Mencari ban
Temukan Dealer

WE RACE FOR CHANGE

Motorsport, akselerator dalam berinovasi

MENGAPA MICHELIN BERPARTISIPASI PADA AJANG BALAP?

Selama beberapa dekade, Michelin dengan bangga telah mendemonstrasikan performa ban balap di ajang internasional. Namun, saat ini dunia motorsport telah berubah.

Tantangan besar yang kami hadapi adalah mengembangkan ban pasar massal berkelanjutan yang desain dan produksinya berdampak minimum pada sumber daya bumi, keanekaragaman hayati, dan emisi CO₂, tanpa mengurangi kinerja yang membuat merek MICHELIN sukses. 

Oleh karena itu, ajang balap berfungsi sebagai tempat pembuktian yang tak ternilai dan akselerator dalam inovasi teknologi. Kondisi ekstrem yang melekat pada motorsport memberi kami kesempatan untuk berinovasi, bereksperimen dalam waktu singkat, belajar, menyusun solusi baru, dan mempercepat pengembangan solusi berkelanjutan yang bermanfaat bagi semua orang.

WE RACE FOR CHANGE, PENINGKATAN UNTUK MOBILITAS

Michelin berinovasi untuk memberi partner kami kinerja yang bertahan dari awal hingga garis akhir balapan. Komitmen kami kepada Anda adalah untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman yang bertahan dari mil pertama hingga terakhir berkat ban yang dapat dipercaya hingga batas keausan yang sah (1)

Kami berlomba untuk menghadapi tantangan baru. Ban kami mengandung bahan baku biosourced dan daur ulang dengan proporsi yang semakin tinggi (2). Material canggih yang kami kembangkan dalam motorsport akan terus bermanfaat bagi semua ban MICHELIN mulai tahun 2025.

Kami berlomba untuk menemukan jawaban, mensimulasikan, belajar dari data, dan melampaui batasan yang sudah ada. Penggunaan teknik simulasi kami dalam motorsport dikembangkan untuk proses produksi ban, menghasilkan sumber daya yang signifikan dan penghematan emisi CO₂ .

JUMPA DENGAN TIM & PELAJARI LEBIH LANJUT TENTANG WE RACE FOR CHANGE

 

Dylan, tyre performance engineer

Philippe, tyre technician

Stéphanie, chemist 

LE MANS: ARENA FAVORIT KAMI UNTUK BERINOVASI SELAMA 100 TAHUN

24 Jam Le Mans - yang berlangsung di jalan yang biasanya terbuka untuk lalu lintas sehari-hari - membuat ban kami mengalami pengujian luar biasa, mulai dari permukaan trek yang tidak rata, hingga perubahan cuaca dan suhu yang tiba-tiba. Namun ban kami harus memberikan kinerja yang sempurna, serta keamanan, cengkeraman, dan ketahanan dari awal balapan hingga garis finis!

Inovasi yang telah mengubah mobilitas: 


Ban yang dapat dilepas

1923: Pemenang perdana 24 Jam Le Mans adalah Chenard & Walcker yang dilengkapi dengan ban Michelin, menyelesaikan balapan dengan kecepatan rata-rata 57mph. Ban yang dapat dilepas merevolusi mobilitas dengan menggabungkan ketahanan, usia pakai, kenyamanan, dan keramahan pengguna.

Ban radial

1951: Dipatenkan pada tahun 1946 dan dipasarkan mulai tahun 1949, ban Michelin X menampilkan struktur radial revolusioner yang menggabungkan sabuk logam untuk keamanan, kenyamanan, dan penghematan bahan bakar yang tahan lama. Lancia B20 GT memenangkan kelasnya pada ban radial pada 24 Jam Le Mans tahun 1951.

Ban slick

1967: Michelin adalah ban pertama yang berpartisipadi pada ajang balap dengan ban slick di Le Mans. Tapaknya yang sepenuhnya halus dan bebas pola memberikan cengkeraman yang unggul dalam kondisi kering. Ban slicks berdampak langsung, dengan Alpine A210 menyelesaikan satu putaran dalam waktu kurang dari empat menit untuk pertama kalinya di kelasnya sebelum memenangkan klasifikasi P1.6.

Ban performa tinggi

1978: Kemenangan Renault-Alpine A442B di Le Mans pada tahun 1978 dilengkapi dengan ban radial Michelin berperforma tinggi menggarisbawahi nilai teknologi yang luar biasa. Hasilnya diikuti dengan kesuksesan di Formula 1, memberikan bukti tambahan tentang keunggulan ban radial dan berkontribusi pada teknologi yang menjadi norma industri di seluruh dunia.

1923 - 2023: Inovasi yang berulang untuk performa tahan lama

Perkembangan teknologi seperti kemajuan yang dibuat dalam teknologi pembangkit tenaga, dari mesin bensin dan diesel hingga unit tenaga hibrida, pengenalan rem cakram dan aerodinamika yang semakin canggih semuanya menimbulkan tantangan baru bagi ban. Ban perlu beradaptasi dengan tantangan yang lebih besar, termasuk keluaran daya, beban, dan torsi yang lebih tinggi, sementara pada saat yang sama memberikan efisiensi efisiensi yang unggul. Rekor kemenangan Michelin di Le Mans telah menyamai revolusi luar biasa yang telah dilihat balapan dalam hal performa. Dalam 10 tahun terakhir saja, Michelin telah membantu prototipe utama LMP1 menyelesaikan hingga 466 mil pada satu set ban dengan kecepatan rata-rata 149 mph. Itu setara dengan lebih dari jarak yang ditempuh oleh dua grand prix Formula 1!

Le Mans 2023: Michelin terus berinovasi untuk masa depan berkelanjutan

24 Jam Le Mans yang keseratus tidak akan menjadi pengecualian sehubungan dengan inovasi Michelin:

  • MICHELIN Pilot Sport Endurance Slicks and Wets terbaru untuk prototipe Hypercar yang menarik saat ini dirancang seluruhnya secara virtual menggunakan teknologi simulator. Prosesnya sekarang telah diperluas ke pengembangan ban untuk pasar massal, menghasilkan penghematan sumber daya dan emisi CO₂ yang signifikan.
     

  • Tahun ini, kami akan memperkenalkan ban balap yang mengandung 63% bahan berkelanjutan (bahan daur ulang/ terbarukan berbasis bio) untuk prototipe hidrogen GreenGT dan Porsche GT4 ePerformance serba listrik. Pencapaian ini dimungkinkan berkat pengetahuan kami tentang bahan yang berkelanjutan dalam konteks ban, tanpa mengurangi kinerja atau dampak lingkungan secara keseluruhan.

BAN MICHELIN DIRANCANG UNTUK MENANG

Michelin adalah pabrikan ban dengan kemenangan terbanyak pada kejuaraan dunia utama FIA & FIM selama 50 tahun terakhir

MICHELIN, BAN RESMI MOTOGP™

 

PARTNER YANG MEMPERCAYAI MICHELIN


Anda juga, percayakan ban Michelin di trek atau jalan raya

Jenis ban MICHELIN Motorsport

Ban untuk lintasan balap, rally, hillclimb, classic racing, off-road & circuit moto

Jenis ban mobil MICHELIN

Ban mobil, SUV & van

Jenis ban motor MICHELIN

Ban motor

Temukan ban yang tepat
Mobil
Mencari ban
Mencari ban

Pelajari selengkapnya tentang Mengapa ban Michelin:

Percayakan Michelin untuk kehidupan yang lebih baik

Ban kami dipercaya oleh yang pihak paling menuntut - konsumen, produsen mobil, atlit motorsport, dan para key opinion leader meminta produk kami.

Bertindakan untuk mengurangi dampak lingkungan

Kami memimpin jalan menuju mobilitas dengan pengurangan dampak lingkungan(3) dan berinovasi dengan berinvestasi pada, di sekitar, dan di luar ban.

Memimpin jalan dalam mobilitas listrik

Michelin berada di garis terdepan mobilitas listrik. Teknisi kami bekerja sama dengan produsen mobil, skuter & sepeda untuk merancang ban dengan performa yang penting bagi pemilik kendaraan listrik.

Ikuti berita terbaru tentang MICHELIN Motorsport

Pantau terus! Baca berita terbaru MICHELIN Motorsport

Jadilah yang pertama mendapatkan berita dan pembaruan tentang Michelin!

Daftar untuk menerima buletin People in Motion dengan mengisi formulir dan menerima penawaran eksklusif dan kompetisi luar biasa dengan pengalaman premium terbaik dan lokasi menakjubkan untuk dijelajahi.

Daftar sekarang

Legal mentions

(1) Mil/kilometer terakhir dipahami sebagai hingga kedalaman tapak legal minimum (1,6 mm di Eropa). Silakan lihat kedalaman tapak legal minimum di negara Anda. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di https://www.michelin. co.uk/performance-made-to-last


(2) Michelin menganggap bahan berkelanjutan sebagai bahan daur ulang atau bahan bersumber hayati yang dapat diperbarui dalam skala waktu kehidupan manusia, dan tidak bersaing dengan sektor makanan. Michelin tidak menganggap bahan alami yang tidak dapat diperbarui pada skala waktu kehidupan manusia sebagai bahan yang berkelanjutan - seperti minyak. Dengan demikian, beberapa bahan, meskipun berasal dari mineral alami, seperti silika, tidak diperhitungkan dalam definisi Michelin tentang "bahan yang berkelanjutan". Bahan daur ulang adalah bahan baku yang dihasilkan oleh setiap operasi daur ulang dimana limbah industri atau pasca konsumsi diproses ulang menjadi produk, bahan, atau zat. Penggunaan kembali energi dan pemrosesan ulang bahan untuk digunakan sebagai energi tidak termasuk. (Berdasarkan definisi European Directive for Waste).


(3) Untuk informasi lebih lanjut https://www.michelin.com/en/sustainable-development-mobility/working-towards-sustainable-mobility/