r3a6 header def

Berapa lama ban dapat dipakai?

Ingin tahu berapa lama seharusnya ban dapat dipakai? 

Menentukan masa pakai ban cukup sulit karena ada banyak kriteria yang terlibat, tetapi dengan membaca artikel ini Anda akan tahu bagaimana cara mengawetkan ban Anda selama mungkin, kapan disarankan untuk memeriksanya dan ban mana yang menjamin performa terbaik sampai km terakhir.

Mengapa penting untuk menjaga ban tetap awet ?

Ada dua alasan utama mengapa Anda harus menjaga ban Anda awet selama performanya memungkinkan.

1 - Untuk melestarikan lingkungan

Dengan mempertahankan masa pakai ban Anda, Anda akan lebih jarang menggantinya, sehingga mengurangi dampak pada planet kita.

Menjaga keawetan ban untuk melestarikan lingkungan

2 - Untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu

Mengganti ban Anda terlalu dini berarti mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada seharusnya. Dengan membiarkannya awet hingga akhir, Anda dapat membatasi anggaran yang dialokasikan untuk kendaraan Anda.

Bagaimana cara menghindari keausan dini pada ban Anda?

Ban dapat mengalami keausan yang tak terhindarkan akibat usia dan jarak pakai, tetapi ini dapat dipercepat jika Anda tidak melakukan tindakan pencegahan tertentu.

Periksa tekanan ban Anda secara teratur

Ban yang kurang tekanan udara (kurang angin) menyebabkan keausan dini pada ban. Karena ban secara alami kehilangan udara dari waktu ke waktu, kami sarankan untuk memeriksa tekanan sebulan sekali untuk ban yang dipasang (dan setahun sekali untuk ban cadangan).

Selain keausan ban, mengemudi dengan ban yang kurang tekanan berarti muncul biaya bahan bakar tambahan karena kendaraan Anda mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar.

Ban yang mendapat terlalu banyak tekanan udara juga rentan terhadap keausan dini. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menyesuaikan tekanan ban Anda sesuai dengan rekomendasi produsen.

Agar ban Anda awet, periksa tekanan udaranya secara teratur

Hindari guncangan

Saat Anda mengemudi ke atas trotoar, melalui lubang di jalan atau melewati polisi tidur (gundukan), hal itu menyebabkan guncangan yang dapat mempercepat keausan ban Anda.

Faktanya, guncangan pada satu ban atau lebih dapat menyebabkan geometri kendaraan Anda tidak selaras. Akibatnya? Keausan ban yang tidak normal, yang membutuhkan penggantian dini.

Simpan ban musim panas/musim dingin Anda dengan benar

Jika Anda berganti-ganti antara ban musim panas dan musim dingin, penting agar ban Anda yang tidak terpakai disimpan di tempat yang bersih dan bersirkulasi baik, serta terlindung dari cuaca agar dapat awet.

Suhu yang ekstrim juga mempengaruhi penuaan karet. Alih-alih memaparkannya pada suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, pilihlah tempat yang beriklim sedang, jauh dari sinar matahari langsung.

Agar ban Anda awet, simpanlah dengan baik

Kapan sebaiknya Anda memeriksakan ban Anda?

Periksakan ban Anda jika ada keausan yang tidak normal
Jika Anda melihat keausan yang tidak normal

Apakah Anda memperhatikan bahwa ban Anda menunjukkan lebih banyak keausan di satu sisi tapak? Hanya di tengah? Atau hanya di bahu ban? Apakah Anda melihat keausan di satu sisi yang berulang? 
Segera periksakan ban untuk memperbaiki masalah sebelum menjadi lebih buruk.

Dari 5 tahun penggunaan

Dalam 5 tahun, ban Anda mungkin telah melewati banyak permukaan yang berbeda-beda, dan mungkin telah mengalami guncangan.  Setelah 5 tahun penggunaan, periksakan ban Anda pada profesional setidaknya setahun sekali.. Ini akan memastikan ban tidak rusak sebelum waktunya dan tidak membahayakan Anda atau penumpang Anda.

map search desktop

Temukan toko ban terdekat Anda dengan cepat

Car
  • Car
  • Motorbike
Car
  • Car
  • Motorbike
Temukan saya

Titik pada ban: bagaimana cara mengetahui umur ban?

Ban Anda memiliki penandaan « TITIK Ban» berupa kode yang menunjukkan tanggal pembuatannya. Kode ini terdiri dari 4 digit, dua yang pertama menunjukkan minggu dan dua berikutnya tahun pembuatan. Dengan informasi ini, Anda dapat mengetahui apakah ban Anda telah melewati batas 5 tahun atau belum.

Di akhir TITIK ban, Anda dapat menemukan kode usia ban

Di akhir titik ban, kode usia ban menunjukkan bahwa ban itu diproduksi pada minggu ke-47 tahun 201

Batas usia ban : ambang batas 10 tahun

Jika ban belum diganti 10 tahun setelah tanggal pembuatannya, Michelin merekomendasikan untuk menggantinya dengan ban baru sebagai tindakan pencegahan. Rekomendasi ini juga berlaku untuk ban cadangan.

Ambang batas indikator keausan

Undang-undang menyatakan bahwa ban harus diganti ketika tinggi tapak kurang dari 1,6 mm. Ambang batas ini ditunjukkan pada ban Anda dengan indikator tapak, yaitu sebuah bidang kecil yang ditinggikan di antara tapak, yang mengukur ketinggian ini dengan tepat. 

Indikator ini menunjukkan bahwa ban perlu diganti ketika ketinggian tapak turun sampai ke tingkat indikator keausan. Pada ban Michelin, terlihat tonjolan kecil di bahu ban untuk membantu Anda menemukan indikator keausan pada tapak.

Tanda Michelin Man menunjukkan di mana letak indikator keausan pada ban kami.

Pilih ban yang berperforma baik hingga km terakhir

Km terakhir? Itulah saat tapak ban Anda benar-benar telah mencapai ambang batas indikator keausan.

Semua seri produk Michelin dirancang untuk menggabungkan usia pakai yang sangat baik dan tingkat performa juga yang sangat baik hingga km terakhir.
Sebagai contoh, dengan seri produk MICHELIN Primacy 4, MICHELIN CrossClimate 2, dan MICHELIN Alpin 6, kami memberi pengemudi keamanan yang optimal hingga km terakhir.

Mengapa kami melakukan ini? Karena ban generasi baru ini memiliki pola tapak yang terus berkembang yang memungkinkan ban mempertahankan performanya hingga akhir, bahkan saat dipakai. 

Ban ini mencegah aquaplaning bahkan dengan keausan parah

Untuk menghindari aquaplaning (kehilangan kendali saat berkendara di jalan basah), air harus ditahan di alur ban sebelum dibuang dari bagian belakang dan samping. 

Saat ban aus, alur yang tinggi tinggal sedikit dan oleh karena itu lebih sedikit tempat untuk menahan air. Dalam hal ini, ban akan naik di lapisan air di antara ban dan jalan. Ini menyebabkan hilangnya daya cengkeram dan oleh karena itu hilangnya stabilitas dan kontrol.

Pola alur di tapak ban Michelin yang terus berkembang memastikan bahwa ban terus dapat menahan dan mengeluarkan air dengan benar hingga akhir masa pakainya, sehingga menghindari fenomena aquaplaning.

Temukan rangkaian produk kami

Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini