Kembang Ban Terlihat Rapuh

Gejala: Keausan pada Kedua Tepi Ban

editorial mobil infografis keausanpadakeduatepiban tips dan saran

editorial mobil infografis keausanpadakeduatepiban tips dan saran

Diagnostik: Tekanan Ban kurang
  • Mengurangi umur pakai ban karena bertambahnya keausan kembang pada tepi bagian luar (atau bahu) ban.
  • Menghasilkan panas berlebih, yang mengurangi ketahanan ban dan dapat menyebabkan kegagalan ban.
  • Mengurangi efisiensi bahan bakar dengan peningkatan tingkat hambatan gulir.

Solusi:

Tambahkan udara ke ban Anda sampai mencapai tekanan ban yang tepat (psi: diukur dengan alat ukur tekanan ban).

Untuk menemukan tekanan ban yang tepat, bacalah pedoman pemilik kendaraan Anda atau lihat nilai psi yang disarankan pada stiker pintu kendaraan Anda.

 

Gejala: Keausan pada Bagian Tengah dan
Keausan Berlebihan

editorial mobil infografis keausanpadabagiantengah tips dan saran

editorial mobil infografis keausanpadabagiantengah tips dan saran

Diagnostik: Tekanan Ban berlebih
  • Bagian tengah kembang adalah yang paling banyak menanggung beban dan lebih cepat aus daripada tepi luar.
  • Untuk mencegah hal ini, selalu periksa ban dalam kondisi dingin, sebelum berkendara atau minimal tiga jam setelah berkendara.
Solusi:

Keluarkan udara dari ban Anda, menggunakan alat ukur tekanan ban, sampai tekanan ban sesuai dengan nilai psi yang disarankan oleh pabrikan kendaraan Anda.

Untuk menemukan tekanan ban yang tepat, bacalah pedoman pemilik kendaraan Anda atau lihat nilai psi yang disarankan pada stiker pintu kendaraan Anda.

Gejala: Keausan yang Tidak Merata

editorial mobil infografis keausanyangtidakmerata tips dan saran

editorial mobil infografis keausanyangtidakmerata tips dan saran

Diagnostik 1: Penyelarasan Ban yang Tidak Baik

Keausan yang tidak merata pada ban depan dan belakang menandakan bahwa Anda perlu melakukan penyelarasan ban.

Solusi:

Saat ini, banyak kendaraan yang dilengkapi dengan suspensi belakang yang dapat disesuaikan untuk penyelarasan. Dalam hal ini, perlu dilakukan penyelarasan "ban depan" atau penyelarasan "keempat ban", bergantung pada gejala yang Anda alami. Kunjungi dealer ban Anda untuk pemeriksaan.
Selengkapnya tentang penyelarasan

 

Diagnostik 2: Masalah Tekanan Ban Berlebih
  • Bagian tengah kembang adalah yang paling banyak menanggung beban dan lebih cepat aus daripada tepi luar.
  • Untuk mencegah hal ini, selalu periksa ban dalam kondisi dingin, sebelum berkendara atau minimal tiga jam setelah berkendara.

 

Solusi:

Keluarkan udara dari ban Anda, menggunakan alat ukur tekanan ban, sampai tekanan ban sesuai dengan nilai psi yang disarankan oleh pabrikan kendaraan Anda. Untuk menemukan tekanan ban yang tepat, bacalah pedoman pemilik kendaraan Anda atau lihat nilai psi yang disarankan pada stiker pintu kendaraan Anda.

 

Gejala: Bergelombang

editorial mobil infografis bergelombang tips dan saran

editorial mobil infografis bergelombang tips dan saran

Diagnostik 1: Penyelarasan Ban yang Tidak Baik

Keausan yang tidak merata pada ban depan dan belakang menandakan bahwa Anda perlu melakukan penyelarasan ban.

Solusi:

Saat ini, banyak kendaraan yang dilengkapi dengan suspensi belakang yang dapat disesuaikan untuk penyelarasan. Dalam hal ini, perlu dilakukan penyelarasan "ban depan" atau penyelarasan "keempat ban", bergantung pada gejala yang Anda alami. Kunjungi dealer ban Anda untuk pemeriksaan.
Selengkapnya tentang penyelarasan

 

Gejala: Ujung Bergerigi dan Membentuk Pola Berbaris

editorial mobil infografis bergerigi tips dan saran

editorial mobil infografis bergerigi tips dan saran

Diagnostik: Ketidakselarasan

Jika kendaraan tidak sebaris, ujung kembang ban akan bergerigi atau membentuk pola berbaris. Ini disebabkan oleh gesekan yang tidak menentu terhadap badan jalan.

Solusi

Mobil Anda tampaknya membutuhkan koreksi penyelarasan toe-in (mengoreksi posisi roda yang mengarah ke dalam) atau toe-out (mengoreksi posisi roda yang mengarah ke luar). Kunjungi profesional Anda untuk melakukan pemeriksaan.

Gejala: Kerusakan

editorial mobil infografis kerusakan tips dan saran

editorial mobil infografis kerusakan tips dan saran

Diagnostik: Kerusakan Ban yang Membutuhkan Perbaikan
  • Sebagian besar lubang karena tusukan paku atau sayatan hingga ¼ inci yang terbatas pada kembang ban itu dapat diperbaiki oleh profesional ban menggunakan prosedur yang disetujui industri.
  • Metode perbaikan dengan hanya menyumbat itu tidak dapat diandalkan dan berbahaya karena setelah tertusuk paku, bagian dalam ban harus diperiksa.
     
Solusi
  • Perbaikan ban radial (jenis ban pada umumnya) yang tepat meliputi penempatan tambalan karet pada lapisan ban dalam dan pengisian karet pada lubang tersebut.
  • Jangan mencoba untuk memperbaiki ban pada kondisi tusukan kembang ban yang lebih besar dari 1/4 inci atau tusukan pada dinding samping ban lainnya. Dan juga, jangan memperbaiki ban yang telah mengalami keausan di bawah kedalaman kembang 2/32 inci.
  • Ganti ban yang rusak tersebut dengan ban cadangan – tetapi pertama-tama pastikan untuk memeriksa dinding samping ban cadangan untuk tekanan ban, batas kecepatan, dan batas jarak tempuhnya. Bawa kendaraan Anda untuk diperiksa oleh profesional ban.

Gejala: Bilah di Sepanjang Kembang Ban

editorial mobil bilahdisepanjang infografis tips dan saran

editorial mobil bilahdisepanjang infografis tips dan saran

Diagnostik: Ban yang Mengalami Keausan
  • Semua ban memiliki bilah indikator keausan ban pada 2/32 inci dari kembang ban yang tersisa.
  • Ketika kembang ban mengalami keausan sampai batas 2/32 inci atau ketika Anda melihat bilah indikator keausan ban di bagian ban mana pun, menandakan bahwa ban telah aus dan harus diganti.

 

Solusi:

Bawa kendaraan Anda ke profesional ban untuk diperiksa dan minta profesional mengukur sisa kembang ban dengan alat ukur kedalaman kembang ban.

 

Butuh bantuan tambahan?