Kapan Saya Harus Memeriksa keselarasan Ban Saya?

Jika Anda menyadari bahwa kendaraan Anda bergerak menarik ke arah kiri atau kanan secara signifikan ketika Anda berkendara di jalan yang lurus, jalanan yang rata dengan sedikit angin yang bertiup berlawanan arah, atau ban Anda mengalami keausan yang tidak normal, maka Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian terhadap keselarasan ban Anda. Oleh sebab itu, Anda harus membawa kendaraan Anda ke dealer ban Michelin atau bengkel yang bereputasi baik untuk diperiksa keselarasan rodanya. Ini adalah proses yang mudah, yang mungkin hanya memerlukan sedikit penyesuaian pada komponen suspensi depan dan belakang. Jika roda kendaraan Anda tidak diselaraskan dengan baik, ini dapat menyebabkan keausan yang tidak wajar pada ban.
Harap diperhatikan bahwa Penyelarasan roda juga bisa disebut sebagai penyelarasan suspensi.

Periksa selalu keselarasan roda kendaraan Anda saat:

  • Kendaraan Anda membentur sesuatu (misalnya trotoar atau bahaya besar di jalan).
  • Anda menyadari bahwa ban Anda mengalami keausan yang tidak wajar atau tidak merata.
  • Anda mengalami masalah pada pengemudian atau pengendalian, seperti:
    • Kendaraan Anda bergerak menarik atau miring ke satu sisi.
    • Roda kemudi sulit untuk kembali ke posisi semula setelah berbelok.
    • Roda kemudi tetap miring ketika berkendara di jalan yang lurus.
  • Ketika Anda membeli sepasang ban baru dan ingin agar ban tersebut dapat bertahan selama mungkin.
  • Kapan Anda mengganti komponen suspensi atau kemudi.

 

Mengapa penyelarasan roda itu penting?

Penyelarasan roda dapat memengaruhi jumlah keausan yang dialami ban. Keselarasan normal pada sebagian besar kendaraan itu dirancang untuk meminimalkan kerusakan dan memaksimalkan kenyamanan pengendara dan penumpang. Menyelaraskan keempat roda akan mengurangi keausan pada ban Anda, membantu meningkatkan umur pakai dan kinerja ban, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.  Ini juga akan meningkatkan pengendalian dan keamanan berkendara dengan mengurangi masalah pada sistem pengemudian dan stabilitas kendaraan.



Penyelarasan roda (spooring) versus penyeimbangan roda (balancing)?

Orang-orang seringkali bingung membedakan antara penyelarasan roda (spooring) dan penyeimbangan roda (balancing). Keduanya sangat berbeda. Penyelarasan roda, atau terkadang disebut juga tracking, merupakan penyesuaian sudut roda kendaraan agar sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh pabrikan kendaraan. Di sisi lain, penyeimbangan roda memungkinkan roda berputar tanpa menimbulkan getaran yang tidak perlu.

Mengapa ketidakselarasan roda dapat terjadi?

Ketidakselarasan roda dapat terjadi ketika kendaraan membentur trotoar atau berkendara melintasi jalan berlubang, dan juga beberapa keadaan yang lebih parah seperti kecelakaan, yang dapat menyebabkan ketidakselarasan suspensi kendaraan. Ketidakselarasan roda juga dapat terjadi karena komponen suspensi yang mengalami keausan atau ketika komponen tersebut diganti. Jika terjadi ketidakselarasan roda, keausan ban dapat terjadi dengan cepat, terutama di tepi ban, dan juga dapat merugikan pengendalian kendaraan. Ini hampir dapat dipastikan bahwa Anda harus mengganti ban lebih cepat dari perkiraan.

 

Ketidakselarasan ban sekecil apa pun dapat menimbulkan masalah

Tujuan dari penyelarasan roda adalah memberikan pengendalian kendaraan yang optimal dan untuk memaksimalkan umur pakai ban.

Alasan utama melakukan penyelarasan roda adalah:

  • Ini dapat menghemat uang Anda, karena penggantian ban lebih jarang diperlukan.
  • Ban Anda akan lebih awet.
  • Pengendalian kendaraan Anda akan dioptimalkan.
  • Berkendara menjadi lebih mulus dengan berkurangnya tahanan guling.

 

editorial mobil penyebarisan roda sedikit tips dan saran

editorial mobil penyebarisan roda sedikit tips dan saran

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelaraskan kembali ban saya dan berapa biayanya?

Sebagian besar masalah penyelarasan roda depan dan belakang dapat diselesaikan dalam waktu 30 menit. Gunakan Alat Pencari Lokasi Dealer Ban Michelin untuk menemukan dealer terdekat Anda untuk mengetahui besaran biayanya. Penyelarasan roda adalah semua tentang pemeriksaan pengaturan arah dan sudut roda agar sesuai dengan spesifikasi pabrikan kendaraan Anda. Meskipun Anda mungkin pernah mendengar istilah seperti toe in, toe out, kamber positif atau kamber negatif, penyelarasan roda itu sendiri tidaklah rumit. Kenyataannya, menyesuaikan keselarasan roda adalah pekerjaan yang sangat mudah.

Bagaimana cara menyelaraskan roda?

Memperbaiki keselarasan roda meliputi penyesuaian sudut roda sehingga sesuai dengan spesifikasi toe in / toe out dan kamber. Tiga penyesuaian utama yang dapat dilakukan dalam penyelarasan roda adalah kamber, kaster, dan toe.

Editorial mobil skema penyebarisanroda tips dan saran

Editorial mobil skema penyebarisanroda tips dan saran

Kamber

Kamber adalah sudut kemiringan roda terhadap garis vertikal jika dilihat dari bagian depan kendaraan. Jika sudut kemiringan terlalu besar, akan menimbulkan keausan ban yang tidak merata.

  • Kamber positif terjadi ketika bagian atas roda miring ke arah luar mobil. Kamber positif yang terlalu besar menyebabkan keausan lebih banyak terjadi di tepi luar ban.

  • Kamber positif terjadi ketika bagian atas roda miring ke arah dalam mobil. Kamber negatif yang terlalu besar menyebabkan keausan lebih banyak terjadi di tepi dalam ban.

Sudut kamber dirancang dan disesuaikan untuk setiap kendaraan guna mengoptimalkan perilaku ban di jalan lurus dan di belokan. Jika terdapat terlalu banyak perbedaan antara sudut kamber roda depan, kendaraan akan cenderung bergerak menarik ke satu sisi.

editorial mobil skema penyebarisanroda tips dan saran

editorial mobil skema penyebarisanroda tips dan saran

Toe

Toe menunjukkan ke arah mana ban itu mengarah relatif terhadap garis tengah kendaraan. Toe biasanya didefinisikan sebagai perbedaan jarak antara bagian depan roda dan bagian belakang roda pada poros yang sama.

 

Pengaturan toe memengaruhi karakteristik pengendalian dari kendaraan dan stabilitas garis lurusnya.

  • Toe-in adalah ketika bagian depan roda pada poros lebih dekat daripada bagian belakang roda. Jika terlalu banyak toe-in, kembang ban cenderung mengalami keausan di tepi luar. Keausan kembang juga akan membentuk pola berbaris, yang dapat dirasakan dengan menyentuhkan tangan di sepanjang kembang ban.

  • Toe-out adalah ketika bagian belakang roda pada poros lebih dekat daripada bagian depan roda. Jika terlalu banyak toe-out, kembang ban cenderung mengalami keausan di tepi dalam. Keausan kembang juga akan membentuk pola berbaris, yang dapat dirasakan dengan menyentuhkan tangan di sepanjang kembang ban.

 

Butuh bantuan tambahan?