adobestock 414551736

Rotasi ban: Bagaimana dan mengapa merotasi ban Anda?

Tips & Saran untuk ban Mobil, SUV & Van

Secara sederhana, rotasi ban adalah proses menukar posisi ban mobil. Idenya adalah untuk mendapatkan hasil maksimal dari satu set ban mobil. Rotasi yang teratur akan memperpanjang umur ban Anda dan meningkatkan kinerjanya. Penting untuk diketahui bahwa tidak semua pengendara dapat merotasi ban mobilnya sesuai keinginan. Bacalah terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa itu rotasi ban?

Seperti yang telah disebutkan, perawatan rotasi ban membutuhkan pertukaran posisi ban pada mobil, dari depan ke belakang atau dari sisi ke sisi.

Alasan dasar rotasi ban adalah karena ban dari semua jenis cenderung aus pada tingkatan yang berbeda. Ban pada gandar penggerak paling cepat aus karena transmisi, tenaga, dan torsi. Ini berlaku untuk kendaraan dengan penggerak roda depan maupun belakang. Ban depan paling cepat aus karena kebanyakan mobil memiliki penggerak roda depan. Pada kendaraan dengan penggerak roda belakang, akan terjadi sebaliknya.

Dalam keadaan seperti itu, mungkin sangat bermanfaat untuk memindahkan dua roda belakang ke depan. Ini memaksimalkan potensinya sehingga semua ban akan aus secara merata dan bertahan lebih lama.

Kapan sebaiknya Anda merotasi ban?

Ban harus diservis secara berkala mengikuti pola rotasi yang disediakan dalam buku petunjuk pemilik kendaraan.

Anda harus merotasi ban Anda kira-kira setiap 8.000 km hingga 10.000 km. Bagi sebagian dari Anda, ini adalah waktu yang sama dengan waktu servis mobil Anda. Waktu yang tepat mungkin juga saat mengganti ban musim dingin ke musim panas. Atau ketika Anda membeli ban baru.

Saat mengganti hanya dua ban, Michelin merekomendasikan ban yang baru atau ban yang paling tidak aus dipasang pada gandar belakang untuk meningkatkan kendali dan keamanan kendaraan. Saran ini berlaku untuk kendaraan dengan penggerak roda depan dan belakang yang menggunakan ukuran ban depan dan belakang yang sama.

Tekanan angin ban harus diisi sesuai dengan rekomendasi dari produsen kendaraan atau produsen ban.

Mengapa Anda memerlukan rotasi ban?

Menggunakan rotasi ban sebagai perawatan preventif akan membantu memastikan keausan ban Anda merata.

Berbagai faktor menyebabkan ban Anda aus:

  • letak mesin di mobil Anda: jika diposisikan di depan, kemungkinan besar ban depan akan membawa beban lebih berat daripada ban belakang. Jadi, ban depan Anda akan lebih cepat aus.
  • Jika Anda sering berkendara di jalan berkerikil atau medan berbatu, ban Anda akan mengalami keausan yang lebih cepat dibandingkan dengan berkendara di jalan perkotaan atau jalan raya biasa.
  • Pada sebagian besar mobil, pengereman sebagian besar diterapkan pada ban depan, yang menyebabkan keausan ekstra dibandingkan dengan ban belakang.
  • Pensejajaran roda yang buruk adalah alasan lain untuk keausan yang dipercepat.


Alasan lain bisa jadi...kendaraan setir kanan! Di negara-negara dengan kemudi di sisi kanan, belokan kanan sebagian besar lebih tajam daripada belokan kiri, dan seperti seorang atlet di lintasan, ban kiri, di bagian luar, akan menempuh jarak lebih jauh, sehingga menyebabkan lebih banyak keausan daripada ban kanan! 

Bagaimana cara merotasi ban Anda? 

Pertama, profil ban akan menentukan aturan rotasi roda kendaraan.

sculpture

Asymmetric, Symmetrical and Directional tread patterns

Ban dengan profil terarah (directional) dan asimetris  hanya dapat digunakan dalam satu arah perjalanan. Ini berarti bahwa ban ini hanya dapat dipasang di satu posisi. Ini ditunjukkan pada dinding samping luar ban dengan tanda panah dan salah satu dinding samping ban jenis ini akan ditandai “Outside” (Bagian Luar).

tire rotation

Untuk ban jenis ini, rotasi roda harus benar-benar lateral. Ban depan kiri harus dipasang di sisi yang sama tetapi di belakang. Hal yang sama berlaku untuk sisi kanan.

Sebaliknya, ban simetris tidak terpengaruh oleh susunan roda saat dirotasi. Ban simetris memiliki pola yang sama di sisi kiri maupun kanan. Mereka tidak memiliki arah pemasangan tertentu. Ban jenis ini tidak akan memiliki masalah untuk dirotasi di kedua arah. Kesimpulannya, ban jenis ini dapat dipasang di kiri atau kanan, depan atau belakang.

Namun demikian, rotasi ban harus memperhitungkan jenis sistem penggerak kendaraan

scheme6

POLA ROTASI BAN YANG DISARANKAN

Truk Ringan untuk Penumpang & dengan Penggerak 4 Roda dan Semua Roda
Visual A: Kendaraan dengan penggerak roda belakang & 4-Roda dan Semua Roda
Visual B: Kendaraan dengan penggerak roda depan

scheme2

POLA ROTASI BAN ALTERNATIF UNTUK SEMUA KENDARAAN

Truk Ringan untuk Penumpang & dengan Penggerak 4 Roda dan Semua Roda
Visual A: Kendaraan dengan penggerak roda belakang & 4-Roda dan Semua roda
Visual B: Kendaraan dengan Penggerak Roda Depan

scheme4

POLA ROTASI DUA BAN

Truk Ringan untuk Penumpang & dengan Penggerak 4 Roda dan Semua Roda
(Gunakan hanya dengan pembelian dua ban atau ukuran ban yang berbeda antara gandar roda depan dan belakang)

scheme3

ROTASI ALTERNATIF UNTUK BAN TERARAH (DIRECTIONAL) KETIKA MELEPAS BAN DARI RODA TIDAKLAH PRAKTIS

scheme1

POLA ROTASI RODA GANDA

Rotasi ban berpaku (studded)

Arah gelinding ban berpaku (studded) tidak boleh diubah.

Hal ini dapat dicapai dengan merotasi ban dari depan ke belakang pada sisi kendaraan yang sama.

Rotasi ban: mintalah saran profesional 

Selalu dapatkan nasihat profesional! Anda dapat meminta ban Anda dirotasi secara profesional. Terlebih lagi, teknisi ban dapat memeriksanya agar Anda dapat mengidentifikasi potensi kerusakan. 

map search desktop

Temukan toko ban terdekat Anda dengan cepat

Pencarian berdasarkan
Alamat, Kota atau Kode Pos
Car
Temukan saya
Cari
Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini