Perbaikan ban: apakah ban saya bisa diperbaiki?
Bagaimana cara mengetahui apakah perbaikan ban dapat dilakukan?
Yang pertama harus diketahui adalah tergantung di mana kebocoran ban terjadi.
Di area tapak:
Pada umumnya ban dapat diperbaiki. Kecuali jika tusukannya terlalu besar, perbaikan ban biasanya dapat dilakukan. Namun, penting untuk melepas ban untuk memastikan ban tidak retak dan/atau rusak karena mengemudi pada tekanan rendah (kurang angin).
Di daerah bahu:
Perbaikan ban yang tertusuk di daerah ini tidak dapat dilakukan. Ban harus diganti.
Di daerah samping:
Ban umumnya tidak dapat diperbaiki, ada risiko tinggi bahwa tusukan telah merusak dan melemahkan struktur keseluruhan.
Ada satu pengecualian:
Jika peringkat kecepatan pada dinding samping ban Anda tidak melebihi peringkat T, dinding samping dapat diperbaiki jika lubangnya berdiameter 3mm atau kurang. Di luar indeks ini, perbaikan ban sangat tidak disarankan untuk menghindari risiko keselamatan.
Dalam kondisi apa kebocoran ban di area tapak tidak dapat diperbaiki?
Ketika terjadi tusukan pada ban, ada fase kempes yang cukup lama sampai kendaraan benar-benar berhenti. Saat mengemudi dengan ban kempes atau dengan tekanan rendah, ban dapat mengalami kerusakan pada keseluruhan struktur (bercak, terkelupas, dislokasi ban).
Bagaimana cara kerjanya?
Saat Anda mengemudi dengan tekanan rendah atau dengan ban kempes, dinding samping ban dapat remuk.
Hal ini menyebabkan kerusakan pada keseluruhan struktur ban, yang dapat menyebabkan beberapa masalah:
Bercak pada ban : tanda-tanda bercak di bagian dalam ban setelah remuk karena kekurangan udara (tekanan rendah).
Karet bagian dalam terkelupas: potongan karet memanas dan lepas.
Dislokasi ban yang dapat menyebabkan pecah ban.
Jika bagian karkas sudah rusak, ban Anda terlalu lemah dan tidak dapat diperbaiki, bahkan jika lubang tusukan ada di tapak.
Perbaikan ban: 3 metode
Ada tiga cara untuk memperbaiki ban:
Dengan PRP, juga dikenal sebagai "jamur": perbaikan ban ini, yang dilakukan oleh profesional, adalah yang paling kualitatif. Dia akan membongkar ban, memeriksa bagian dalam untuk memeriksa kerusakan, menemukan lubang, memasukkan PRP dari dalam dan merekatkannya di tempatnya sehingga mendapatkan penutupan yang lengkap.
Dengan sumbu: dimasukkan ke dalam ban dari luar. Jenis perbaikan ban ini sangat tidak disarankan karena tidak melibatkan pemeriksaan bagian dalam ban setelah kempes atau tekanan rendah dan menilai kerusakan yang mungkin terjadi.
Dengan tambalan: ini adalah proses yang serupa dengan yang digunakan untuk memperbaiki ban dalam sepeda. Jenis perbaikan ini juga tidak disarankan karena akan menutup di bagian dalam, tetapi tidak menutup di antara tapak dan karet bagian dalam. Oleh karena itu akan ada risiko infiltrasi air dan oksidasi pada lapisan (yang sebagian terbuat dari logam). Jika kerusakan ini terjadi, dapat menyebabkan ban pecah.
Perangkat perbaikan ban: dapatkah memperbaiki ban secara efektif?
Perangkat perbaikan ban umumnya terdiri dari semprotan untuk memperbaiki lubang tusukan yang akan mengisi lubang dengan menyuntikkan busa ke dalam ban, atau bor untuk mengisi lubang dari luar. Michelin tidak menyarankan untuk memperbaiki ban Anda secara permanen dengan metode ini karena tidak ada pemeriksaan bagian dalam ban, yang dapat membuat Anda terkena risiko yang disebutkan di atas.
Jika terjadi kebocoran ban karena tertusuk, disarankan juga untuk mengganti ban dan kemudian membawa ban yang bocor itu ke profesional ban untuk diperiksa.
Jika Anda tidak memiliki ban cadangan atau tidak dapat digunakan, hubungi derek untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat.
Jika kedua hal ini tidak memungkinkan, baru gunakan perangkat perbaikan ban Anda sebagai upaya terakhir. Jenis perbaikan ini hanya bersifat sementara agar Anda dapat berkendara ke bengkel terdekat di mana seorang profesional ban akan menilai apakah ban dapat diperbaiki atau perlu diganti.
Perbaikan ban oleh seorang profesional
Perbaikan ban yang efektif adalah operasi teknis, dan para profesional telah terlatih untuk melakukannya. Mereka tahu cara memeriksa bagian dalam ban dan menentukan apakah ban tersebut dapat diperbaiki.
Setelah menemukan lokasi tusukan yang tepat, benda asing akan dikeluarkan.
Area di dalam ban lalu dibersihkan dan dioleskan produk pada area yang terkena.
Sebuah "jamur" lalu dimasukkan ke dalam lubang, dari arah dalam ke luar.
Kemudian bagian yang menonjol dipotong.
Lubang lalu diisi dan tertutup optimal.
Apakah aman untuk memperbaiki ban yang sudah bolong?
Ban terkadang mungkin dikendarai dengan kecepatan tinggi. Itulah sebabnya penting bahwa ban diperbaiki dengan benar untuk memastikan keselamatan Anda.
Perbaikan ban hanya aman jika dilakukan dengan benar, oleh karena itu penting untuk dilakukan oleh seorang profesional. Jika ban ternyata dapat diperbaiki setelah diperiksa, profesional akan memasangkan penutup yang benar ke dalam lubang, dan memberi Anda ban yang berkinerja sebaik sebelum bocor.
Jika ban tidak rusak karena kempes, masa pakainya akan sama persis seperti jika ban tidak bocor.
Apakah semua jenis ban bisa diperbaiki?
"Beberapa ban telah dirancang untuk kebutuhan khusus. Ban ini memiliki fitur khusus yang dapat menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan untuk diperbaiki. Ada tiga jenis:
Ban akustik :
Ban ini mengandung busa khusus yang mengurangi kebisingan ban saat berjalan. Jenis ban ini dapat diperbaiki dengan cara yang sama seperti ban standar.
Ban Self-seal (menutup otomatis) :
Ban ini dapat memperbaiki sendiri namun hanya di area tapak. Jika terjadi tusukan, karet yang dapat menghalangi sendiri akan menyumbat lubang. Jenis ban ini dapat diperbaiki dengan cara yang sama seperti ban standar. Jika ban Self-seal tersedia dalam dimensi yang ditentukan oleh produsen untuk kendaraan Anda, maka Anda dapat memilih jenis ini untuk dipasang.
Ban anti bocor/Runflat:
Ban ini memungkinkan untuk terus dikendarai ke bengkel terdekat setelah tertusuk, tanpa merusak bagian dalam ban. Di Michelin, ban anti bocor/Runflat diberi tanda ZP (Zero Pressure) dan/atau EMT (Extended Mobility Tyres). Ban anti bocor/Runflat dapat diperbaiki satu kali.
Harap dicatat bahwa ban anti bocor/Runflat dipasang pada pelek yang spesifik, yang telah disesuaikan dengan kategori kendaraan tertentu. Ban jenis ini tidak dapat dipasang pada pelek biasa."