN e.PRIMACY (baru: 5,58kg/t & telah dipakai: 5,13kg/t) dibandingkan dengan MICHELIN PRIMACY 4 (baru: 7,74kg/t & telah dipakai: 6,25kg/t) ; BRIDGESTONE TURANZA T005 (baru: 7,17kg/t & telah dipakai: 5,81kg/t) ; CONTINENTAL ECOCONTACT 6 (baru: 6,39kg/t & telah dipakai: 5,49kg/t) ; CONTINENTAL PREMIUM CONTACT 6 (baru: 8,93kg/t & telah dipakai: 6,94kg/t) ; DUNLOP BLURESPONSE (baru: 7,97kg/t & telah dipakai: 5,54kg/t) ; GOODYEAR EFFICIENT GRIP 2 (baru: 7,01kg/t & telah dipakai: 5,38kg/t) ; PIRELLI CINTURATO P7 BLUE (baru: 6,96kg/t & telah dipakai: 6,30kg/t) ; PIRELLI CINTURATO P7 (baru: 8,79kg/t & telah dipakai: 6,97kg/t).

(3) Saat baru, MICHELIN e·Primacy menghasilkan Hambatan Gelinding rata-rata 2kg/t lebih kecil dari pesaing, setara dalam pengurangan konsumsi bahan bakar hingga 0,21l/100km, setara dengan manfaat emisi C02 hingga 5g untuk VW Golf 7 1,5 TSI atau setara dengan keuntungan hingga 7% dalam otonomi untuk VW e.Golf. 
Selama penggunaan, MICHELIN e·Primacy menghasilkan rata-rata Hambatan Gelinding 1,5kg/t lebih sedikit dibandingkan pesaing, keuntungannya setara dengan penghematan bahan bakar hingga 80€. Keuntungan ini setara dengan hingga 174kg CO2 yang dihemat. Keuntungan penggunaan diperkirakan dengan rata-rata dari data 2mm baru dan yang telah digesek untuk memperhitungkan kinerja waktu nyata -Semua keuntungan diperkirakan berdasarkan 35 000km dan harga bahan bakar 1,46€/L (https://ec.europa.eu/energy/data-analysis/weekly-oil-bulletin_en 6/1/2020 tertimbang pada 10 negara teratas untuk pergerakan kendaraan bermotor di wilayah nasional dan asing - https://ec.europa.eu/ eurostat/web/transport/data/database). Penghematan bahan bakar dan biaya yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung terutama pada kebiasaan mengemudi, kendaraan atau tekanan ban,

(4) Peningkatan jangkauan baterai EV dan pengurangan CO2. Saat baru, MICHELIN e.PRIMACY menghasilkan rata-rata Hambatan Gelinding 2kg/t lebih kecil dari pesaing, setara dalam pengurangan konsumsi bahan bakar hingga 0,21l/100km, setara dengan manfaat emisi CO2 hingga 5g untuk VW Golf 7 1,5 TSI atau setara dengan keuntungan hingga 7% dalam otonomi untuk VW e.Golf.

Credits

Kredit Foto & Video:
06photo / Adobe Stock
Michelin- ATALANTE - David CHAMBRIARD 
Michelin

Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini