manufacturing

Pembuatan dan daur ulang ban

Tips & Saran untuk ban Mobil, SUV & Van

Ban: empat karet bundar yang dapat membawa Anda sampai ribuan kilometer, membawa beban berat, dan berjalan di jalan berbatu, basah, bersalju, atau es. Bagaimana ban dibuat? Bagaimana faktor daur ulang ban dalam proses manufaktur kami? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Pembuatan ban

manufacturing full
Dari bahan baku hingga menjadi ban

Dalam pembuatan ban, kami memulai dengan lebih dari 200 bahan baku, dan berusaha untuk menggunakan lebih banyak bahan yang berkelanjutan.

Dari bahan baku ini, langkah pertama adalah membuat bahan dengan sifat mekanik dan kimia yang sangat spesifik. Sifat-sifat inilah yang memungkinkan kami mencapai performa yang baik. Khususnya: daya cengkeram yang baik, kekuatan yang baik, dan sifat keberlanjutan yang baik.

Dari bahan-bahan ini, kami kemudian merancang produk komposit dengan dua tujuan:

1 - Untuk meminimalkan jumlah bahan yang digunakan
Karena semakin sedikit material yang kami gunakan, semakin kami membatasi dampak ban selama seluruh siklus pakainya.

2 - Mendapatkan performa maksimal
Desain ban kami terdiri dari langkah perakitan bahan-bahan ini dengan cara yang paling bijaksana untuk membuatnya bekerja pada performa intrinsik yang terbaiknya.

Optimalisasi dampak lingkungan dan kondisi kerja

Sambil menargetkan performa, sistem produksi industri kami diatur sedemikian rupa untuk:

●    Mengoptimalkan dampak lingkungan
Ambisi kami adalah untuk mencapai netralitas karbon di seluruh basis produksi pada tahun 2050. Kami telah membuat kemajuan yang signifikan sejak 2010. Target 2030 kami disetujui oleh SBTi (target berbasis Sains) sebagai ambisius dan konsisten dengan tujuan Perjanjian Paris, dan sejak itu menjadi lebih ambisius.

●    Mengoptimalkan kondisi kerja untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik di tempat kerja bagi staf MICHELIN.
 

Produk dengan performa yang sama di negara manapun

Proses industri kami memungkinkan kami untuk mereproduksi produk secara identik dalam skala internasional. Dengan demikian, ban MICHELIN memiliki tingkat performa yang persis sama, baik diproduksi di Amerika Serikat, China, atau Eropa.

Langkah-langkah proses pembuatan ban

1- Memahami melalui penelitian
Kami mempelajari penggunaan ban dan kebiasaan mengemudi masyarakat untuk memastikan ban kami memenuhi kebutuhan semua orang.

2- Mengembangkan dan mencampur bahan
Lebih dari 200 bahan yang masuk ke dalam ban. Bahan ini memainkan peran penting dalam keselamatan, efisiensi bahan bakar, performa dan sifat ramah lingkungan. Persentasenya bervariasi sesuai dengan jenis ban yang akan diproduksi.

Komponen-komponen ini terbagi dalam lima kelompok:
●    Karet alam:
komponen utama lapisan tapak
●    Karet sintetis: bagian dari tapak ban mobil, van dan 4x4. Sedang dilakukan penelitian untuk mengembangkan karet sintetis (yang penting untuk mencapai performa target) sehingga terbuat dari bahan yang lebih berkelanjutan daripada minyak atau gas.
●    Karbon hitam dan silika: digunakan sebagai bahan penguat untuk meningkatkan daya tahan. Komponen-komponen ini dapat didaur ulang. Sehingga dapat diproses dan digunakan kembali pada akhir masa pakai ban untuk membuat ban baru.
●    Kabel penguat logam dan tekstil: ini merupakan "rangka" ban, menyusun bentuk geometris dan memberikan kekakuan. Logam juga dapat didaur ulang dan penelitian sedang dilakukan untuk menyelidiki penggunaan kembali beberapa tekstil, yang berasal dari produk konsumen selain ban, untuk pembuatan ban baru.
●    Berbagai bahan kimia: untuk sifat unik seperti hambatan gelinding (rolling resistance) yang rendah atau daya cengkeram ultra tinggi

3- Merancang
Kami menggunakan simulasi untuk menguji dan memilih konsep ban yang terbaik untuk dikembangkan. Kesulitannya terletak pada cara meminimalkan jumlah bahan untuk memenuhi kriteria performa. Simulasi ini memungkinkan kami untuk memprediksi performa, yang kemudian akan dikonfirmasi oleh pengujian.

4- Manufaktur
Kami memproduksi dan mereproduksi setiap ban dengan desain dan tingkat performa yang paling optimal, baik untuk produk maupun untuk aspek ekonominya.

5- Kontrol kualitas
Kontrol kualitas bukanlah langkah akhir. Kami mengukur kualitas di seluruh proses.
Kualitas harus dipenuhi di setiap tahapan: desain, manufaktur, dan distribusi.

Bagaimana struktur suatu ban?

infographic tireanatomy 552

Sebuah ban radial terdiri dari sembilan bagian utama.

1- Lapisan dalam:
Lapisan karet sintetis kedap udara untuk memastikan kekedapan udara.

2- Lapis Karkas:
Lapisan di atas lapisan dalam, terdiri dari kabel (atau tali) serat tekstil tipis yang direkatkan ke dalam karet. 

3- Area bead bawah:
Di sinilah ban karet mencengkeram pelek logam. Tenaga dari mesin dan usaha pengereman ditransmisikan dari pelek ban ke bidang kontak dengan permukaan jalan.

4. Bead:
Bead akan menjepit dengan kuat pada pelek ban untuk memastikan kekedapan udara dan menjaga ban tetap terpasang dengan benar di pelek. 

5- Dinding samping:
Bagian ini melindungi sisi samping ban dari benturan dengan trotoar dan jalan dan juga menampilkan desain khusus MICHELIN. Detail penting tentang ban tertulis di dinding samping, seperti ukuran ban dan peringkat kecepatan. 

6- Lapisan selubung:
Bagian ini sangat menentukan kekuatan ban. Ini terbuat dari tali baja yang sangat halus dan kuat, yang diikat ke dalam karet. Lapisan ini juga cukup fleksibel untuk menyerap deformasi yang disebabkan oleh gundukan, lubang, dan rintangan lain di jalan.

7- Lapisan penutup (atau sabuk "nol derajat"):
Lapisan pengaman penting ini membantu menjaga bentuk ban saat melaju kencang. Untuk mencegah peregangan sentrifugal pada ban, tali berbahan dasar nilon yang diperkuat disematkan pada lapisan karet dan dipasang di sekeliling ban.

8- Lapisan Mahkota (atau sabuk):
Lapisan ini menyediakan dasar yang kaku untuk alur tapak.

9- Tapak:
Ini adalah bagian yang bersentuhan dengan jalan. Tapak memberikan traksi dan daya cengkeram saat berbelok untuk ban, dan dirancang untuk menahan keausan, abrasi, dan panas. Alurnya dirancang untuk fungsi yang sangat presisi (daya cengkeram, evakuasi air, dll.) dan juga mencakup dimensi desain khusus bagi MICHELIN.

Daur ulang ban

Selama fase desain awal, kami memperhitungkan juga cara meminimalkan dampak global dari ban, termasuk bahan mentah, manufaktur, transportasi, penggunaan, dan akhir masa pakai. Setiap langkah dianalisis dengan cermat untuk memperbaiki dampak globalnya. 

Seperti yang akan kami jelaskan di sini, kami memperhitungkan dampak lingkungan dalam pembuatan ban kami, dan dalam berbagai aspek, tidak hanya daur ulang ban.

Keterbatasan bahan baku yang digunakan

Ban mampu menahan tekanan yang sangat besar. Memang, ban seberat 35 kg yang dipasang pada kendaraan dapat mengangkut beban 2,5 ton selama beberapa puluh ribu kilometer dalam kondisi cuaca yang terkadang ekstrem, berkisar antara -20°C hingga lebih dari 40°C.

Untuk mencapai performa ini dan pada saat yang sama melindungi lingkungan, kami menggunakan bahan dalam jumlah minimum untuk memproduksi ban kami.

Bagaimana membatasi bahan dapat bermanfaat bagi lingkungan?

●    Semakin ringan ban, semakin rendah penggunaan energi yang dibutuhkan selama menggelinding. Ini berarti konsumsi bahan bakar kendaraan yang lebih sedikit, dan emisi CO2 yang lebih sedikit.
●    Semakin sedikit bahan yang diperlukan, semakin sedikit sumber daya yang harus kita ambil dari planet ini, sehingga melestarikan sumber daya alam.
●    Menggunakan lebih sedikit bahan berarti juga mengurangi jumlah bahan yang diangkut ke pabrik, sehingga lebih sedikit energi yang dibutuhkan dan lebih sedikit emisi CO2 dari pengangkutan.
 

Performa yang tahan lama

Ban MICHELIN dirancang untuk berperforma hingga kilometer terakhir, yaitu hingga indikator keausan yang resmi tercapai. 
Pengetahuan kami memungkinkan kami untuk memastikan tingkat performa yang sangat baik hingga batas resmi ini tercapai, sehingga menghindari penggantian ban yang prematur.
Dengan menggunakan ban kami hingga batas resmi alih-alih menggantinya terlalu dini, Anda mengurangi dampak lingkungan sekaligus menghemat uang dan menjaga performa ban Anda tetap baik.
Ban kami menunjukkan posisi indikator keausan dengan tanda Michelin Man kecil, sehingga lebih mudah untuk memeriksa tingkat keausan ban.

Tanda Michelin Man menunjukkan di mana letak indikator keausan pada ban kami.

Namun pemikiran kami untuk membatasi dampak lingkungan lebih dari sekadar membatasi bahan mentah dan masa pakai ban. Hal ini juga menuntun kita untuk mengeksplorasi cara-cara baru untuk mendaur ulang.

Bagaimana performa yang sama dapat dipertahankan dengan menggunakan bahan daur ulang?

Ini adalah salah satu opsi daur ulang yang kami jajaki. Tapi ini bukan hanya tentang mendaur ulang komponen dari ban lain di akhir masa pakainya untuk membuat yang baru. Kami juga berpikir tentang mendaur ulang komponen dari berbagai produk yang jauh dari ban seperti botol plastik, misalnya.

Bagaimana produk lain bisa dibuat dari komponen ban bekas?

Opsi daur ulang lainnya ini menyangkut pembuatan produk untuk penggunaan selain jalan, misalnya lapangan tenis. 

Tujuannya agar bahan dari ban bekas dapat menemukan kehidupan kedua dalam bentuk selain ban dalam kerangka penggunaan kembali yang relevan dan kompatibel.

tennis

Di mana tempat pembuangan ban saat sudah aus?

Pemulihan ban: Cara mudahnya adalah dengan membawanya ke dealer setempat.
Perusahaan mitra MICHELIN bertanggung jawab mengumpulkan ban bekas untuk didaur ulang. Melalui proses ini, kami dapat memulihkan potongan ban untuk mengubahnya menjadi bahan berharga yang dapat digunakan untuk memproduksi ban baru.

Di Prancis, misalnya, tempat pengumpulan sampah akan mengangkut ban ke pusat pengumpulan, yang bertanggung jawab untuk mengarahkannya ke saluran daur ulang. Proses yang sama berlaku di sebagian besar negara di dunia. 

Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini