Kapan Saya Harus Memeriksa keselarasan Ban Saya?
Mengapa penyelarasan roda itu penting?
Penyelarasan roda dapat memengaruhi jumlah keausan yang dialami ban. Keselarasan normal pada sebagian besar kendaraan itu dirancang untuk meminimalkan kerusakan dan memaksimalkan kenyamanan pengendara dan penumpang. Menyelaraskan keempat roda akan mengurangi keausan pada ban Anda, membantu meningkatkan umur pakai dan kinerja ban, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Ini juga akan meningkatkan pengendalian dan keamanan berkendara dengan mengurangi masalah pada sistem pengemudian dan stabilitas kendaraan.
Penyelarasan roda (spooring) versus penyeimbangan roda (balancing)?
Orang-orang seringkali bingung membedakan antara penyelarasan roda (spooring) dan penyeimbangan roda (balancing). Keduanya sangat berbeda. Penyelarasan roda, atau terkadang disebut juga tracking, merupakan penyesuaian sudut roda kendaraan agar sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh pabrikan kendaraan. Di sisi lain, penyeimbangan roda memungkinkan roda berputar tanpa menimbulkan getaran yang tidak perlu.
Mengapa ketidakselarasan roda dapat terjadi?
Ketidakselarasan roda dapat terjadi ketika kendaraan membentur trotoar atau berkendara melintasi jalan berlubang, dan juga beberapa keadaan yang lebih parah seperti kecelakaan, yang dapat menyebabkan ketidakselarasan suspensi kendaraan. Ketidakselarasan roda juga dapat terjadi karena komponen suspensi yang mengalami keausan atau ketika komponen tersebut diganti. Jika terjadi ketidakselarasan roda, keausan ban dapat terjadi dengan cepat, terutama di tepi ban, dan juga dapat merugikan pengendalian kendaraan. Ini hampir dapat dipastikan bahwa Anda harus mengganti ban lebih cepat dari perkiraan.
Ketidakselarasan ban sekecil apa pun dapat menimbulkan masalah
Tujuan dari penyelarasan roda adalah memberikan pengendalian kendaraan yang optimal dan untuk memaksimalkan umur pakai ban.
Alasan utama melakukan penyelarasan roda adalah:
- Ini dapat menghemat uang Anda, karena penggantian ban lebih jarang diperlukan.
- Ban Anda akan lebih awet.
- Pengendalian kendaraan Anda akan dioptimalkan.
- Berkendara menjadi lebih mulus dengan berkurangnya tahanan guling.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelaraskan kembali ban saya dan berapa biayanya?
Sebagian besar masalah penyelarasan roda depan dan belakang dapat diselesaikan dalam waktu 30 menit. Gunakan Alat Pencari Lokasi Dealer Ban Michelin untuk menemukan dealer terdekat Anda untuk mengetahui besaran biayanya. Penyelarasan roda adalah semua tentang pemeriksaan pengaturan arah dan sudut roda agar sesuai dengan spesifikasi pabrikan kendaraan Anda. Meskipun Anda mungkin pernah mendengar istilah seperti toe in, toe out, kamber positif atau kamber negatif, penyelarasan roda itu sendiri tidaklah rumit. Kenyataannya, menyesuaikan keselarasan roda adalah pekerjaan yang sangat mudah.
Bagaimana cara menyelaraskan roda?
Memperbaiki keselarasan roda meliputi penyesuaian sudut roda sehingga sesuai dengan spesifikasi toe in / toe out dan kamber. Tiga penyesuaian utama yang dapat dilakukan dalam penyelarasan roda adalah kamber, kaster, dan toe.
Kamber
Kamber adalah sudut kemiringan roda terhadap garis vertikal jika dilihat dari bagian depan kendaraan. Jika sudut kemiringan terlalu besar, akan menimbulkan keausan ban yang tidak merata.
-
Kamber positif terjadi ketika bagian atas roda miring ke arah luar mobil. Kamber positif yang terlalu besar menyebabkan keausan lebih banyak terjadi di tepi luar ban.
-
Kamber positif terjadi ketika bagian atas roda miring ke arah dalam mobil. Kamber negatif yang terlalu besar menyebabkan keausan lebih banyak terjadi di tepi dalam ban.
Sudut kamber dirancang dan disesuaikan untuk setiap kendaraan guna mengoptimalkan perilaku ban di jalan lurus dan di belokan. Jika terdapat terlalu banyak perbedaan antara sudut kamber roda depan, kendaraan akan cenderung bergerak menarik ke satu sisi.
Toe
Toe menunjukkan ke arah mana ban itu mengarah relatif terhadap garis tengah kendaraan. Toe biasanya didefinisikan sebagai perbedaan jarak antara bagian depan roda dan bagian belakang roda pada poros yang sama.
Pengaturan toe memengaruhi karakteristik pengendalian dari kendaraan dan stabilitas garis lurusnya.
-
Toe-in adalah ketika bagian depan roda pada poros lebih dekat daripada bagian belakang roda. Jika terlalu banyak toe-in, kembang ban cenderung mengalami keausan di tepi luar. Keausan kembang juga akan membentuk pola berbaris, yang dapat dirasakan dengan menyentuhkan tangan di sepanjang kembang ban.
- Toe-out adalah ketika bagian belakang roda pada poros lebih dekat daripada bagian depan roda. Jika terlalu banyak toe-out, kembang ban cenderung mengalami keausan di tepi dalam. Keausan kembang juga akan membentuk pola berbaris, yang dapat dirasakan dengan menyentuhkan tangan di sepanjang kembang ban.