tyre wear indicator

Bagaimana cara membaca indikator keausan ban?

Tips & Saran untuk ban Mobil, SUV & Van

Memiliki ban yang tepat pada mobil Anda sangat penting agar tetap aman di jalan saat mengemudi. Selain itu, memastikan ban ini dalam kondisi baik merupakan bagian penting dari perawatan mobil rutin untuk dapat berkendara dengan aman. Meskipun beberapa faktor perlu dipertimbangkan saat menilai kondisi ban Anda, mulai dari tanda-tanda keausan hingga kondisi dinding samping ban, salah satu yang paling penting adalah kedalaman alur tapak ban mobil.

DAFTAR PERIKSA: TANDA-TANDA UTAMA KEAUSAN TAPAK BAN

- Tapak yang berada di bawah kedalaman tapak ban minimum yang resmi (1,6mm untuk mobil)
- Terlihat ada sobekan, retakan atau irisan pada dinding samping ban
- Noda atau perubahan warna pada ban
- Tonjolan yang tidak biasa, atau ada bagian dinding samping yang cacat, keausan ban pada bagian luar
- Kawat bead yang terlihat atau rusak
- Tapak yang terpisah, atau ada elemen ban yang terbelah 

Apakah indikator keausan ban itu?

Indikator keausan tapak ban adalah tanda yang ditempatkan secara merata di sepanjang tapak ban, sehingga Anda dapat mengidentifikasi seberapa banyak kedalaman tapak ban yang telah aus. Pada ban MICHELIN untuk mobil penumpang, figur Michelin Man disematkan pada ban untuk memudahkan melihat di mana lokasi indikator kedalaman tapak ban. Dengan cara ini, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi apakah tapak sudah terlalu aus saat memeriksa ban Anda.

tyre wear indicator 1

Pada ban terbaru Michelin, Anda juga dapat menemukan jenis indikator keausan tapak yang inovatif lainnya, seperti Wear2Check.

Setelah ban aus sampai ke tingkat indikator keausan ban, tapak akan berada pada batas keausan tapak yang resmi yaitu 1,6mm, dan harus diganti. 

tyre wear indicator 2

Bagaimana cara memeriksa kedalaman tapak ban menggunakan indikator keausan ban?

Sediakan akses yang mudah ke ban Anda dengan parkir di permukaan datar di ruang terbuka yang luas dengan sedikit lalu lintas, seperti di rumah atau di tempat parkir mobil. Matikan mesin, dan pastikan rem tangan terpasang.

Temukan indikator keausan tapak ban untuk mengetahui apakah Anda telah mencapai batas kedalaman tapak yang resmi. Jika perlu, gunakan pengukur kedalaman tapak untuk secara akurat memeriksa kedalaman tapak saat ini. Ini adalah alat sederhana yang dirancang untuk mengukur tapak ban mobil. Periksa di beberapa tempat, di seluruh ban, kalau-kalau terjadi keausan yang tidak merata. 

tire wear indicator 3

Sementara Anda melakukannya, Anda mungkin juga ingin memeriksa seluruh ban untuk melihat tanda-tanda keausan sesuai dengan yang tercantum dalam daftar periksa di atas – keausan ban dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk di sepanjang bagian tengah dan di bagian yang terpencil.

Anda juga harus memeriksakan ban Anda secara teratur kepada seorang profesional, yang dapat memeriksa bagian dalam untuk mencari tanda-tanda kerusakan dan keausan selain memeriksa bagian luarnya. [TAUTAN ke Alat Pencari Lokasi Dealer]

Lihat juga artikel kami tentang cara memeriksa tapak ban Anda.  

Kapan harus mengganti ban?

Meskipun mungkin tampak seperti ide yang baik untuk mengganti ban Anda ketika mulai aus dan sebelum mencapai batas kedalaman tapak yang resmi, ini mahal, tidak perlu dan dapat berdampak negatif pada lingkungan. Dalam hal ini, Michelin terus berinovasi untuk menawarkan ban yang dapat digunakan dengan aman selama mungkin, hingga batas keausan tapak yang resmi. Berkat teknologi Performa yang Awet dari MICHELIN, masa pakai yang luar biasa panjang dapat digabung dengan performa tingkat tinggi, mulai dari kilometer pertama hingga terakhir.

Namun, begitu ban mencapai kedalaman tapak 1,6 mm, penting untuk mengganti ban sesegera mungkin untuk memastikan keamanan maksimum di jalan, serta tetap mematuhi hukum. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang ban Anda, atau khawatir ban akan cepat aus, pastikan untuk memeriksakan ke seorang profesional sesegera mungkin. 

Knowing when to replace your tires | Michelin Garage

Apa risiko mengemudi dengan kedalaman tapak ban yang dangkal?

Meskipun normal bagi tapak ban untuk aus dan menjadi lebih dangkal seiring waktu, memeriksa kedalaman secara teratur berarti Anda dapat menghindari potensi masalah, terutama jika Anda menemukan ban Anda aus secara tidak normal atau terlalu cepat.

Jika alur pada tapak ban Anda sudah terlalu sedikit (gundul), ini dapat mempersulit ban Anda untuk mencengkeram jalan, dan berpotensi membahayakan Anda dan pengendara lain. Hal ini terutama bermasalah dalam cuaca basah, ketika Anda harus menjaga daya cengkeram di jalan sebanyak mungkin agar tetap dapat mengendalikan kendaraan dan meminimalkan risiko aquaplaning.

Selain mempersulit pengendaraan karena mobil kurang mampu mencengkeram jalan, berkendara dengan ban gundul, yaitu dengan kedalaman tapak di bawah minimum resmi 1,6mm adalah ilegal, dan bisa dikenakan denda.

Apakah ada penyebab umum dari keausan tapak ban yang dini?

Penting untuk diingat bahwa ada juga berbagai jenis keausan tapak ban, tergantung pada penyebabnya. Berikut adalah ikhtisar lengkap tentang penyebab umum dan berbagai jenis keausan dini pada tapak ban:

• Ban yang kurang tekanan udara : menyebabkan keausan ban yang tidak merata di bagian tepi luar 
• Ban yang terlalu banyak tekanan udara : menyebabkan keausan dini pada bagian tengah ban
• Penyetelan kamber yang tidak tepat : membuat ban menjadi aus pada bahu bagian dalam atau luar pada tapak

Ketika ini terjadi, pergilah ke bengkel terdekat untuk mendapatkan saran profesional.

banner dealer locator

Temukan toko ban terdekat Anda dengan cepat

Pencarian berdasarkan
Alamat, Kota atau Kode Pos
Car
  • Car
  • Motorbike
Temukan saya
Cari

Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah keausan tapak ban dan memperpanjang umur ban saya?

Sebagai pengemudi, Anda sebenarnya memiliki cukup banyak kendali dalam hal seberapa cepat ban Anda aus. Itulah sebabnya Anda harus mengingat beberapa faktor penting saat mengemudi, untuk membuat ban Anda awet selama mungkin.

Salah satu elemen kuncinya adalah memastikan tekanan yang tepat untuk beban mobil dan tidak melebihi kapasitas beban maksimum yang disarankan oleh produsen mobil Anda, karena hal ini dapat memberikan tekanan berlebihan yang tidak perlu pada ban Anda. Informasi ini tersedia di katup tangki bensin Anda, pada label di pintu pengemudi, di buku manual mobil Anda atau buku panduan dari produsen mobil.

Saat mengemudi, Anda harus menghindari pengereman mendadak atau akselerasi terlalu cepat, serta menghindari mengemudi dengan cepat melewati rintangan yang mungkin berdampak pada ban Anda seperti lubang, gundukan kecepatan (polisi tidur), dan trotoar. Terakhir, Anda harus secara teratur memeriksa kondisi mobil Anda, memastikan ban dipompa dengan benar dan roda juga dalam keadaan selaras.

Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini