Sejauh menyangkut pengemudi, penanganan di jalan terutama diukur dari sejauh mana kendaraan merespontindakan pengemudi. Semuanya harus berjalan lancar, konsisten dan tanpa kejutan.
Untuk produsen mobil, penanganan di jalan adalah salah satu aspek utama dari kinerja. Terkait dengan keselamatan dan kenikmatan berkendara, kinerja di bidang ini merupakan faktor penentu untuk persetujuan ban. Memang, ini adalah salah satu kinerja yang paling banyak dikomentari oleh para profesional (pemimpin opini dan di acara pers), serta oleh pengemudi.
Pengembangan dalam penanganan ini sangat kompleks karena tergantung pada berbagai faktor dan dalam tiga tingkat yang berbeda, yaitu:
• kendaraan (geometri dan distribusi berat),
• elemen yang terlibat dalam kontak ke tanah/kendaraan (ban, kemudi, dan suspensi),
• sistem bantuan mengemudi (pengendalian stabilitas dan poros kemudi).
Ban memainkan peran kunci dalam penanganan di jalan karena posisinya di ujung rangkaian ini memastikan transmisi gaya antara kendaraan dan tanah untuk mempertahankan lintasan yang ditentukan oleh pengemudi
Performa penanganan ban dinilai melalui sejumlah tes (objektif dan subjektif, di tanah kering, basah, dan di mesin).
Penanganan di jalansebagian besar dapat diperbaiki dengan melakukan geometri. Namun jika terjadi benturan yang besar, bagian mekanik kendaraan bisa terkena dampak dan rusak.