Kapan saya harus mengganti ban sepeda motor saya?

Kapan saya harus mengganti ban sepeda motor saya?

Keamanan Anda adalah hal yang utama: Periksa ban Anda

Ban dalam kondisi buruk dapat merusak performa kendaraan Anda dan bahkan membahayakan keamanan Anda atau orang-orang yang Anda sayangi. Direkomendasikan agar Anda melakukan pemeriksaan mingguan untuk memeriksa:

  • kondisi ban
  • kedalaman kembang
  • semua kerusakan yang disebabkan oleh pemakaian yang tidak wajar dan periksalah tekanan ban Anda dua kali dalam sebulan.

Jika ragu, minta saran para pakar!

Enam alasan untuk mengganti ban Anda

 

1. Ban mengalami kebocoran

Ban bersifat tahan lama dan dirancang untuk dapat menahan sejumlah benturan tertentu, tetapi terkadang ban dapat mengalami kebocoran. Jika terjadi ban kempis, ban harus diperiksa oleh mekanik profesional. Hanya seorang profesional yang dapat memastikan bahwa bagian dalam ban tidak mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

2. Batas legal keausan kembang ban telah tercapai

Simbol Michelin Man pada sisi atas ban Anda menunjukkan lokasi indikator keausan kembang ban. Mirip simbol tercetak, simbol ini dapat ditemukan di bagian bawah alur utama.

Ketika karet tersisa telah mengalami keausan sampai ke level ini, ban telah mencapai batas pemakaian legal 1 mm. Michelin sangat menyarankan untuk mengganti ban Anda sebelum sampai ke tahap ini. Melewati titik ini, keamanan Anda tidak dapat dijamin, begitu juga halnya dengan daya cengkeram atau performa, terutama di permukaan jalan basah.

3. Ban menunjukkan tanda-tanda keusangan

Sulit untuk memperkirakan umur pakai ban karena tidak terkait dengan tanggal produksinya. Ban yang tidak pernah digunakan, atau jarang digunakan, tetap dapat menunjukkan tanda-tanda keusangan. Banyak faktor yang dapat memengaruhi umur pakai ban: kondisi cuaca, kondisi penyimpanan dan penggunaan, beban, kecepatan, tekanan ban, perawatan, gaya berkendara.

Michelin menyarankan agar semua pengendara meluangkan waktu untuk memeriksa ban mereka secara teratur untuk melihat tanda-tanda keusangan atau keausan eksternal: perubahan bentuk atau retak di kembang ban, di bahu, atau sisi ban.
Ban Anda juga harus diperiksa oleh profesional yang dapat menentukan apakah ban tersebut harus diganti atau tidak.

Tes 5 tahun. Sebelum terlambat!

Setelah digunakan selama 5 tahun atau lebih, ban harus diperiksa setiap tahunnya oleh mekanik profesional. Jika ban harus diganti, ikuti rekomendasi pabrikan terkait penggantian komponen asli. Untuk pencegahan, semua ban yang belum diganti setelah digunakan selama sepuluh tahun itu harus diganti, meskipun jika ban terlihat dalam kondisi baik dan belum mencapai batas keausan kembang ban.

4. Ban rusak

Trotoar, lubang, atau benda tumpul dapat menyebabkan kerusakan serius pada ban. Semua koyakan, sobekan, atau perubahan bentuk pada ban harus diperiksa dengan cermat oleh mekanik profesional. Hanya seorang profesional yang dapat memastikan apakah ban tersebut dapat diperbaiki.
Sebagai aturan umumnya, jangan berkendara dengan menggunakan ban rusak atau kempis.

Kapan ban dikatakan rusak permanen?

  1. Berlubang pada sisi ban
  2. Perubahan bentuk atau bundelan kawat (bead) menjulur keluar
  3. Karet kembang ban lepas atau cacat
  4. Keausan yang menyebabkan lapisan benang atau karkas ban terlihat di bagian bawah atau sisi ban
  5. Kerusakan yang disebabkan oleh oli atau zat korosif
  6. Retak atau goresan pada bagian dalam yang disebabkan oleh berkendara dengan tekanan ban yang kurang.

 


5. Ban menunjukkan pola keausan yang tidak biasa

Keausan kembang ban yang tidak wajar - terpusat di area tertentu, di bagian tengah atau bahu - seringkali merupakan tanda adanya masalah mekanik (peredam kejut, transmisi, baut mengalami keausan …) atau masalah keseimbangan. Ini juga bisa ditimbulkan akibat tekanan ban yang tidak tepat.

Untuk mencegah keausan yang tidak biasa, periksa keseimbangan roda kendaraan Anda setiap enam bulan sekali. Ini dapat memperpanjang umur pakai ban Anda dan menjadikan berkendara terasa lebih nyaman. Selain itu, keausan pada ban Anda mungkin tampak tidak sebanding dengan jarak tempuhnya ketika dibandingkan dengan sepeda motor lain yang dikendarai dalam kondisi yang sama persis.

Jika ini terjadi, hubungi spesialis ban Anda.

6. Ban yang tidak sesuai untuk kendaraan Anda

Pilihlah ban yang sesuai dengan aturan dan jenis peralatan yang disarankan untuk kendaraan Anda. Untuk kinerja optimal, gunakan ban yang memiliki pola kembang yang sama untuk ban depan dan belakang. Ban yang memiliki desain, pola kembang, dan keausan berbeda dapat memengaruhi keseimbangan dan kestabilan kendaraan. Jangan pernah menggabungkan ban radial dengan ban nonradial kecuali apabila ditentukan oleh pabrikan.

Ketika tiba saatnya mengganti ban Anda, lihat selektor ban kami atau berkonsultasi dengan salah satu spesialis kami untuk memastikan Anda memilih ban yang tepat.

 

Butuh bantuan tambahan?