
Perbaikan ban: apakah ban saya bisa diperbaiki?
Perbaikan ban: apakah ban saya bisa diperbaiki?
Apakah ban Anda baru saja tertusuk benda tajam? Anda ingin tahu apakah perbaikan ban bisa dilakukan dan bagaimana caranya? Temukan jawaban kami dalam artikel ini.
Yang pertama harus diketahui adalah tergantung di mana kebocoran ban terjadi.
Pada umumnya ban dapat diperbaiki. Kecuali jika tusukannya terlalu besar, perbaikan ban biasanya dapat dilakukan. Namun, penting untuk melepas ban untuk memastikan ban tidak retak dan/atau rusak karena mengemudi pada tekanan rendah (kurang angin).
Perbaikan ban yang tertusuk di daerah ini tidak dapat dilakukan. Ban harus diganti.
Ban umumnya tidak dapat diperbaiki, ada risiko tinggi bahwa tusukan telah merusak dan melemahkan struktur keseluruhan.
Ada satu pengecualian:
Jika peringkat kecepatan pada dinding samping ban Anda tidak melebihi peringkat T, dinding samping dapat diperbaiki jika lubangnya berdiameter 3mm atau kurang. Di luar indeks ini, perbaikan ban sangat tidak disarankan untuk menghindari risiko keselamatan.
Ketika terjadi tusukan pada ban, ada fase kempes yang cukup lama sampai kendaraan benar-benar berhenti. Saat mengemudi dengan ban kempes atau dengan tekanan rendah, ban dapat mengalami kerusakan pada keseluruhan struktur (bercak, terkelupas, dislokasi ban).
Saat Anda mengemudi dengan tekanan rendah atau dengan ban kempes, dinding samping ban dapat remuk.
Hal ini menyebabkan kerusakan pada keseluruhan struktur ban, yang dapat menyebabkan beberapa masalah:
Jika bagian karkas sudah rusak, ban Anda terlalu lemah dan tidak dapat diperbaiki, bahkan jika lubang tusukan ada di tapak.
Ada tiga cara untuk memperbaiki ban:
Perangkat perbaikan ban umumnya terdiri dari semprotan untuk memperbaiki lubang tusukan yang akan mengisi lubang dengan menyuntikkan busa ke dalam ban, atau bor untuk mengisi lubang dari luar. Michelin tidak menyarankan untuk memperbaiki ban Anda secara permanen dengan metode ini karena tidak ada pemeriksaan bagian dalam ban, yang dapat membuat Anda terkena risiko yang disebutkan di atas.
Jika terjadi kebocoran ban karena tertusuk, disarankan juga untuk mengganti ban dan kemudian membawa ban yang bocor itu ke profesional ban untuk diperiksa.
Jika Anda tidak memiliki ban cadangan atau tidak dapat digunakan, hubungi derek untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat.
Jika kedua hal ini tidak memungkinkan, baru gunakan perangkat perbaikan ban Anda sebagai upaya terakhir. Jenis perbaikan ini hanya bersifat sementara agar Anda dapat berkendara ke bengkel terdekat di mana seorang profesional ban akan menilai apakah ban dapat diperbaiki atau perlu diganti.
Perbaikan ban yang efektif adalah operasi teknis, dan para profesional telah terlatih untuk melakukannya. Mereka tahu cara memeriksa bagian dalam ban dan menentukan apakah ban tersebut dapat diperbaiki.
Setelah menemukan lokasi tusukan yang tepat, benda asing akan dikeluarkan.
Area di dalam ban lalu dibersihkan dan dioleskan produk pada area yang terkena.
Sebuah "jamur" lalu dimasukkan ke dalam lubang, dari arah dalam ke luar.
Kemudian bagian yang menonjol dipotong.
Lubang lalu diisi dan tertutup optimal.
Ban terkadang mungkin dikendarai dengan kecepatan tinggi. Itulah sebabnya penting bahwa ban diperbaiki dengan benar untuk memastikan keselamatan Anda.
Perbaikan ban hanya aman jika dilakukan dengan benar, oleh karena itu penting untuk dilakukan oleh seorang profesional. Jika ban ternyata dapat diperbaiki setelah diperiksa, profesional akan memasangkan penutup yang benar ke dalam lubang, dan memberi Anda ban yang berkinerja sebaik sebelum bocor.
Jika ban tidak rusak karena kempes, masa pakainya akan sama persis seperti jika ban tidak bocor.
"Beberapa ban telah dirancang untuk kebutuhan khusus. Ban ini memiliki fitur khusus yang dapat menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan untuk diperbaiki. Ada tiga jenis:
Ban ini mengandung busa khusus yang mengurangi kebisingan ban saat berjalan. Jenis ban ini dapat diperbaiki dengan cara yang sama seperti ban standar.
Ban ini dapat memperbaiki sendiri namun hanya di area tapak. Jika terjadi tusukan, karet yang dapat menghalangi sendiri akan menyumbat lubang. Jenis ban ini dapat diperbaiki dengan cara yang sama seperti ban standar. Jika ban Self-seal tersedia dalam dimensi yang ditentukan oleh produsen untuk kendaraan Anda, maka Anda dapat memilih jenis ini untuk dipasang.
Ban ini memungkinkan untuk terus dikendarai ke bengkel terdekat setelah tertusuk, tanpa merusak bagian dalam ban. Di Michelin, ban anti bocor/Runflat diberi tanda ZP (Zero Pressure) dan/atau EMT (Extended Mobility Tyres). Ban anti bocor/Runflat dapat diperbaiki satu kali.
Harap dicatat bahwa ban anti bocor/Runflat dipasang pada pelek yang spesifik, yang telah disesuaikan dengan kategori kendaraan tertentu. Ban jenis ini tidak dapat dipasang pada pelek biasa."