Off road

Tekanan

Demi alasan keamanan dan untuk mengoptimalkan umur pakai ban, penting untuk selalu memastikan tekanan ban yang tepat. Berkendara dengan ban bertekanan yang tepat menurut rekomendasi produsen ban juga membuat kontribusi yang signifikan terhadap penanganan saat di jalan lurus dan menikung, termasuk saat mengerem dan berkendara pada kecepatan rendah. Berkendara dengan ban yang kempis dapat menyebabkan keausan yang terjadi sebelum waktunya dan kerusakan yang tidak terbalikkan, dan sangat meningkatkan risiko rayapan ban atau kemungkinan terlepasnya ban dari pelek, bahkan ketika menggunakan kunci pelek.

Rekomendasi tekanan ban dari ban off-road hanya cocok untuk durasi terbatas, kecepatan dan muatan di permukaan berkecepatan tinggi beraspal seperti jalan raya. Bertambahnya tekanan ban disarankan untuk penggunaan jalan yang tidak terhindarkan, sedangkan untuk penggunaan jalan yang berkepanjangan harus dihindari sama sekali. Udara secara perlahan berkurang dari ban, oleh karena itu sangat penting untuk memeriksa tekanan ban secara sistematis sebelum penggunaan. Setelah memeriksa, ingatlah untuk memasang lagi tutup katup/pentil, yang bersama-sama dengan katup masuk udara (valve core), memastikan fungsi perapat kedap udara.

Tekanan yang direkomendasikan

Ini adalah tekanan ban yang direkomendasikan oleh Michelin berdasarkan pada kondisi medan dan cuaca,
daya motor, dan jenis kontrol:

moto edito recommended pressures off road news events

MICHELIN Bib Mousse: Solusi off-road Michelin terhadap kebocoran!

Diciptakan oleh MICHELIN dan ditujukan untuk penggunaan Cross Country, Rally, Enduro, dan MX, Bib Mousse adalah:

  • Lebih ringan dari ban dalam yang diperkuat, dengan tekanan yang setara dengan 0,9 bar (13psi), Bib Mousse menghilangkan ketidaknyamanan akibat kebocoran.
  • Dirancang secara eksklusif untuk ban merek MICHELIN dan untuk penggunaan santai di segala medan.

Kecepatan maksimum pada ban yang menggunakan MICHELIN Bib Mousse adalah 130kph (80mph). Tercantum huruf NHS (Not for Highway Service/Tidak untuk Pemakaian Jalan Tol). Sebagai akibatnya, ban seharusnya tidak digunakan di jalan tol umum.

MICHELIN Bib Mousse tidak boleh disimpan pada temperatur di atas 30°C dalam jangka panjang dan sebaiknya menghindari temperatur di atas 40°C sama sekali.

Bisa digunakan selama 6 bulan setelah dipasang, namun umur pakai MICHELIN Bib Mousse bervariasi banyak, bergantung pada intensitas pemakaian dan kedisiplinan dalam pemakaian. Misalnya, umur pakai akan lebih singkat untuk Motocross daripada untuk Enduro.

Sebelum masuk ke tahap cepat, kami merekomendasikan agar Anda memanaskan ban dan MICHELIN Bib Mousse secara bertahap pada kecepatan sedang.

Aplikasikan gel Michelin setiap kali Anda memasang atau melepas MICHELIN Bib Mousse, baik baru maupun bekas, untuk memperpanjang umurnya dan menghindari panas yang terlalu berlebih.

michelin picture bib mousse

moto edito bib mousse tech info off road news events

Penanganan dan penyimpanan

Ban Anda harus disimpan di tempat yang berventilasi, kering, dan bertemperatur sedang (tidak terlalu panas/dingin), tidak terkena sinar matahari langsung, dan dijauhkan dari temperatur ekstrem, bahan kimia, dan pelarut, atau hidrokarbon yang bisa memengaruhi bahan karet. Ban juga harus dijauhkan dari segala sesuatu yang bisa menusuk bahan karet (misalnya logam atau kayu tajam) dan dijauhkan dari panas langsung atau muatan listrik.

Saran Trial

Rancangan ban Trial membuat mereka sulit untuk dipasang. Anda akan mengalami risiko merusak kawat bead jika Anda menekan terlalu keras. Patuhi dengan baik instruksi pemasangan untuk menyelipkan kait pelek (beri pelumas, pegang bead dengan erat di sisi yang berlawanan dari lubang pelek - jangan menggunakan kekuatan yang berlebihan pada bead). Untuk mengisi ban, letakkan cincin karet antara bead ban dan pelek atau gunakan pengikat yang ketat di mahkota ban untuk memungkinkan pengisian awal.

Keausan ban

Kembang ban memberikan sebagian besar daya cengkeram ban pada permukaan jalan. Akibat aus, daya cengkeram ban menurun. Jadi ingatlah untuk memeriksa ban Anda secara teratur untuk mencari tanda keausan: periksa secara visual kedalaman kembang ban dan keseragaman keausan ban. Tekanan ban juga memiliki dampak langsung pada keausan.

Dua klasifikasi yang mungkin untuk dimensi ban yang sama

Berhati-hatilah! Ada dua klasifikasi untuk dimensi ban yang sama.

 

  • Klasifikasi lama: Enduro, Desert, Range 12
  • Klasifikasi baru: Starcross, AC10, Trial Light, dan Xlight

Untuk jenis Enduro, Desert, S12XC, dan M12XC, penandaan ukuran berdasarkan pada lebar ban yang diukur pada kembang ban.

Untuk jenis Starcross, AC10 Trial Light, dan Xlight, penandaan ukuran berdasarkan pada lebar ban yang diukur pada dinding samping ban.

Sebuah 130/70-19 Cross Competition S12XC sesuai dengan sebuah 110/90-19 Starcross 5.

wording off road

Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini