Temukan Dealer

Bagaimana cara MEMPOMPA ban?

Memompa ban merupakan faktor penting untuk memastikan keselamatan Anda dan penumpang Anda. Jika tekanan ban Anda tidak tepat, ini juga dapat memengaruhi biaya pengoperasian kendaraan Anda akibat keausan ban yang dini dan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya.

Pada artikel ini, Anda akan belajar kapan Anda harus memeriksa tekanan ban dan cara memompa ban dalam 3 langkah sederhana. Anda akan melihat bahwa pemompaan ban harus dilakukan secara berbeda tergantung pada apakah ban Anda dingin atau hangat, dan bahwa ban cadangan juga harus diperiksa secara teratur, meskipun tidak sesering ban lainnya. 

Kami juga akan menjawab pertanyaan tentang kompresor pemompaan ban portabel sebagai alternatif pompa bensin dan membantu Anda memutuskan apakah Anda harus mengisi ban dengan nitrogen.

Apa risikonya jika ban Anda tidak terpompa dengan benar?

Jika ban Anda kurang angin

  • Akan meningkatkan konsumsi bahan bakar

  • Akan aus lebih cepat dan lebih tidak teratur. Masa pakai ban yang kurang angin sampai 20% dapat berkurang hingga 20%. Contoh: untuk potensi jarak tempuh 25.000 mil, ban Anda bisa bertahan 5.000 mil lebih sedikit.

  • Penanganan di jalan berbahaya dan menimbulkan efek panas yang pada kecepatan tinggi dapat menyebabkan ban meledak.

  • Selain itu, ini meningkatkan emisi CO2.

Jika ban Anda terlalu banyak diisi angin

  • Masa pakainya berkurang karena keausan yang dipercepat di bagian tengah tapak/ kembang

  • Penanganan di jalan berbahaya, terutama di jalan basah.

Kapan sebaiknya Anda memeriksa tekanan ban?

Ban secara alami kehilangan udara : biasanya sekitar 0,1 bar per bulan (1,45 PSI).
Fenomena ini juga dapat dipercepat oleh sumber kebocoran lain karena:

●    tertusuk yang tidak disengaja
●    katup yang rusak: harus diganti setiap kali ban diganti (termasuk katup dengan sensor tekanan)
●    tidak adanya penutup katup: penting untuk menjamin penyegelan yang baik
●    kondisi pelek: harus dibersihkan setiap kali ban dipasang


Itulah mengapa kami menyarankan untuk memeriksa tekanan ban Anda sebulan sekali dan sebelum perjalanan jauh dengan mobil.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang penyebab kehilangan tekanan di artikel ini.

Jika Anda tidak menggunakan ban untuk waktu yang lama, misalnya jika Anda mengganti ban dua kali setahun untuk mengganti ban musim panas/musim dingin, penting untuk memeriksa tekanan saat memasangnya kembali di mobil Anda.
Ban yang dipompa dengan benar lebih aman, lebih ekonomis, dan lebih ramah lingkungan!

Cara memompa ban dalam 3 langkah

Langkah 1: Temukan tekanan tekanan yang disarankan untuk ban Anda

Jangan mencari tekanan yang disarankan di dinding samping ban Anda, tidak ada di sana!

Biasanya Anda dapat menemukan tekanan yang disarankan:

●    Pada stiker di rangka pintu pengemudi atau di belakang tutup pengisi bahan bakar
●    Dalam buku petunjuk kendaraan yang umumnya ditaruh di dalam kompartemen mobil
●    Anda juga dapat menggunakan kalkulator tekanan kami

Langkah 2: Memeriksa tekanan ban Anda

●    Pergilah ke pompa isi angin di pompa bensin (SPBU)
●    Masukkan corong inflator ke dalam katup pada ban Anda
●    Manometer (alat pengukur tekanan ban) akan menunjukkan tekanan internal dalam bar atau PSI
●    Desis yang Anda dengar berasal dari udara yang keluar dari ban. Seharusnya ini tidak memengaruhi tekanan ban Anda secara serius.

Langkah 3: Mengatur tekanan ban Anda

  • Bandingkan tekanan yang ditampilkan pada alat pengukur tekanan ban dengan rekomendasi dari produsen kendaraan Anda

  • Jika di atas tekanan yang disarankan, lepaskan udara untuk mencapai tingkat yang diinginkan Jika lebih rendah dari yang direkomendasikan, pompa ban ke tingkat yang direkomendasikan.

 

Bagaimana cara memompa ban saat dingin atau hangat?

  • Periksa tekanan lebih baik saat ban dalam keadaan dingin (mobil Anda seharusnya tidak digunakan dalam 2 jam terakhir atau harus menempuh jarak kurang dari 3,2 km dengan kecepatan rendah) 

  •  Namun, jika tekanan diperiksa saat ban hangat, tambahkan 0,3 bar (4,35 PSI) ke tekanan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan. Tekanan kemudian harus diperiksa dan diatur ulang saat ban dalam keadaan dingin.

  •  Jangan pernah mengempiskan ban yang panas (tekanan akan meningkat seiring suhu).

Haruskah tekanan ban cadangan juga diperiksa?

Karena ban secara alami kehilangan udara, tentu saja perlu untuk memeriksa ban cadangan Anda juga. Namun, karena ban ini tidak digunakan setiap hari, Anda dapat melakukannya hanya sekali atau dua kali dalam setahun

Pentingnya alat pengukur tekanan ban yang telah dikalibrasi

Hati-hati jika Anda menggunakan inflator ban di pompa bensin: alat pengukur tekanan ban mereka tidak selalu dikalibrasi, karenanya tidak selalu dapat diandalkan.

Untuk alasan ini, penting:

  •  untuk sesekali memeriksa tekanan ban oleh seorang profesional

  •  atau untuk memeriksa sendiri tekanan ban dengan alat pengukur tekanan yang dikalibrasi (Anda dapat menemukannya di toko khusus)

Kompresor tekanan ban portabel : alternatif dari pompa bensin

Kompresor udara portabel adalah alat yang mengirimkan udara yang terkompres ke ban Anda. Tergantung pada modelnya, alat ini dapat dicolokkan ke soket pemantik rokok atau ke soket daya listrik. Pengukur tekanan internalnya memungkinkan Anda memastikan tekanan yang benar di ban Anda.

Di mana Anda dapat menemukan kompresor tekanan ban portabel?

Anda dapat menemukan kompresor portabel di toko aksesori otomotif dan beberapa supermarket.

Kompresor tekanan ban portabel MICHELIN MCX6

Haruskah Anda mengisi ban dengan nitrogen?

Apa itu nitrogen?

Nitrogen adalah udara yang oksigennya telah dikeluarkan. Sekitar 79% dari udara adalah nitrogen.

Bagaimana nitrogen digunakan?

Selama perakitan, sebagian besar ban diisi dengan udara terkompres. Tetapi beberapa profesional mungkin mengusulkan pengisian berbasis nitrogen seluruhnya.
Kebanyakan ban dapat diisi udara atau nitrogen, selama saran tekanan ban dari produsen kendaraan itu dipatuhi.
Nitrogen dan udara terkompres dapat bercampur dengan sangat baik (saat menambahkan tekanan, misalnya).

Manfaat nitrogen

Ketika oksigen diganti dengan nitrogen, ban Anda kehilangan lebih sedikit udara dan bertahan lebih lama pada tekanan yang diinginkan.

Tetap periksa tekanan ban Anda, bahkan ketika ban Anda diisi dengan nitrogen

Sayangnya, ada kemungkinan sumber kebocoran lainnya (area kontak ban/pelek, katup, sambungan katup/pelek, dll.), dan baik udara maupun nitrogen tidak dapat menjaga tekanan yang benar selamanya. Pastikan untuk memeriksa tekanan ban Anda setidaknya sebulan sekali dan sebelum perjalanan jauh.

Di mana bisa mengisi ban dengan nitrogen?

Umumnya pompa bensin tidak menyediakan pengisian ban dengan nitrogen. Layanan ini dikenakan biaya dan umumnya ditawarkan oleh profesional ban, bengkel atau toko/dealer. Jaringan Euromaster di seluruh Eropa, misalnya, menawarkan layanan semacam ini.

Apa kegunaan katup ban?

●   Menjaga tekanan ban pada tingkat yang disarankan
●    Mencegah kelembaban masuk ke dalam ban
●    Tutupnya memainkan peran penting dalam mencegah debu menyumbat katup, dan memastikan kekencangannya. Kami menyarankan Anda menggunakan tutup yang berkualitas baik.