liv img mich primacy4plusdry 20210922 v06 newbackplate

Daur ulang ban mobil

Tips & Saran untuk ban Mobil, SUV & Van

Ingin tahu apa yang terjadi pada ban lama Anda setelah Anda menggantinya? Di bawah ini kita akan membahas realita di balik daur ulang ban mobil dan bagaimana Michelin bekerja untuk mempromosikan daur ulang mereka, sambil terus berusaha untuk mengurangi dampak lingkungan dari produknya sendiri.

Apakah ban mobil dapat didaur ulang?

  Baik Anda mengemudi dalam perjalanan ke kantor sehari-hari atau melakukan perjalanan lintas alam yang heboh di akhir pekan, setelah cukup lama di jalan, ban mobil Anda akhirnya mulai menunjukkan tanda-tanda keausan. Setelah ban Anda mencapai kedalaman tapak 1,6 mm, Anda harus menggantinya untuk memastikan keamanan yang maksimum di jalan, serta tetap mematuhi hukum.

Terkadang Anda mungkin perlu menggantinya lebih cepat karena ada kerusakan, tusukan... Pembuangan ban mobil ini menyebabkan sekitar 30 juta ton ban [1] diganti dan berpotensi dibuang setiap tahun, di seluruh dunia!

Tetapi bagaimana jika kami beri tahu Anda bahwa ban mobil dapat didaur ulang? Industri ban sebenarnya adalah salah satu sektor yang paling maju dalam pengelolaan produk di akhir masa pakainya. Sekitar 88% [2] ban yang sudah habis masa pakainya kini dikumpulkan, dan sebagian besar di antaranya dapat dipulihkan kembali, dan ini cukup mengesankan jika Anda mempertimbangkan bahwa hanya 14% dari kemasan plastik [2] yang dapat dikonversikan melalui daur ulang. 

Sebelum fase daur ulang ban, Michelin juga mengambil tindakan di setiap tahap dalam siklus hidup produknya untuk mengurangi dampak lingkungan.

cycle de vie

Terbuat dari apa ban mobil itu? 

Meskipun kelihatannya sederhana, ban mobil sebenarnya terbuat dari 200 lebih bahan yang berbeda-beda. Antara lain termasuk karet alam dan karet sintetis, karbon hitam dan silika, bahan pengisi sebagai penguat, penguat untuk baja dan tekstil, dan bahan-bahan kimia.

Bagaimana struktur dari ban mobil?

Sebagian besar ban mobil terdiri dari berbagai lapisan yang berbeda, yang menambah tingkat kerumitan lain pada proses daur ulang ban, karena produsen seperti Michelin berupaya mengembangkan metode dan teknologi baru yang inovatif untuk memfasilitasi penggunaan kembali semua elemen yang berbeda ini. Lapisan ban mobil ini biasanya mengintegrasikan karet sintetis, kawat serat tekstil, kawat logam, ...

microsoftteams image 10

Bagaimana cara kerja daur ulang ban mobil?

Proses daur ulang ban karet sering dimulai di dealer, saat Anda membawa mobil Anda untuk mengganti ban lama yang sudah aus. 

Anda juga dapat membawa ban ke pabrik daur ulang ban, atau pusat daur ulang limbah rumah tangga. Namun, mungkin ada batasan berapa banyak yang dapat Anda bawa, dan Anda mungkin juga akan dikenakan biaya.

Michelin secara aktif berkontribusi pada pengembangan industri daur ulang ban dengan terlibat dalam sistem pengumpulan ban di banyak negara, di seluruh dunia.

Grup Michelin berinvestasi dalam daur ulang ban dan bekerja sama dengan para mitranya untuk mengembangkan teknologi terobosan yang inovatif guna mengubah ban yang sudah aus menjadi bahan baku yang diregenerasi.

  • Enviro: teknologi pirolisis yang digunakan untuk memulihkan bahan seperti karbon hitam, minyak, dan gas.
  • Lehigh Technologies: sebuah teknologi yang memungkinkan daur ulang produk karet yang sudah habis masa pakainya menjadi produk karet mikronisasi.
  • Michelin mengoordinasikan atau berkontribusi pada program penelitian seperti BlackCycle, yang bertujuan untuk mengembangkan rantai nilai penuh mulai dari bahan baku ban yang telah habis masa pakainya hingga bahan baku sekunder (bersama dengan 7 mitra industri, 5 organisasi riset & teknologi (RTO) dan kluster inovasi yang mencakup 5 negara).

End-of-life recycling solution

Daur ulang ban di dekat Anda 

Hubungi dewan kota setempat Anda untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang daur ulang ban di dekat Anda. Beberapa negara memiliki database online di mana Anda dapat menemukan pusat daur ulang terdekat yang menawarkan fasilitas pembuangan ban mobil.

Butuh ban baru? Temukan dealer ban MICHELIN di dekat Anda :

banner dealer locator

Temukan toko ban terdekat Anda dengan cepat

Pencarian berdasarkan
Alamat, Kota atau Kode Pos
Car
  • Car
  • Motorbike
Temukan saya
Cari

Mengapa daur ulang ban mobil penting? 

Pembuangan ban mobil melalui daur ulang atau daur ulang ban mobil hanyalah salah satu dari banyak cara yang dapat kita lakukan bersama untuk mengurangi jejak lingkungan dari siklus hidup ban, yaitu mulai dari tahap manufaktur hingga akhir masa pakainya.

Michelin menggunakan prinsip-prinsip desain ramah lingkungan untuk membatasi dampak lingkungan dari ban-bannya di setiap tahap dalam siklus hidupnya, mulai dari pasokan bahan baku dan produksi hingga tahap penggunaan dan daur ulang.

Sebagai bagian dari pendekatan “Semua Berkelanjutan”, Michelin mengambil tindakan dalam industri ini bersama para pemangku kepentingan dan mitra industrinya untuk mempromosikan daur ulang ban sambil terus berupaya mengurangi dampak lingkungan dari produknya. Pada tahun 2050, Michelin bertujuan untuk membuat ban yang terbuat dari 100% bahan yang berkelanjutan, sekaligus meningkatkan efisiensi energi ban sebesar 10% pada tahun 2030 dibandingkan dengan tahun 2020.

Reducing its impact doesn’t just stop there – Michelin is also optimising transport logistics,  designing tyres that reduce fuel and energy consumption, just like the MICHELIN e·PRIMACY tyre,  and working with other manufacturers to develop cutting-edge new recycling processes that will help transform waste into raw materials.

Mengurangi dampak tidak hanya berhenti di situ – Michelin juga mengoptimalkan logistik transportasi, dengan merancang ban yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan energi, seperti ban MICHELIN e.PRIMACY, dan bekerja sama dengan produsen lain untuk mengembangkan proses daur ulang baru yang mutakhir yang akan membantu mengubah sampah menjadi bahan mentah.

Pendekatan ekonomi sirkular ini mengikuti pendekatan 4R Michelin: Reduce, Reuse, Recycle and Renew, atau Kurangi, Gunakan Kembali, Daur Ulang, dan Perbarui.

actu economie circulaire 4r 1040x400 en

Dengan meningkatkan kesadaran dan membantu membatasi dampak lingkungan yang terkait dengan ban yang telah habis masa pakainya, Michelin bertujuan untuk mengembangkan sektor daur ulang ban di seluruh dunia. Di Chile misalnya, Michelin membangun pabrik  daur ulang ban alat berat yang pertama, yang akan menawarkan pengalaman menyeluruh, yaitu mengumpulkan ban bekas dan menggunakan kembali bahan yang telah diregenerasi. 

Ketahui lebih lanjut tentang strategi Mobilitas dan Pengembangan yang Berkelanjutan Grup Michelin, yang bertujuan menjadikan Michelin salah satu perusahaan paling inovatif, bertanggung jawab, dan berkinerja tinggi di seluruh dunia dalam semua bidang tanggung jawabnya: ekonomi, lingkungan, sosial, dan kemasyarakatan di michelin.com.

SUMBER REFERENSI

[1] Referensi: Penelitian oleh Deloitte – TIP 2019 – 45 negara
[2] “Global ELT Management – A global state of knowledge on regulation, management systems, impacts of recovery and technologies”, WBCSD & Proyek Industri Ban

Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini