FAQ
Info Teknis dan Definisi
Dapatkah saya memilih ban dengan peringkat kecepatan lebih rendah dari yang dipasang pada kendaraan?
Direkomendasikan agar penggantian peringkat kecepatan ukuran ban sama dengan atau lebih tinggi dari peringkat kecepatan ukuran ban O.E. Jika Anda memilih ban yang berperingkat kecepatan lebih rendah, kecepatan tertinggi kendaraan pun terbatas pada peringkat kecepatan lebih rendah yang dipilih tersebut. Pelanggan wajib diberi tahu mengenai batasan kecepatan yang baru. Sangat umum dan diizinkan untuk menggunakan ban musim dingin dengan peringkat kecepatan yang lebih rendah daripada ban O.E. selama mengemudi di musim dingin. Sekali lagi, pelanggan harus diberi tahu, seperti yang disebutkan di atas
Bagaimana saya menentukan apakah velg saya saat ini disetujui untuk ban Anda?
Kisaran lebar velg sangatlah penting. Kisaran ini mewakili lebar velg yang benar dan akan membantu perakitan ban/roda yang memenuhi potensi performanya. Untuk mendapatkan keseimbangan terbaik antara berkendara, pegangan, dan keausan tapak, pilih lebar velg pada kisaran tengah yang diberikan produsen.
Untuk meningkatkan traksi menikung dan respons kemudi, pilih velg pada atau mendekati lebar maksimum yang direkomendasikan. Semakin lebar velg, semakin lurus dinding samping dan semakin cepat respons kemudi. Sebaliknya, dengan menggunakan lebar velg pada kisaran rendah, ban akan menggelembung atau melengkung keluar sehingga memperlambat respons kemudi.
Baca situs web kami untuk spesifikasi ban.
Bagaimana saya membaca dinding samping ban saya?
Sisi samping berisi informasi yang diperlukan untuk keselamatan Anda dan informasi yang diperlukan pelanggan Anda. Mampu membaca tanda dinding samping akan membantu Anda memahami lebih baik performa setiap ban. Juga akan memberikan Anda informasi saat memasang dan melakukan servis ban.
Berapa besar beban/berat yang dapat diangkut ban saya?
Jangan pernah melampaui batas angkut beban yang dipasang pada dinding samping ban atau batas beban maksimum gandar kendaraan seperti yang ditunjukkan pada plakat ban kendaraan, mana saja yang lebih kecil. Beban berlebih meningkatkan panas berlebihan pada ban dan dapat menyebabkan kerusakan.
Apa itu ban tekanan nol?
Ban tekanan nol didesain untuk beroperasi dalam waktu terbatas dengan sedikit atau tidak ada tekanan angin tanpa menyebabkan kerusakan pada wadah ban. Agar dapat merasakan manfaat tekanan nol, ban harus dipasang pada roda yang tepat dan roda tersebut harus dilengkapi dengan pengoperasian sistem peringatan ban tekanan angin udara rendah yang telah disetujui Michelin.
Panduan apa yang perlu saya ikuti saat memadukan ban pada kendaraan 4WD?
Jika tidak ada petunjuk memadukan ban yang tertera di manual pemilik kendaraan, ikuti panduan berikut ini:
Jangan memadukan ukuran. Keempat ban harus mencantumkan ukuran ban yang sama.
Jangan mencampur ban radial dengan ban non-radial. Keempat ban harus radial atau non-radial.
Pastikan bahwa keliling di bagian luar dari keempat ban berada dalam rentang 2,5 cm (satu (1) inci) terhadap satu sama lain.
Jangan mencampur jenis pola tapak.
Apa itu desain tapak searah?
Ban dengan pola tapak searah harus dipasang sehingga arah rotasi yang utama sesuai dengan panah arahan pada dinding samping ban. Jika keempat ban berukuran sama, ban searah dapat dirotasi dari depan ke belakang.
Ban dengan pola tapak yang keduanya asimetris dan searah perlu ban sebelah kiri dan sebelah kanan yang spesifik. Penandaan dinding samping akan mengidentifikasi sisi kendaraan dan arah utama dari rotasi ban tersebut. Jika keempat ban berukuran sama, mereka dapat dirotasi dari depan ke belakang.
Ban Michelin mana yang tepat untuk mobil saya?
Anda dapat dengan mudah menemukan ban Michelin yang tepat untuk model dan penggunaan mobil Anda dengan mengunjungi pilihan ban Michelin. Anda juga dapat menemukan dealer terdekat untuk mendapatkan ban Michelin Anda yang baru.
Di mana saya dapat menemukan semua informasi perawatan ban untuk memperpanjang usia ban saya dan perawatan ban secara umum?
Tidak ada ruginya bila ban Anda diperiksa secara teratur, maka kunjungi pusat pelatihan online untuk mengoptimalkan penuh ban Michelin Anda.
Bagaimana saya dapat memperoleh harga ban Michelin?
Michelin menentukan Harga Retail yang Direkomendasikan (Recommended Retail Price-RRP) untuk ban Michelin. Namun, harga ini hanyalah sebagai panduan karena Michelin tidak dapat mendikte harga yang digunakan dealer resmi MICHELIN saat menjual ban kepada konsumen kami. Untuk memperoleh penawaran ban dan layanan terkait ban, silakan hubungi Layanan Pelanggan Michelin di 021-29353688. Selain itu, cari dealer Anda di sini.
Berapa tekanan angin ban yang tepat untuk mobil saya?
Pengisian udara yang tepat adalah satu-satunya bagian terpenting dalam perawatan mobil. Tekanan pengisian udara yang tertera pada sisi ban adalah tekanan pengoperasian maksimum. Ini tidak selalu merupakan pengisian udara yang tepat bagi kendaraan Anda. Selalu gunakan pengisian udara yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan. Anda dapat menemukannya di manual pemilik kendaraan, tepi pintu pengemudi, tempat pintu, atau di bagian dalam pintu ruang laci. Juga, jangan lupa untuk memeriksa cadangan. Penjual/dealer Michelin Anda dapat menjawab setiap pertanyaan Anda mengenai pengisian udara ban.
Perawatan dan Pemeliharaan ban
Apakah kebiasaan mengemudi saya memengaruhi usia ban saya?
Ya. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu memperpanjang usia ban Anda:
Jangan mengebut. Kecepatan tinggi dapat menghasilkan panas berlebihan, yang dapat meningkatkan laju keausan ban. Mengemudilah pada batas kecepatan legal yang aman.
Avoid fast turns on curves and around corners.Hindari menikung cepat pada belokan dan di sekitar tikungan.
Avoid fast turns on curves and around corners.Hindari mulai jalan lagi dengan cepat dan berhenti dengan tergesa.
Avoid fast turns on curves and around corners.Jangan mengemudi di tepi jalan atau mengemudi di trotoar, lubang, atau rintangan lain.
Apakah ban baru saya perlu perawatan khusus?
Perawatan khusus tidak diperlukan untuk ban baru Anda. Namun, mengemudilah dengan hati-hati sambil Anda membiasakan diri dengan ban baru tersebut. Mungkin Anda merasakan perbedaan akselerasi, menginjak rem, menikung, atau kemungkinan mengemudi di kondisi basah.
Bagaimana dan kapan ban saya perlu dirotasi?
Bagaimana cara merawat ban baru?
Ban yang dirawat dengan baik dapat memberi Anda pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan masa pakai ban yang lebih lama. Jadi:
Periksa tekanan ban Anda setiap bulan dengan pengukur tekanan ban (dan pastikan bahwa ban dalam keadaan dingin – setidaknya 3 jam setelah mengemudi).
Periksa ban Anda secara teratur untuk mencari goresan, sobekan, tusukan, cedera lainnya, atau keausan ban yang tidak beraturan.
Begitu gelagat pertama keausan tapak yang tidak merata muncul, mintalah keselarasan Anda diperiksa.
Pastikan keseimbangan pada ban dilakukan saat dipasang pada roda.
Rotasi ban Anda dengan mematuhi jadwal pada manual pemilik kendaraan atau seperti yang diwajibkan oleh garansi produsen ban.
Untuk tip pemeliharaan ban selengkapnya, klik di sini
Berapa kilometer yang bisa ditempuh oleh ban saya?
Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi masa pakai ban Anda, seperti:
Bahan campuran tapak
Fitur konstruksi
Penggunaan kendaraan
Pemeliharaan ban
Kondisi geografi
Kondisi atmosfer
Kebiasaan mengemudi
Dan masih banyak lagi
Itulah mengapa jarak tempuh yang pasti tidak mungkin diperkirakan. Berhati-hatilah saat menginjak rem, melakukan akselerasi, dan menikung, dll., untuk membantu memperpanjang masa pakai ban. (Memakai ban dengan teknologi Michelin juga tidak ada ruginya.) Jika Anda mencemaskan laju keausan ban Anda, berkonsultasilah dengan penjual resmi Michelin di wilayah Anda.
Bagaimana cara merawat ban di tempat penyimpanan?
Ban harus disimpan di tempat yang sejuk jauh dari sinar matahari langsung, sumber panas, dan ozon seperti pipa panas dan generator listrik. Paparan pada elemen ini dalam jangka waktu yang lama akan menguras oksidasi ban dan bahan pelapukan dalam bahan campuran ban serta mengakibatkan keretakan. Pastikan bahwa permukaan tempat ban disimpan bersih dan bebas dari pelumas, bahan bakar, atau bahan lain yang dapat merusak karet.
Untuk pengisian udara pada ban yang dipasang, namun tidak lebih tinggi dari, tekanan angin yang direkomendasikan. Taruh kendaraan pada balok penahan agar dapat melepas beban dari ban.
Apakah aman untuk memperbaiki ban kempis?
Jika ban kehilangan semua atau sebagian besar tekanan anginnya, ban harus dilepas dari roda untuk inspeksi internal secara menyeluruh guna memastikan bahwa ban tidak rusak. Ban yang tetap berjalan saat kempis, bahkan dalam jarak yang pendek, sering kali menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi. Sebagian besar tusukan, lubang paku, atau goresan hinga 0,6 cm (1/4 inci) - – terbatas pada tapak ban - – mungkin dapat diperbaiki dengan cukup memuaskan oleh karyawan yang terlatih dengan metode yang disetujui industri. Jangan memperbaiki ban yang memiliki tusukan pada tapak lebih besar dari 0,6 cm (1/4 inci), atau tusukan dinding samping. Juga, jangan pernah memperbaiki ban yang keausannya di bawah kedalaman tapak 1/16 inci. Langkah terbaik adalah memastikan bahwa ban cadangan Anda selalu siap melakukan tugasnya. Periksa secara teratur tekanan angin yang tepat dan pastikan ban tersebut dalam keadaan baik. Jika mobil Anda dilengkapi dengan satu dari beberapa jenis cadangan sementara, pastikan Anda memeriksa tekanan pengisian udara, batas kecepatan, dan jarak tempuh yang tepat pada dinding samping ban cadangan. Kunjungi dealer Anda untuk perbaikan ban oleh ahlinya.
Adakah jangka waktu untuk mulai merasakan ban baru saya?
Ban baru harus melaju beberapa ratus mil di jalan yang kering untuk membersihkan tapak dari bahan pemisah dan antioksidan yang diberikan selama produksi. Sampai tapak sedikit kasar barulah ban akan dapat dirasakan mengerahkan tenaga cengkeram sebenarnya.
Adakah cara untuk tahu kapan saya perlu ban baru?
Indikator keausan tapak ("bilah keausan") ditempatkan di dasar alur utama dan berada di tempat yang sama di seluruh ban. Indikator keausan tapak, yang tampak seperti setrip tipis dari karet halus melintang pada tapak, akan muncul saat ban mencapai titik aus. Jika Anda melihat bilah indikator keausan ini, ban tersebut aus dan sudah saatnya diganti. Selalu gantilah ban saat ban tersebut mencapai sisa kedalaman tapak dua per tiga puluh dua inci (2/32").
Haruskah saya mengganti ban saya sekarang dengan ban berukuran sama?
Jangan pernah memilih ukuran yang lebih kecil dari ban yang ada pada mobil tersebut. Ban harus selalu diganti dengan ukuran yang sama - – atau opsi yang disetujui – seperti yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan atau dealer resmi
Haruskan keseimbangan dilakukan pada ban saya?
Keseimbangan yang baik penting bagi performa kendaraan yang optimal, khususnya kecepatan jalan bebas hambatan yang lebih tinggi saat ini. Jika pemasangan ban dan roda tidak seimbang, vibrasi dapat berasal dari roda dan perakitan yang bergetar (bergoyang dari sisi ke sisi) atau pemasangan roda terasa berat (ban dan roda melompat naik dan turun). Oleh karena itu, penting agar pemasangan ini memiliki keseimbangan statis dan dinamis
Apa itu keselarasan yang baik?
Kendaraan dikatakan selaras dengan baik saat semua suspensi dan komponen kemudi berjalan baik dan saat pemasangan roda dan ban melaju lurus dan benar. Keselarasan yang baik itu perlu agar keausan tapak merata dan kendaraan memiliki ketepatan kemudi. Keausan ban depan dan belakang yang tidak merata, atau perubahan dalam pegangan atau respons kemudi kendaraan Anda (misalnya, tertarik ke satu sisi) dapat mengindikasikan ketidakselarasan. Banyak kendaraan saat ini dilengkapi dengan suspensi bagian belakang yang dapat disesuaikan untuk keselarasan. Kendaraan Anda mungkin perlu keselarasan "bagian depan" atau keselarasan "empat roda", tergantung pada gejala yang Anda alami. Biaya yang tidak mahal untuk menyelaraskan kendaraan Anda akan terbayar dengan jarak tempuh ban, performa, dan kenyamanan.
Berapa tekanan angin yang tepat untuk ban saya?
Produsen kendaraan memilih ukuran dan jenis ban untuk kendaraan mereka. Mereka melakukan pengujian yang diperlukan untuk menetapkan tekanan pengisian angin ban yang mengoperasikan kendaraan secara optimal dan dapat ditemukan pada plakat kendaraan (berada di bagian dalam pintu pengemudi) dan di manual pemilik kendaraan.
Jika ban kendaraan Anda berukuran sama dengan ban perlengkapan asli, pompa ban tersebut pada tekanan yang ditunjukkan oleh plakat tersebut.
Apa pendapat Anda mengenai penggunaan nitrogen pada ban?
Nitrogen adalah gas netral. Nitrogen hanyalah udara kering tanpa oksigen (udara mengandung hampir 79% Nitrogen). Sifat-sifat fisik nitrogen mengurangi hilangnya tekanan yang disebabkan serapan alami material dari ban. Sayangnya, terdapat kemungkinan sumber kebocoran lain (antarmuka velg/ban, katup, antarmuka velg/katup, dan roda), yang tidak menjamin terjaganya tekanan bagi orang yang menggunakan pengisian udara atau nitrogen. Ban yang diproduksi Michelin didesain untuk memberikan performa yang diharapkan dari ban tersebut saat dipompa dengan udara atau nitrogen, selama pengguna mematuhi tekanan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan pada plakat kendaraan atau dari produsen ban. Baik ban dipompa dengan udara ataupun nitrogen, menjaga tekanan dengan teratur tetap penting karena ban yang bertekanan angin kurang menyebabkan:
berkurangnya cengkeraman di jalan
berkurangnya kapabilitas traksi dalam kondisi basah
peningkatan sensitivitas terhadap bahaya jalan
berkurangnya masa pakai ban
meningkatnya konsumsi bahan bakar
berkurangnya usia ban dikarenakan kelebihan panas dari pelenturan yang berlebih
Apa yang harus saya perhatikan saat memeriksa ban?
Selain teratur melakukan perawatan, Anda juga harus memperhatikan kemungkinan masalah yang dapat memengaruhi ban Anda. Inspeksi teratur dapat membantu Anda mencegah masalah ban, dan Anda dapat melaju dengan selamat di jalan.
Saat memeriksa ban, perhatikan:
Keausan tapak yang tidak rata. Ini dapat mencakup keausan yang lebih banyak pada satu sisi tapak daripada tapak lainnya, pola yang berombak, dan keausan rendah, atau kabel baja yang keluar. Keausan yang tidak merata dapat disebabkan oleh masalah seperti tekanan angin kurang, ketidakselarasan, dan keseimbangan tidak tepat.
Pembuat masalah. Periksalah keberadaan kerikil, pecahan kaca, serpihan metal, dan benda asing lainnya yang mungkin terjepit di dalam tapak, dan dengan hati-hati keluarkanlah mereka. Benda-benda ini dapat menyebabkan masalah serius jika terdorong masuk lebih dalam ke ban saat Anda melaju.
Area kerusakan. Retakan, goresan, belahan, tusukan, lubang, dan tonjolan di tapak atau pada sisi ban dapat menunjukkan masalah serius, dan ban mungkin perlu diganti.
Kebocoran perlahan. Ban kehilangan sedikit tekanan angin (sekitar 2 psi) dalam waktu sebulan atau lebih, namun jika Anda harus menambah udara setiap beberapa hari, mintalah ban, roda, dan katup diperiksa – dan jika perlu, perbaiki atau ganti ban tersebut.
Tutup katup. Tutup kecil pada velg katup ban Anda menjaga kelembapan dan kotoran dari luar, jadi pastikan tutup tersebut terpasang di semua ban Anda. Juga, saat Anda mengganti ban, mintalah velg katup baru dipasang pada saat yang sama.
Mengemudi dengan ban rusak dapat berbahaya. Jika Anda melihat sesuatu yang meragukan selama masa inspeksi, mintalah dealer ban Anda memeriksanya. Kapan saja Anda melihat kerusakan pada ban, jangan mengemudikannya – gunakan cadangan jika Anda perlu ke suatu tempat. Dan akhirnya, perhatikan "sentuhan" ban Anda saat Anda mengemudi. Perjalanan yang terasa kasar dapat menunjukkan kerusakan ban atau keausan yang berlebihan. Jika Anda perhatikan vibrasi atau gangguan lainnya saat mengemudi, dan/atau Anda menduga kemungkinan kerusakan pada ban atau kendaraan Anda, segera kurangi kecepatan, mengemudilah dengan hati-hati hingga Anda dapat menepi di jalan dengan selamat dan berhenti, lalu periksalah ban Anda. Jika ban rusak, turunkan ban dan gantilah dengan cadangan Anda. Jika Anda tidak melihat kerusakan apa pun pada ban dan tidak dapat mengidentifikasi sumber vibrasi, bawa kendaraan tersebut ke dealer ban untuk inspeksi menyeluruh.
Kapan saya harus memeriksakan tekanan angin saya?
tekanan angin pada ban, termasuk cadangan, harus diperiksa setidaknya setiap bulan dan selalu sebelum mengemudi jauh. Ban harus diperiksa saat ban dalam kondisi dingin (setidaknya tiga jam setelah kendaraan berhenti dan sebelum dikemudikan lebih dari satu mil atau dua kilometer). Jangan mengurangi tekanan angin saat ban dalam kondisi panas; gunakan pengukur tekanan angin untuk memeriksa tekanan dan menjaganya pada level yang direkomendasikan pada plakat kendaraan ban atau pada manual pemilik kendaraan. tekanan angin kurang menghasilkan peregangan ban yang ekstrem dan meningkatkan panas yang dapat menyebabkan kerusakan ban. tekanan angin kurang atau berlebih dapat secara merugikan memengaruhi pegangan kendaraan. Tekanan ban pada kondisi dingin tidak boleh lebih tinggi dari batas yang dipasang pada dinding samping.
Di mana saya harus memasang ban jika saya hanya membeli dua?
Michelin merekomendasikan mengganti keempat ban pada saat bersamaan, namun jika mengganti hanya dua ban baru, pastikan bahwa ban baru memiliki ukuran & jenis ban yang sama seperti ban saat ini dan dealer selalu memasang ban baru di gandar bagian belakang kendaraan. Klik di sini untuk informasi selengkapnya
Mengapa Menaruh Dua Ban Baru pada Ganda Belakang?
Dibanding ban yang setengah terpakai, ban baru akan memberikan daya cengkeram yang lebih baik di kondisi basah.
Ini akan membantu mengurangi potensi kendaraan meliuk-liuk dan kehilangan kestabilan pada kondisi basah
Penggantian Ban
Di mana saya memasang ban baru jika saya hanya membeli dua?
Michelin merekomendasikan mengganti keempat ban pada saat bersamaan, namun jika mengganti hanya dua ban baru, pastikan bahwa ban baru memiliki ukuran & jenis ban yang sama seperti ban saat ini dan dealer selalu memasang ban baru di gandar bagian belakang kendaraan. Klik di sini untuk informasi selengkapnya
Mengapa Menaruh Dua Ban Baru pada Gandar Belakang?
Dibanding ban yang setengah terpakai, ban baru akan memberikan daya cengkeram yang lebih baik di kondisi basah.
Ini akan membantu mengurangi potensi kendaraan meliuk-liuk dan kehilangan kestabilan pada kondisi basah
Informasi Perusahaan
Silakan daftarkan minat Anda bekerja dengan kami dengan mengirimkan semua hal terkait pekerjaan ke recruitment.ptmi@michelin.com
Saya tertarik untuk bekerja di Michelin, bagaimana selanjutnya?
"Terima kasih atas minat Anda untuk bekerja dengan Michelin Indonesia. Kami saat ini mengiklankan semua posisi kami di bagian karier kami dan kami minta agar Anda mengakses situs ini dan melamar secara khusus untuk posisi yang diiklankan dan memenuhi ketentuan Anda. Jika tidak ada posisi apa pun yang Anda minati, Anda dapat mengirimkan resume Anda ke sini (recruitment.ptmi@michelin.com). Semoga kesuksesan selalu mengiringi langkah-langkah Anda di masa mendatang."
Saya ingin melakukan penelitian mengenai Michelin, siapa yang saya hubungi?
Terima kasih atas minat Anda pada Michelin. Silakan sampaikan proposal penelitian Anda secara tertulis ke alamat berikut.
PT. Michelin Indonesia
Pondok Indah Office Tower 2, Lt. 12
Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA
Jakarta 12310
Saya ingin menjadi dealer resmi ban Michelin. Bagaimana prosesnya?
Terima kasih untuk minat Anda menjadi salah satu dealer kami yang bergengsi. Agar dapat memperoleh informasi untuk menjadi dealer resmi ban Michelin, silakan hubungi Layanan Pelanggan kami di +62 21 2935 3688
Di mana saya dapat membeli Produk Premium Michelin Man?
Tidak semua barang Michelin dapat dibeli di Indonesia. Namun, barang-barang Michelin dapat dibeli secara online melalui Michelin Boutique
Masalah Ban
Dapatkah saya mengemudi dengan ban kempis yang tidak memiliki teknologi run-flat?
Tidak. Michelin tidak merekomendasikan untuk terus mengemudi tanpa ban berteknologi Run Flat. Run-Flat Tire dari Michelin memiliki penguatan dinding samping yang didesain untuk mendukung beban kendaraan seandainya tekanan turun dan memungkinkan kendaraan tetap mengemudi hingga 50 mil (tergantung pada kondisi jalan dan mengemudi) dengan maksimum kecepatan 50 mph. Ban standar tidak memiliki teknologi ini.
Apa itu cedera bahaya jalan?
Kerusakan bahaya jalan adalah kerusakan yang terjadi saat ban tidak berfungsi karena tusukan, memar, atau rusak yang terjadi selama waktu berkendara normal di jalan yang terawat. Paku, kaca, dan lubang adalah contoh bahaya jalan yang paling umum.
Hindari melindas benda-benda (misalnya, lubang, batu, trotoar, metal, dan kaca, dll.) yang dapat menyebabkan kerusakan internal pada ban. Kerusakan internal yang tidak terlihat tanpa melepas ban bisa saja terjadi saat ban melindas suatu benda. Terus menggunakan ban yang mengalami kerusakan internal (dan mungkin tidak terlihat secara eksternal) dapat menyebabkan kerusakan ban yang berbahaya. Dugaan kerusakan internal hanya dapat dibuktikan dengan melepas ban dari velgnya dan diperiksa oleh karyawan ban yang terlatih.
Apa penyebab keausan tapak bagian tengah?
Saat keausan tapak bagian tengah lebih cepat dari permukaan tapak yang berdampingan, kemungkinan penyebabnya antara lain pengisian udara berlebihan untuk beban yang diangkut, lebar velg terlalu sempit, salah pemasangan, tapak halus setelah terputar, praktik rotasi ban yang tidak benar, akselerasi yang agresif, atau tekanan angin kurang untuk jenis ban tertentu, seperti ban performa.
Jika kedalaman tapak pada atau di bawah 1,58 mm (2/32"") pada alur mana pun atau material kawat atau tapak bawah terlihat, ban harus diganti. Jika tapak masih memadai, periksa lebar velg yang tepat dan pemasangan kendaraan serta memeriksa/menyesuaikan tekanan pengisian udara, kemudian rotasi ban agar menjadi aus secara maksimal.
Apa yang dapat menyebabkan ban saya menunjukkan Keausan Bahu Satu Sisi?
Jika bahu tapak pada satu sisi ban menjadi aus lebih cepat dari permukaan tapak yang berdampingan, ini dapat diakibatkan oleh berbagai kondisi, seperti ketidakselarasan bagian depan dan/atau bagian belakang (contohnya, toe atau camber), komponen suspensi yang longgar atau aus, menikung keras, praktik rotasi ban yang tidak benar, salah pemasangan, jalan dengan bagian tengah lebih tinggi (high crown), atau pemasangan tidak seragam.
Jika kedalaman tapak pada atau di bawah 1,58 mm (2/32"") pada alur mana pun atau jika kawat atau tapak bawah kelihatan, ban harus diganti. Jika tapak masih memadai, periksalah apakah ban telah dipasang dengan benar, kemudian rotasi ban agar menjadi aus secara maksimal.
Apa yang dapat menyebabkan ban saya menjadi aus di lebih dari satu tempat di sekelilingnya?
Jika tapak aus di satu atau lebih tempat di sekeliling ban, ini dapat mengindikasikan bantalan/kunci rem, keseimbangan tidak tepat, pemisahan pokok terlokalisasi, komponen suspensi longgar/aus, dudukan/pemasangan bead tidak benar, progresi awal dari sayatan/serpihan/cedera bahaya jalan pada tapak, atau kontaminasi kimiawi. Tekstur permukaan mungkin awalnya telah menunjukkan tanda-tanda abrasi dari ban yang meluncur di jalan, namun permukaan tersebut mungkin telah terjadi karena tampak halus.
Jika ban dengan lokasi rata dipakai dalam penggunaan ganda, pertimbangkan untuk merotasi satu ban 180 derajat sehubungan dengan lokasi yang rata tersebut pada ban yang lainnya.
Jika kedalaman tapak pada atau di bawah 1,58 mm (2/32"") pada alur mana pun atau jika kawat atau tapak bawah kelihatan, ban harus diganti.
Jika penyebab lokasi yang rata tersebut tidak jelas, dealer ban Anda harus menghubungi Departemen Layanan Konsumen kami.
Apa yang menyebabkan muka tapak ban saya memperlihatkan satu tulangan lebih tinggi daripada yang lainnya?
Penampakan berbulu adalah kondisi saat tepi dari setiap tulangan tapak menjadi tepi yang agak bulat pada satu sisi dan tajam pada sisi lainnya. Penyebab paling utama dari kondisi berbulu adalah pengaturan toe-ke dalam yang tidak tepat atau selongsong yang rusak pada suspensi bagian depan. Pengaturan toe harus sedapat mungkin 0 untuk menjadi aus yang optimal.
Ban harus diisi udara sampai pada tekanan yang diindikasikan pada stiker di bagian dalam pintu pengemudi. Produsen kendaraan telah menetapkan bahwa tekanan tersebut optimal untuk beban, berkendara, pegangan, resistansi gulir, dan performa keausan tapak.
Apa yang menyebabkan dinding samping ban saya mulai berubah warna kecokelatan?
Warna kecokelatan pada dinding samping ban Anda bukanlah cacat. Sumber dari perubahan warna ini dapat bervariasi. Satu kemungkinan adalah bahwa ban mengandung bahan anti-ozon pada bahan campuran karetnya guna memperlambat dampak merugikan paparan terhadap ozon di udara. Bahan anti-ozon ini akan berpindah ke permukaan karet dan meninggalkan penampakan debu kecokelatan. Ini sesungguhnya biasa dan secara teknis tidak mengkhawatirkan. Pada waktunya, tergantung pada penggunaan, perubahan warna ini akan lenyap.
Kemungkinan penyebab lainnya adalah debu yang terangkat saat berkendara normal atau debu rem yang dihasilkan dari abrasi pedal rem terhadap rotor rem. Kondisi yang disebutkan terakhir ini lebih umum saat rem baru atau baru-baru saja diganti lapisannya. Dalam semua kasus tersebut, kami menyarankan agar Anda terus membersihkan ban dengan sabun lembut dan air.
Apa yang menyebabkan ban menjadi aus?
Keausan tapak atau harapan masa pakai ditentukan oleh banyak faktor:
Kebiasaan mengemudi dan gaya mengemudi, lokasi geografi, jenis kendaraan, jenis ban, cara kendaraan dirawat, dan cara ban dirawat, dsb.
Akibatnya, harapan jarak tempuh menjadi tidak mungkin ditentukan.
Garansi Terbatas kami meliputi kecacatan dalam pengerjaan dan material untuk masa pakai tapak atau enam tahun dari tanggal awal pembelian, mana saja yang terjadi lebih dulu. Kami tidak memberikan garansi jarak tempuh pada ban yang sejak awal dipasang pada kendaraan Anda.
Kami menyarankan agar Anda meminta ban/kendaraan diperiksa oleh penjual ban yang berpartisipasi di wilayah Anda untuk menentukan adakah kemungkinan masalah mekanis atau perawatan yang dapat berkontribusi pada pola menjadi aus yang cepat atau tidak teratur.
Kepuasaan Anda penting bagi kami. Mintalah dealer menghubungi kami untuk inspeksi ban karena kami bersedia membantu mengatasi masalah Anda
Apa yang menyebabkan Lekukan dinding samping pada ban saya?
Kondisi ini, terkadang disebut pengombakan dinding samping, adalah karakteristik umum konstruksi ban radial yang murni bersifat visual dan tidak akan memengaruhi performa ban. Lekukan ini lebih dapat terlihat pada ukuran ban lapisan radial yang lebih lebar/lebih besar dan menjadi lebih tampak dengan tekanan pengisian udara yang lebih besar. Gabungan material lapisan pada area dinding samping dapat menyebabkan lekukan sedikit atau tampak bergelombang pada permukaan dinding samping ban saat dipompa. Namun, jika terjadi penggembungan alih-alih lekukan yang tampak pada dinding samping ban, atau jika ada pertanyaan mengenai lekukan dinding samping, mohon hubungi dealer ban untuk meminta inspeksi ban.
Apa yang menyebabkan ban saya bersuara keras?
Suara keras paling sering disebabkan oleh pola keausan tidak merata atau tidak teratur yang mulai terjadi pada ban.
Kami menyarankan Anda meminta ban diperiksa oleh penjual ban yang berpartisipasi di area Anda. Untuk mencari dealer di dekat Anda, lihatlah Halaman Kuning pada buku telepon Anda atau gunakan Lokasi Dealer di situs web kami.
Apa yang perlu dilakukan jika saya merasakan vibrasi?
Vibrasi adalah indikasi bahwa mobil Anda memiliki masalah yang perlu diperhatikan. Ban, sistem kemudi, dan sistem suspensi harus selalu dicek untuk membantu menentukan kemungkinan penyebab masalah dan perbaikan terhadap vibrasi tersebut. Jika dibiarkan, vibrasi dapat menyebabkan keausan suspensi dan ban yang berlebihan. Ini dapat berbahaya. Dealer resmi menawarkan diagnosis dan perbaikan dari ahlinya
Garansi
Di mana saya dapat memperoleh informasi garansi untuk produk Michelin?
Informasi garansi tersedia melalui setiap dealer ban resmi Michelin di wilayah Anda. Anda dapat dengan mudah menemukan dealer di wilayah Anda dengan mengunjungi lokasi dealer kami atau klik di sini untuk diarahkan ke halaman garansi kami.