Ban radial atau bias?

Ada banyak keragaman di dunia sepeda motor dan skuter. Michelin menciptakan dua jenis ban untuk memastikan agar selalu tersedia pilihan bagi setiap orang: ban bias (atau diagonal) dan ban radial.

edito motor motor kartu kredit bantuan dan saran

edito motor motor kartu kredit bantuan dan saran

Ban Bias (atau diagonal)

Karkas (casing) ban bias terbuat dari lapisan jalinan kawat yang membentuk sudut. Lapisan kawat diletakkan sedemikian rupa sehingga kawat membentuk pola bersilangan. Keseluruhan struktur seragam di seluruh bagian; mahkota dan dinding karet ban memiliki struktur mekanik serupa.

gambar motor ban radial bantuan dan saran

gambar motor ban radial bantuan dan saran

Ban Radial

Dengan konstruksi radial, lapisan kawat tersebar di seputar poros ban. Selain itu, mahkota ban terbuat dari lapisan yang membentuk sabuk. Hasilnya, mahkota dan dinding karet ban memiliki karakteristik khusus tersendiri.

Dua jenis ban untuk performa khusus

Karena dinding sampingnya yang lembut, mahkota ban radial menempel pada badan jalan saat bersentuhan. Jejak ban radial lebih pendek tetapi lebih lebar daripada ban bias, memberikan daya cengkeram tambahan ketika melewati tikungan tajam. Tekanan udara yang bersentuhan dengan permukaan ban didistribusikan lebih efektif pada ban radial, yang menghasilkan keausan yang lebih merata dari waktu ke waktu.

Ban radial juga memberikan kenyamanan yang lebih baik pada kecepatan yang lebih tinggi, hal ini disebabkan oleh dinding samping ban radial yang lembut, yang menyerap tumbukan permukaan jalan yang tidak sempurna. Di sisi lain, ban bias mampu mengangkut beban lebih besar karena dinding samping ban bias lebih kokoh. Pada kecepatan tinggi, ban bias dapat mengalami perubahan bentuk sedemikian rupa sehingga memengaruhi kinerjanya. Pada intinya, ban bias sesuai untuk kendaraan yang melaju dengan kecepatan sedang, dengan ukuran mesin kecil hingga menengah dan sasis yang fleksibel. Ban bias juga cocok untuk sepeda motor kelas berat atau yang mengangkut beban berat. Ban radial dibutuhkan untuk kendaraan yang lebih bertenaga dengan sasis yang sangat kokoh dan untuk tujuan berkendara yang bersifat sport. Ban radial memungkinkan Anda untuk mencapai peringkat kecepatan ZR, di atas 240 km/jam.

 

Butuh bantuan tambahan?