Aktivitas terbaru
Anda
!

Selamat Datang di toolbox Anda!

Kami telah menyimpan informasi penting dari pencarian sebelumnya untuk mempermudah Anda

???private_mode_title???

???private_mode_text???

Ban terakhir yang dilihat

Dealer terakhir yang dilihat

Pencarian terakhir

Bagaimana saya merawat ban saya?

Tekanan angin ban mobil - Ini akan membantu saya menghemat

  • Pemeriksaan tekanan angin ban mobil dan pemeliharaan ban seperti rotasi, keselarasan, dan inspeksi yang teratur dapat membantu menghemat uang Anda.

Tindakan sederhana seperti memeriksa tekanan angin ban mobil untuk memastikan ban terisi angin dengan tepat berefek besar pada masa pakai ban Anda. Ban dengan tekanan angin berlebih atau tekanan kurang tidak menjadi aus dengan merata dan tidak akan tahan lama.
Misalnya, ban yang secara konsisten bertekanan angin kurang 20% dapat berkurang masa pakainya sebanyak 20%.
Ini artinya ban yang biasanya dapat bertahan 40.000 km akan menjadi aus pada 32.000 km.
Juga, karena gandar bagian depan dan bagian belakang serta sisi kanan dan sisi kiri mobil Anda menyebabkan ban Anda aus secara berbeda, dengan merotasi ban Anda secara teratur ke posisi-posisi yang berbeda, ban tersebut akan menjadi aus secara merata dan tahan lebih lama.

Ini dapat menghemat anggaran bahan bakar Anda

  • Ban dengan tekanan angin kurang adalah salah satu penyebab utama dari penggunaan bahan bakar berlebih.
  • Ban dengan tekanan angin kurang memiliki hambatan gulir yang lebih tinggi, sehingga mesin membutuhkan upaya ekstra untuk menggerakkan kendaraan Anda.

Periksa ban - Ini memastikan keselamatan Anda

Ban Anda adalah satu-satunya titik kontak kendaraan Anda dengan jalan – ban harus senantiasa berada dalam kondisi pengoperasian yang baik demi memastikan keselamatan Anda.
Untuk menghindari masalah, ikuti tip perawatan penting ini:

  • Periksa ban Anda:

Mungkin Anda tidak selalu tahu jika ada ban Anda yang rusak. Periksalah keausan dan kerusakan pada ban secara teratur untuk menghindari masalah yang datang tiba-tiba. Juga, mintalah seorang profesional memeriksa ban Anda setiap tahun.

  • Periksa tekanan angin ban mobil:

Mengemudi dengan tekanan ban yang tidak tepat dapat memengaruhi handling dan pengereman kendaraan, khususnya dalam kondisi basah, dan dapat membahayakan keselamatan Anda secara fatal. Mengemudi dengan tekanan angin ban yang sangat kurang dapat menyebabkan peningkatan panas dan akhirnya letusan. Periksa tekanan angin ban mobil Anda setiap bulan dan sebelum menempuh perjalanan panjang.

  • Patuhi kapasitas beban:

Jangan melampaui kapasitas beban terkait dengan indeks beban ban. Ban yang dibebani melebihi maksimum beban mereka dapat mengalami kelebihan panas yang dapat mengakibatkan rusaknya ban secara tiba-tiba.

  • Mengemudi dengan kecepatan tinggi dapat merusak ban Anda:

Pada kecepatan yang lebih tinggi, ban lebih mungkin rusak karena bahaya di jalan atau karena meningkatnya panas. Kecepatan tinggi juga dapat menyebabkan kehilangan udara yang cepat atau bahkan letusan ban yang tiba-tiba dan menyebabkan kendaraan kehilangan kendali.

Gunakan ban cadangan Anda!

Jika Anda melihat kerusakan apa pun pada ban atau roda, gantilah dengan ban cadangan dan mintalah ban Anda diperiksa oleh seorang profesional.

Tekanan angin: apa yang perlu saya ketahui?

Pedoman Umum

  • Periksa tekanan angin semua ban Anda setiap bulan, termasuk ban cadangan. Sekalipun Anda tidak melihat kerusakan apa pun, ban dapat kehilangan hingga 1 psi – pound per inci persegi – setiap bulan. Hal ini dapat dipercepat oleh kebocoran udara karena tusukan tidak sengaja, kebocoran pada katup atau tutup katup, atau oleh kerusakan roda.
  • Periksa tekanan ban Anda sebelum menempuh perjalanan panjang.
  • Untuk hasil terbaik, periksa tekanan ban Anda saat ban tersebut dalam kondisi dingin – sebelum mengemudikan mobil atau jika telah menempuh kurang dari 3 KM pada kecepatan rendah.
  • Jika ban dalam kondisi panas, tambahkan 4-5 psi pada nilai tekanan yang direkomendasikan produsen mobil atau tunggu hingga ban menjadi dingin, yaitu rata-rata tiga jam setelah mobil diparkir.
  • Jangan pernah mengempiskan ban yang panas.

Bagaimana cara memeriksa tekanan angin ban saya?

  1. Masukkan pengukur tekanan angin ke dalam batang katup pada ban Anda.
  2. Pengukur akan ""muncul"" dan menampilkan bilangan yang berhubungan dengan tekanan angin internal dalam bilangan psi.
  3. Bunyi mendesis berasal dari udara yang keluar dari ban. Ini tidak akan memengaruhi tekanan secara substansial, kecuali jika Anda menekan pengukur tekanan angin tersebut terlalu lama.
  4. Bandingkan psi yang diukur dengan psi yang direkomendasikan.
  5. Jika psi di atas angka yang direkomendasikan, biarkan udara keluar hingga angkanya sesuai. Jika di bawah, tambahkan udara hingga mencapai angka yang tepat.

Di mana saya dapat menemukan tekanan angin yang direkomendasikan untuk ban saya?

  • Di buku manual pemilik kendaraan.
  • Pada stiker di pintu pengemudi atau di pintu tangki bahan bakar.
  • Jangan gunakan angka di dinding samping ban Anda karena itu bukan petunjuk tekanan angin yang diperlukan oleh ban Anda.

Tentang pengukur tekanan angin

  • Berhati-hatilah jika Anda menggunakan pengukur tekanan angin yang tersedia di pom bensin. Pengukur tekanan angin itu biasanya tidak dapat diandalkan.
  • Belilah pengukur tekanan angin bermutu tinggi dan periksa keakuratannya bersama profesional ban.

Hal ini penting untuk dilakukan dengan benar

  • Ban dengan tekanan angin berlebih atau kurang menyebabkan ban aus lebih cepat dari yang diharapkan, mengurangi daya cengkeram, dan menguras lebih banyak bahan bakar. Hanya dibutuhkan beberapa menit sebulan untuk membantu memastikan keselamatan Anda dan ketahanan ban Anda.

Nitrogen: apa manfaatnya?

Apa itu nitrogen?

Nitrogen adalah udara kering yang tidak mengandung oksigen. Dalam udara terkandung hampir 79% nitrogen.

Bagaimana cara menggunakannya?

  • Kebanyakan ban diisi dengan angin yang terkompresi. Namun, beberapa penjual ban mulai mengisi ban mereka dengan nitrogen.
  • Nitrogen dan udara yang terkompresi dapat dicampur.
  • Sebagian besar ban dapat diisi dengan udara atau nitrogen, asalkan tekanan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan dipatuhi.

Manfaatnya:

Jika nitrogen menggantikan oksigen, lebih sedikit udara yang dapat keluar dari ban dan tekanan pengisian udara Anda tetap lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pemeriksaan ban:

Sayangnya, terdapat kemungkinan sumber kebocoran lain (antarmuka velg/ban, katup, antarmuka velg/katup, dan roda), yang berarti tidak ada jaminan tekanan angin terjaga baik dengan udara ataupun nitrogen. tekanan angin dan keseluruhan kondisi ban harus tetap sering diperiksa.

Katup: apa yang perlu saya ketahui?

Apa peranan dari katup?

  • Katup menjamin tekanan ban yang tepat terjaga.
  • Katup memblokir kelembapan agar tidak masuk ke ban.
  • Tutup katup khususnya penting untuk memblokir partikel debu agar tidak mengganggu katup tersebut. Disarankan Anda menggunakan tutup berkualitas baik.

Penuaan dan kerusakan

  • Katup biasanya terbuat dari karet dan menua seiring berlalunya waktu.
  • Katup ini dapat menjadi rusak karena kecepatan tinggi yang menyebabkan kebocoran udara pada ban Anda.

Kapan saya harus mengganti katup?

Setiap kali Anda membeli ban baru.

Cara memeriksa apakah sisa tapak Anda cukup

Umum

Agar dapat efektif mencengkeram jalan, menyingkirkan air, dan menjaga kendali, ban Anda harus memiliki jumlah sisa tapak yang aman. Jika alur pada desain ban hampir tidak tampak, ban praktis juga tidak akan mencengkeram jalan. Ini khususnya berbahaya dalam kondisi basah atau musim dingin.

  • Ditambah, jika Anda mengemudi dengan ban di bawah batas tapak yang legal, Anda dapat didenda.
  • Anda harus memeriksakan keausan ban Anda secara teratur. Jika ban Anda mendekati batas legal atau jika Anda merasa ragu, periksakan ban Anda pada profesional ban. Atau lihatlah cara memeriksa ban sendiri di bawah ini.

Dua cara

1- Periksa keausan tapak dengan pengukur kedalaman tapak

  • Pastikan bahwa rem tangan dinyalakan dan mobil berada pada gigi satu (untuk kotak roda gigi manual) atau posisi parkir (untuk otomatik).
  • Periksa kedalaman alur tapak utama di beberapa tempat secara keseluruhan dan di sekitar ban, dengan menggunakan pengukur sesuai petunjuk dari produsen ban.
  • Kedalaman tapak minimal yang legal adalah 1,6 mm.

2- Periksa indikator keausan tapak

  • Ban memiliki indikator keausan tapak yang dicantumkan pada dasar alur utama.
  • Jika permukaan tapak menjadi aus pada level yang sama dengan indikator ini, ban tersebut berada pada batas legal dan harus diganti.

Rotasi ban: apa yang perlu saya ketahui?

Apakah itu?

Selama rotasi, setiap ban dan roda dilepas dari kendaraan Anda dan dipindahkan ke posisi berbeda untuk memastikan bahwa semua ban terpakai secara merata dan tahan lebih lama

Kapan saya harus melakukannya?

"Ban harus dirotasi setiap enam bulan atau setiap 6.000 hingga 8.000 mil. 10.000 kilometer
Namun, periksa manual pemilik kendaraan untuk melihat adakah jadwal rotasi yang disarankan.

Manfaatnya:

Karena posisi ban pada kendaraan Anda dapat memengaruhi cara ban menjadi aus, rotasi rutin membantu memastikan bahwa ban terpakai secara merata, diperpanjang usianya, dan ditingkatkan performanya.

Keselarasan ban: apa yang harus saya ketahui? (juga dikenal sebagai "Keselarasan suspensi")

Keselarasan ban adalah proses mudah yang mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian dari komponen suspensi di bagian depan dan/atau bagian belakang. Jika keselarasan Anda tidak ada, kendaraan Anda tidak aman dikemudikan.

Kapan saya perlu memeriksakan keselarasan roda ban saya?

  • Setelah menghantam benda yang cukup besar di jalan.
  • Anda melihat pola keausan yang terbentuk pada bahu (tepian bagian luar) ban.
  • Anda merasakan perbedaan dalam pegangan kendaraan atau saat Anda mengemudi.
  • Saat Anda mengganti komponen kemudi atau suspensi.
  • Setidaknya setiap 10.000 kilometer.

Beberapa hal untuk diperhatikan:

  • Kendaraan Anda tertarik atau terhuyung ke satu sisi saat Anda mengemudi di jalan rata yang lurus.
  • Roda kemudi Anda tidak kembali dengan mudah setelah berbelok.
  • Roda kemudi Anda tetap menyudut saat mengemudi di jalur lurus.

Mengapa penting?

  • Untuk meminimalkan keausan dan kerusakan pada kendaraan Anda dan untuk memaksimalkan kenyamanan pengemudi dan penumpang.
  • Untuk mengurangi keausan pada ban Anda, membantu meningkatkan usia dan performa ban, serta menambah manfaat hemat bahan bakar.
  • Untuk meningkatkan pegangan dan keselamatan mengemudi dengan mengurangi masalah kestabilan dan kemudi.

Bagaimana roda diselaraskan? Detail lengkap

Ada tiga penyesuaian utama yang diadakan dalam melakukan keselarasan:

  • Camber: jika Anda melihat dari bagian depan kendaraan, camber adalah sudut roda, dalam derajat.
  • Caster: jika Anda melihat dari bagian samping kendaraan, sudut caster mengidentifikasi kemiringan ke depan atau ke belakang dari garis yang ditarik melalui titik poros kemudi bagian atas dan bagian bawah.
  • Toe: ini adalah perbedaan jarak antara bagian depan ban dengan bagian belakang ban.

Keseimbangan ban: apa yang perlu saya ketahui?

Apakah itu?

  • Terkadang, saat ban dipasang, distribusi bobot perakitan ban+roda tidak benar-benar merata di sekeliling ban.
  • Roda di luar keseimbangan jika satu area lebih berat atau lebih ringan daripada yang lainnya. Akibatnya adalah melompat-lompat atau terhuyung, yang dapat mengurangi masa pakai ban, meningkatkan vibrasi, dan menyebabkan tekanan pada kendaraan Anda.
  • Keseimbangan ban mengimbangi perbedaan berat ini untuk memastikan berat ban seimbang. Profesional ban akan menambahkan beban jika diperlukan untuk menyeimbangkan ban.

Kapan saya harus melakukan keseimbangan ban saya?

  • Saat mengganti ban
  • Saat beban keseimbangan dipindah atau dilepas
  • Saat Anda membeli ban baru

Bagaimana cara menyeimbangkan roda?

  1. Untuk menyeimbangkan roda, mekanik Anda menggunakan mesin penyeimbang untuk menentukan di mana tempat yang berat tersebut.
  2. Beban kemudian ditempelkan pada eksterior atau interior roda untuk menyeimbangkan gaya sentrifugal yang menimpa area berat saat roda membelok.

Ada saran?

Jika Anda serasa melompat-lompat, terhuyung, atau merasakan vibrasi, konsultasikan segera dengan profesional ban.

Bagaimana cara mengganti ban?

Peringatan: Jangan mencoba untuk mengganti ban jika itu berisiko terhadap keselamatan Anda atau penumpang Anda.

Melepas ban:

  1. Pindahkan ke sisi jalan dengan aman, nyalakan lampu bahaya, dan pasang rem darurat Anda.
  2. Cari ban cadangan dan peralatan Anda (kunci roda dan dongkrak) – biasanya di bagasi atau bagian bawah mobil (namun Anda juga dapat mengecek manual pemilik kendaraan Anda).
  3. Lepaskan tutup hub roda. Baut roda jangan dilepas – cukup dilonggarkan.
  4. Lihat manual Anda untuk menemukan tempat yang tepat untuk mengangkat mobil dengan dongkrak.
  5. Angkat mobil hingga roda di atas tanah.
  6. Lepaskan baut roda dan kemudian ban dengan kedua tangan.

Memasang ban cadangan:

  1. Sesuaikan lubang pada ban cadangan dengan baut pada roda dan dorong ban sejauh ban bisa masuk.
  2. Pasang baut roda dan eratkan.
  3. Pasang baut roda berlawanan (ini memastikan baut dieratkan dengan merata).
  4. Turunkan mobil Anda.
  5. Eratkan kembali setiap baut roda, kemudian baut yang berlawanan.

Beberapa tip lagi:

  • Bawalah sepasang sarung tangan yang tebal dan kantong sampah di bagasi Anda, seandainya ban yang Anda lepas tertutup lumpur, dan papan yang kuat untuk menaruh dongkrak Anda seandainya alas tanah tersebut lembek, agar dongkrak tidak tenggelam.
  • Periksa tekanan pengisian udara dari ban cadangan sebelum dipasang. Jika ini tidak memungkinkan, setelah ban cadangan dipasang, mengemudilah secara hati-hati dengan kecepatan rendah hingga dapat diperiksa.
  • Kunjungi pom bensin terdekat dan pompa udara ban dengan benar.
  • Jika Anda memiliki cadangan mini, pastikan Anda memenuhi persyaratan jarak tempuh dan kecepatan
  • Kunjungi bengkel Anda untuk mendapatkan ban pengganti.

Baut roda

  • Kalau perlu, gunakan oli mesin lampu pada ulir baut roda untuk membantu melepasnya.
  • Baut roda yang tidak dikencangkan dengan baik berisiko merusak cakram rem atau sistem pemasangan ban.
  • Gunakan kunci torsi untuk memastikan Anda mengencangkan baut dengan benar dengan putaran yang benar. Jika Anda tidak memiliki kunci torsi, mintalah spesialis ban untuk memeriksanya sesegera mungkin. Ini akan memastikan bahwa putaran yang benar telah dilakukan.
  • Baut roda yang dikencangkan dengan benar lebih mudah dilepas.

Apa yang perlu saya lakukan sebelum pergi?

  • Pastikan kendaraan Anda mengikuti semua pemeriksaan terkini.
  • Periksa tekanan angin ban Anda dan bandingkan dengan informasi pada stiker informasi ban di pintu kendaraan Anda, tangki bahan bakar, atau manual pemilik kendaraan. Anda juga dapat menemukan tekanan angin yang tepat bagi ban Anda melalui pencarian kendaraan Pilihan Ban kami.
  • Di mana itu dan apa itu artinya?

  • Periksa kondisi dan keausan tapak ban Anda secara visual. Jika tapak Anda tampak aus atau ban tampak rusak, mintalah ban diperiksa oleh seorang profesional.

Lihat Cara untuk memeriksa apakah sisa tapak Anda cukup