
Kerusakan dinding samping ban: apa yang harus Anda lakukan?
Kerusakan dinding samping ban: apa yang harus Anda lakukan?
Dalam kondisi tertentu, dinding samping ban dapat mengalami kerusakan pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil. Kerusakan seperti apa? Kapan terjadinya? Apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara menghindarinya? Dalam artikel ini, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.
Ada 6 kategori utama kerusakan dinding samping:
Goresan mungkin muncul didinding sampingbanAnda. Jika jumlahnya banyak dan/atau besar, Anda harus memeriksakan ban Anda ke ahlinya.
Irisan atau potongan didinding samping ban bisa dalam atau tidak.
Tingkat keparahan irisan akan tergantung pada hal ini. Tetapi sulit bagi non-ahli untuk menilai kedalamannya.
Perhatikan bahwa jenis kerusakan ban ini dapat terjadi pada dinding samping ban bagian dalam (tidak terlihat saat Anda memeriksa kendaraan) maupun pada dinding samping bagian luar. Untuk alasan ini, setelah mengemudi di atas elemen yang tajam (misalnya batu tajam), Anda disarankan untuk memeriksa ban Anda untuk memastikan ban tidak teriris.
Ketika kendaraan Anda terkena trotoar, baik dari depan atau dari sudut tertentu, atau masuk ke lubang jalan, maka mungkin muncul tonjolan di dinding samping ban.
Terlihat seperti gelembung yang terbentuk di dinding samping ban.
Ini mungkin salah satu tanda yang paling mengkhawatirkan karena merupakan bahaya yang nyata."
Saat kendaraan masuk ke dalam lubang jalan, juga dapat menyebabkan tonjolan pada dinding samping ban Anda. Cobalah untuk menghindarinya saat Anda melihatnya di jalan!
Jika Anda menabrak trotoar atau masuk ke lubang jalan, ban Anda harus segera diperiksa untuk melihat apakah rusak atau tidak.
Munculnya gelembung pada dinding samping ban berarti lapisan karkas di belakang karet telah bocor. Ini membuat Anda dapat kehilangan tekanan dengan cepat jika gelembungnya pecah Jika ini terjadi saat mengemudi dengan cepat, misalnya di jalan tol, hilangnya udara secara tiba-tiba dari ban Anda dapat menyebabkan hilangnya kendali kendaraan Anda dan menyebabkan kecelakaan.
Seperti halnya luka, tonjolan dapat terjadi di sisi dalam dan luar ban. Ini berarti masalah itu mungkin tidak terlihat ketika Anda berjalan di sekeliling kendaraan Anda untuk memeriksanya. Namun, jika ada tonjolan pada ban, biasanya akan terjadi getaran yang tidak normal. Ini adalah tanda yang tidak boleh dianggap enteng dan ban Anda harus segera diperiksa oleh seorang profesional.
Tidak. Karena dirancang dengan kemiringan untuk naik dan turun, polisi tidur dapat merusak suspensi, tetapi tidak merusak ban.
Retak di dinding samping adalah tanda penuaan ban Anda tetapi juga karena paparan sinar matahari dan ozon..
Penyebab lainnya mungkin karena pembersihan dinding samping ban. Jika Anda menggunakan bahan kimia untuk mengkilatkan ban, bahan tersebut dapat menghilangkan bahan pelindung sehingga ban Anda lebih cepat retak.
Munculnya retakan pada dinding samping ban merupakan tanda peringatan bahwa ban sudah mendekati akhir masa pakainya dan Anda harus bersiap untuk menggantinya. Anda dapat berkonsultasi dengan profesional untuk mendapatkan saran.
Munculnya retakan pada dinding samping ban merupakan tanda peringatan bahwa ban sudah mendekati akhir masa pakainya dan Anda harus bersiap untuk menggantinya. Anda dapat berkonsultasi dengan profesional untuk mendapatkan saran.
Adalah hal yang normal untuk melihat sedikit perubahan bentuk atau deformasi pada ban radial (sebagian besar ban).
tetapi ini tidak mempengaruhi kinerjanya.
Dinding samping ban Anda terdiri dari banyak komponen termasuk lapisan-lapisannya (tekstil atau logam).
Anda akan melihat sedikit perubahan bentuk di mana lapisan ini saling tumpang tindih.
Ketika tapak ban (bagian yang bersentuhan dengan permukaan tanah) tertusuk (misalnya oleh paku), dapat dilakukan perbaikan.
Lubang lalu diisi dan setelah ban dipasang kembali, ban dapat dikendarai lagi dengan performa yang sama.
Namun, berbeda halnya untuk dinding samping ban. Jika dinding samping bocor atau teriris, tidak mungkin untuk memperbaiki ban dan mendapatkan kembali kualitas deformasi yang diperlukan untuk performa yang optimal. Oleh karena itu, ban harus diganti dalam kasus ini.