
Rotasi ban: Bagaimana dan mengapa merotasi ban Anda?
Rotasi ban: Bagaimana dan mengapa merotasi ban Anda?
Secara sederhana, rotasi ban adalah proses menukar posisi ban mobil. Idenya adalah untuk mendapatkan hasil maksimal dari satu set ban mobil. Rotasi yang teratur akan memperpanjang umur ban Anda dan meningkatkan kinerjanya. Penting untuk diketahui bahwa tidak semua pengendara dapat merotasi ban mobilnya sesuai keinginan. Bacalah terus untuk mengetahui lebih lanjut.
Seperti yang telah disebutkan, perawatan rotasi ban membutuhkan pertukaran posisi ban pada mobil, dari depan ke belakang atau dari sisi ke sisi.
Alasan dasar rotasi ban adalah karena ban dari semua jenis cenderung aus pada tingkatan yang berbeda. Ban pada gandar penggerak paling cepat aus karena transmisi, tenaga, dan torsi. Ini berlaku untuk kendaraan dengan penggerak roda depan maupun belakang. Ban depan paling cepat aus karena kebanyakan mobil memiliki penggerak roda depan. Pada kendaraan dengan penggerak roda belakang, akan terjadi sebaliknya.
Dalam keadaan seperti itu, mungkin sangat bermanfaat untuk memindahkan dua roda belakang ke depan. Ini memaksimalkan potensinya sehingga semua ban akan aus secara merata dan bertahan lebih lama.
Ban harus diservis secara berkala mengikuti pola rotasi yang disediakan dalam buku petunjuk pemilik kendaraan.
Anda harus merotasi ban Anda kira-kira setiap 8.000 km hingga 10.000 km. Bagi sebagian dari Anda, ini adalah waktu yang sama dengan waktu servis mobil Anda. Waktu yang tepat mungkin juga saat mengganti ban musim dingin ke musim panas. Atau ketika Anda membeli ban baru.
Saat mengganti hanya dua ban, Michelin merekomendasikan ban yang baru atau ban yang paling tidak aus dipasang pada gandar belakang untuk meningkatkan kendali dan keamanan kendaraan. Saran ini berlaku untuk kendaraan dengan penggerak roda depan dan belakang yang menggunakan ukuran ban depan dan belakang yang sama.
Tekanan angin ban harus diisi sesuai dengan rekomendasi dari produsen kendaraan atau produsen ban.
Menggunakan rotasi ban sebagai perawatan preventif akan membantu memastikan keausan ban Anda merata.
Berbagai faktor menyebabkan ban Anda aus:
Alasan lain bisa jadi...kendaraan setir kanan! Di negara-negara dengan kemudi di sisi kanan, belokan kanan sebagian besar lebih tajam daripada belokan kiri, dan seperti seorang atlet di lintasan, ban kiri, di bagian luar, akan menempuh jarak lebih jauh, sehingga menyebabkan lebih banyak keausan daripada ban kanan!
Pertama, profil ban akan menentukan aturan rotasi roda kendaraan.
Asymmetric, Symmetrical and Directional tread patterns
Ban dengan profil terarah (directional) dan asimetris hanya dapat digunakan dalam satu arah perjalanan. Ini berarti bahwa ban ini hanya dapat dipasang di satu posisi. Ini ditunjukkan pada dinding samping luar ban dengan tanda panah dan salah satu dinding samping ban jenis ini akan ditandai “Outside” (Bagian Luar).
Untuk ban jenis ini, rotasi roda harus benar-benar lateral. Ban depan kiri harus dipasang di sisi yang sama tetapi di belakang. Hal yang sama berlaku untuk sisi kanan.
Sebaliknya, ban simetris tidak terpengaruh oleh susunan roda saat dirotasi. Ban simetris memiliki pola yang sama di sisi kiri maupun kanan. Mereka tidak memiliki arah pemasangan tertentu. Ban jenis ini tidak akan memiliki masalah untuk dirotasi di kedua arah. Kesimpulannya, ban jenis ini dapat dipasang di kiri atau kanan, depan atau belakang.
Namun demikian, rotasi ban harus memperhitungkan jenis sistem penggerak kendaraan
Truk Ringan untuk Penumpang & dengan Penggerak 4 Roda dan Semua Roda
Visual A: Kendaraan dengan penggerak roda belakang & 4-Roda dan Semua Roda
Visual B: Kendaraan dengan penggerak roda depan
Truk Ringan untuk Penumpang & dengan Penggerak 4 Roda dan Semua Roda
Visual A: Kendaraan dengan penggerak roda belakang & 4-Roda dan Semua roda
Visual B: Kendaraan dengan Penggerak Roda Depan
Truk Ringan untuk Penumpang & dengan Penggerak 4 Roda dan Semua Roda
(Gunakan hanya dengan pembelian dua ban atau ukuran ban yang berbeda antara gandar roda depan dan belakang)
Arah gelinding ban berpaku (studded) tidak boleh diubah.
Hal ini dapat dicapai dengan merotasi ban dari depan ke belakang pada sisi kendaraan yang sama.
Selalu dapatkan nasihat profesional! Anda dapat meminta ban Anda dirotasi secara profesional. Terlebih lagi, teknisi ban dapat memeriksanya agar Anda dapat mengidentifikasi potensi kerusakan.