microsoftteams image

Bolehkah Anda mengubah ukuran ban Anda?

Apakah Anda ingin mengubah ukuran ban Anda? Hal ini boleh dilakukan, tetapi ada beberapa batasan. Dalam artikel ini, kami akan membahasnya.

Berapa ukuran suatu ban?

Ketika kita berbicara tentang ukuran ban, kita sebenarnya berbicara tentang dimensinya, yang meliputi elemen-elemen yang terdapat di dinding samping ban yaitu: 

tyre size
  • Lebar (misalnya 205) dalam milimeter.
  • Rasio aspek (misalnya 55) dalam persen. Ini adalah rasio antara tinggi dinding samping ban dan lebar ban.
  • Jenis (misalnya R untuk radial)
  • Diameter (misalnya 17) dalam inci.
  • Peringkat beban (misalnya 91) Angka ini merupakan indeks yang sesuai dengan beban maksimum yang dapat ditopang oleh satu ban.
  • Peringkat kecepatan (misalnya V) Huruf ini adalah indeks yang sesuai dengan kecepatan maksimum yaitu di mana ban dapat membawa beban maksimumnya.

Perubahan ukuran apa yang diperbolehkan?

58818286 m

Pada kendaraan, ada kesesuaian standar yang diusulkan oleh produsen, serta kesesuaian opsional, yang memberikan beberapa alternatif yang telah disetujui oleh produsen. 

Contoh untuk PEUGEOT 308 - 1.2 pure tech tahun 2021:

195/65 R15 91H
205/55 R16 91V
205/50 R17 93V
225/45 R17 91V
225/40 R18 92V

Misalnya, dimungkinkan untuk memilih diameter ban yang berbeda, biasanya dari tiga opsi. Sebuah mobil dapat memiliki diameter roda yang disetujui sebesar 15, 16 dan 17 inci.

Mengubah diameter roda tentu saja berarti mengganti pelek yang bisa terbuat dari lembaran logam seperti aslinya, atau dari aluminium yang lebih ringan dan menarik.

Persetujuan

Berbagai dimensi yang disediakan oleh produsen mobil semuanya telah disetujui untuk kendaraan tersebut.
Sangat mudah untuk mengetahui dimensi mana yang disetujui: biasanya ditunjukkan pada stiker di pintu pengemudi atau di buku manual pemilik, kadang-kadang juga terdapat di tutup pengisi bahan bakar.

Bisakah saya memasukkan ukuran yang berbeda dari yang telah disetujui?

Sangat penting untuk mematuhi ukuran yang telah disetujui oleh produsen. Di beberapa negara, pengecualian dimungkinkan dengan ketentuan bahwa diameter ban tetap dalam batas tidak lebih dari -2% hingga +1,5%.

Disarankan agar ukuran yang telah disetujui dipatuhi agar tidak membahayakan keselamatan Anda, penumpang Anda, dan pengemudi lain di jalan. Jika memilih ukuran yang tidak disetujui, Anda dapat, misalnya, memasang ban yang terlalu lebar dan akhirnya menonjol melebihi lebar kendaraan hingga membahayakan. Atau ban dengan indeks beban yang tidak mencukupi, misalnya untuk kendaraan niaga yang fungsinya seringkali melibatkan pengangkutan beban.

Selain itu, karena speedometer memperhitungkan diameter ban Anda, maka kecepatan yang ditampilkan pada alat ukur ini bisa jadi tidak akurat, demikian pula jumlah kilometer pada speedometer Anda.

122592729 m

Apa konsekuensinya jika saya tidak mematuhi peraturan ini?

Bahkan jika batas toleransi diperbolehkan di beberapa negara, kegagalan untuk mematuhi dimensi yang telah disetujui menjadikan Anda menghadapi risiko tertentu:

  • risiko keselamatan
  • denda jika ada pemeriksaan polisi
  • penolakan untuk pemeriksaan kendaraan Anda
  • tidak ditanggung oleh asuransi Anda jika terjadi kecelakaan


Di sisi lain, jika Anda mematuhi dimensi yang telah disetujui, Anda mendapat manfaat dari fleksibilitas sambil menghindari ketidaknyamanan ini.

Kapan saya harus mengganti ukuran ban saya?

Jika kendaraan Anda diimpor dari benua lain, disarankan untuk memastikan bahwa bannya sesuai dengan persetujuan lokal yang diberikan oleh produsen.
(Peraturan R30 dan R117 seperti yang ditunjukkan oleh tanda E2 di dinding samping ban).

Misalnya, jika kendaraan Anda diimpor ke Eropa dari Amerika Serikat, Anda diwajibkan secara hukum untuk menyesuaikan diri dengan homologasi Eropa dan mengubah ukuran ban Anda sesuai dengan peraturan tersebut.

Kapan saya dapat menambah atau mengurangi peringkat beban atau kecepatan ban saya?

3pmsf label

Ban yang digunakan di musim dingin (ban musim dingin atau ban 4 musim) harus bersertifikasi M+S (Mud+Snow/Lumpur dan Salju) dan 3PMSF (3 Peaks Mountain Snow Flakes/Gunung 3 Puncak dengan Bunga Salju).

Jika ban diberi label 3PMSF (bersertifikat untuk mengemudi musim dingin, di jalan basah atau bersalju), secara hukum dimungkinkan untuk memasang ban musim dingin dengan peringkat kecepatan lebih rendah dari yang direkomendasikan.

Ini karena pengemudi mengurangi kecepatan rata-rata mereka di musim dingin saat mengemudi di jalan bersalju.

Ini karena pengemudi mengurangi kecepatan rata-rata mereka di musim dingin saat mengemudi di jalan bersalju. Namun, jika ban hanya bertanda M+S dan bukan 3PMSF, maka secara hukum dilarang menurunkan peringkat kecepatan sejak Januari 2020.

Untuk musim panas, dimungkinkan untuk memilih ban dengan indeks beban dan/atau peringkat kecepatan yang lebih tinggi daripada yang ditentukan oleh produsen, tetapi tidak boleh lebih rendah.

Berapa ban yang harus saya ganti sekaligus?

Sangat penting bahwa keempat ban diganti ukurannya pada saat yang bersamaan, bukan hanya dua ban pada gandar yang sama.

Sekarang setelah Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengubah ukuran ban, Anda dapat menggunakan pemilih ban kami di bawah ini untuk menemukan ban yang tepat untuk Anda:

map search desktop

Temukan toko ban terdekat Anda dengan cepat

Car
  • Car
  • Motorbike
Car
  • Car
  • Motorbike
Temukan saya
Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini