4w 240 tire michelin pilot sport 4 s en us product in context nosignature 16 slash 9

Berapa tekanan ban untuk mobil saya?

Memiliki tekanan ban yang benar sesuai rekomendasi pada ban kendaraan Anda tidak hanya mengoptimalkan kinerja tetapi juga meningkatkan keselamatan pribadi Anda dan pengguna jalan lain saat berkendara.

Di sisi lain, tekanan ban yang salah akan mengurangi daya cengkeram ban Anda dan meningkatkan jarak pengereman Anda. Ini juga dapat merusak ban, mengurangi masa pakainya, dan meningkatkan konsumsi bahan bakar Anda. Mari simak cara menghindari risiko tersebut dan berapa tekanan ban yang dibutuhkan untuk kendaraan Anda.

Berapa tekanan untuk ban Anda?

Memeriksa tekanan ban adalah mudah dan murah. Penting untuk menggunakan tekanan yang direkomendasikan oleh produsen untuk menghindari pengisian angin yang berlebihan atau kekurangan.

  • Tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan keausan dini ban di bagian tengah tapak.
  • Kekurangan tekanan dapat menyebabkan keausan dini ban di daerah bahu. Ini mengurangi daya cengkeram.
     

Tekanan ban yang direkomendasikan oleh produsen Anda

Tekanan telah ditentukan secara optimal oleh produsen untuk kombinasi kendaraan/ban. Semua kinerja telah diperiksa oleh produsen dengan satu tujuan yang jelas: keselamatan Anda. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memeriksa tekanan yang direkomendasikan oleh produsen untuk kendaraan Anda. Hal ini umumnya ditunjukkan:

  • pada stiker di pintu samping pengemudi Anda,
  • di tutup pengisi bahan bakar,
  • atau dalam buku petunjuk kendaraan.
     

Tekanan yang disarankan untuk ban depan dan belakang Anda mungkin tidak sama. Anda juga akan melihat bahwa ada dua jenis tekanan yang ditunjukkan:

  • Tekanan yang dinormalisasi: ini adalah tekanan standar
  • Tekanan dalam keadaan beban: digunakan saat kendaraan mendapat beban khusus, misalnya saat pergi berlibur.


Tekanan ditunjukkan dalam satuan tekanan yang digunakan di negara tempat Anda tinggal: dalam BAR atau dalam PSI (1 bar = 14,50 psi).

microsoftteams image 3

Risiko tekanan ban yang salah

Rekomendasi produsen sangat penting untuk keselamatan Anda dan Anda harus merujuknya setiap kali Anda memeriksa tekanan ban Anda. Jika tidak, kinerjanya dapat berkurang, terutama dalam kasus berikut:

Daya tahan

Mengemudi dengan ban yang kurang tekanan menyebabkan kerusakan struktur ban secara keseluruhan yang dapat menyebabkan dislokasi dan/atau pecah ban.

Aquaplaning (selip karena genangan air)

Jika tekanan ban di bawah rekomendasi produsen kendaraan, ada peningkatan tajam dalam risiko aquaplaning.

Pengereman

Selisih 1 bar, atau 14 psi, dari rekomendasi tekanan produsen kendaraan dapat meningkatkan jarak pengereman di jalan basah hingga 11 meter.

Konsumsi bahan bakar

Ban yang kurang tekanan sebesar 14 psi (1 bar) akan meningkatkan tahanan guling/rolling resistance, dan ini akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sebesar 1 tangki bahan bakar penuh per tahun.

Tekanan ban yang benar: sebuah tindakan yang aman, ekonomis, dan bertanggung jawab

Ban yang dipompa dengan tekanan ban sesuai rekomendasi akan meningkatkan keamanan, lebih ekonomis dalam penggunaan, dan lebih baik bagi lingkungan.

Dan karena ban kehilangan sebagian tekanannya oleh penyebab alami (biasanya sekitar 0,07 bar per bulan), pemeriksaan rutin, harus dilakukan.

Jika kendaraan Anda diproduksi setelah tahun 2014, maka seharusnya dilengkapi dengan TPMS (Tyre Pressure Monitoring System/Sistem Pemantauan Tekanan Ban) yang memberi tahu Anda saat ban Anda kurang tekanan. Namun, disarankan agar Anda tidak menunggu sinyal ini untuk mengkhawatirkan tekanan yang benar pada ban Anda.

microsoftteams image 5

Cari merek kendaraan Anda untuk menemukan tekanan yang tepat untuk ban Anda

map search desktop

Temukan toko ban terdekat Anda dengan cepat

Car
  • Car
  • Motorbike
Car
  • Car
  • Motorbike
Temukan saya
Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini