r3a1 header def

Apa yang harus dilakukan dengan ban kempes?

Tips & Saran untuk ban Mobil, SUV & Van

Jika Anda mengalami ban kempes, itu mungkin karena beberapa alasan. Seringkali, kehilangan tekanan udara adalah akibat dari tusukan pada ban, atau kerusakan pada dinding samping ban, tetapi bisa juga karena kebocoran pada katup, tutup katup atau bahkan roda. Jadi apa yang harus Anda lakukan ketika ban Anda kempes? Mari kita ke inti masalahnya.

Bagaimana saya tahu penyebab ban kempes adalah tusukan pada ban?

Ban kempes mungkin terkena tusukan atau kebocoran. Tusukan atau kebocoran mungkin disebabkan oleh paku, benda asing tajam yang Anda lewati, benturan pada dinding samping atau katup yang bocor.

Tanda-tanda bahwa ban Anda mungkin mengalami tusukan atau kebocoran:

● Kemudi yang lambat atau berat
● Terasa tarikan pada mobil saat berjalan perlahan
● Ada tarikan yang terus menerus ke satu arah
● Meningkatnya kebisingan dari satu ban saat menikung
● Peringatan dari sistem pemantauan tekanan ban
● Mobil tidak terasa rata saat Anda duduk
● Ban terlihat tidak normal saat diam di tempat

46129044 m

Dalam hal ini, Anda disarankan untuk mengganti ban Anda (atau bawa ke bengkel) dan menunjukkan ban Anda yang bocor ke seorang profesional.

Apakah mengemudi dengan ban kempes aman?

Tidak. Ban yang bocor, berapa pun ukuran kebocorannya, harus diperiksa oleh ahli yang berkompeten. Tidak aman untuk mengisi ulang ban yang rusak karena berisiko pecah ban dan terjadi pengempisan yang cepat saat Anda berada di dekatnya. Mengemudi dengan ban yang rusak dapat membahayakan diri Anda, penumpang Anda, dan pengguna jalan lainnya karena mobil tidak dapat ditangani secara normal dan ban dapat pecah.

map search desktop

Temukan toko ban terdekat Anda dengan cepat

Pencarian berdasarkan
Alamat, Kota atau Kode Pos
Car
  • Car
  • Motorbike
Temukan saya
Cari

Kerusakan dinding samping ban

Kerusakan kecil pada tapak, yang jauh dari bahu dan dinding samping ban, seringkali dapat diperbaiki.

Tetapi ketika terjadi tusukan atau robekan di dekat atau di dinding samping, perbaikan kecil tidak dapat dilakukan. Dalam situasi seperti itu, untuk memastikan bahwa ban dapat diservis, harus dilakukan perbaikan pada dinding samping, yang disebut sebagai Reparasi besar, untuk memastikan bahwa dinding samping telah cukup diperkuat tetapi tetap fleksibel. Seringkali perbaikan semacam ini tidak ekonomis untuk ban mobil dan tidak banyak dealer ban yang memiliki peralatan yang diperlukan.

Oleh karena itu, mungkin lebih baik untuk mengganti ban Anda dengan yang baru.

Perbaikan ban mobil hanya boleh dilakukan oleh teknisi yang kompeten. Bengkel mungkin menolak untuk memperbaiki ban Anda karena sejumlah alasan seperti jika mereka menduga ban mobil telah dikendarai dalam kondisi kurang angin.

Ada sejumlah alasan tambahan mengapa ban tidak dapat diperbaiki. Jika Anda menemukan salah satu dari kondisi ini, ban Anda tidak bisa diperbaiki dan perlu diganti:

● Kedalaman tapak kurang dari 1,6 mm di ¾ bagian tengah lebar tapak
● Ada kerusakan atau kelemahan struktural atau pada bead (tepi ban), termasuk korosi internal yang disebabkan oleh uap air yang masuk melalui robekan.
● Karet yang sudah tua
● Ada beberapa tusukan sebelumnya

Saya terkena ban kempes tapi tidak bocor atau rusak

Dalam hal ini, mungkin ada katup atau roda yang bocor atau bisa jadi ban Anda membutuhkan perawatan yang lebih rutin. Wajar jika ban kehilangan sedikit tekanan udara seiring waktu. Sebagai bagian dari pemeriksaan berkala, tekanan udara dapat diisi ulang dari waktu ke waktu, asalkan tekanan tersebut tidak turun cukup banyak untuk menyebabkan kerusakan pada ban.

Disarankan bahwa tekanan udara ban harus diperiksa setidaknya setiap bulan dan sebelum melakukan perjalanan jauh. Pemeriksaan tersebut juga mengidentifikasi jika ada perubahan tingkat kehilangan tekanan udara yang mungkin memerlukan penyelidikan.

tyre pressure

Namun, jika tidak dikelola, kehilangan tekanan pada akhirnya dapat menyebabkan ban kekurangan udara yang signifikan, dan ini menyebabkan beberapa risiko sebagai berikut:

● Tekanan udara yang rendah memperpendek umur tapak dengan meningkatkan tingkat keausan secara umum tetapi khususnya pada tepi luar (atau bahu) ban.
● Tekanan udara yang rendah juga dapat menyebabkan kelenturan berlebih dan panas berlebih, yang meningkatkan tingkat keausan karet dan juga melemahkan struktur ban.
● Tekanan udara yang rendah dapat memengaruhi penanganan dan performa, misalnya saat pengereman berat, terutama dalam cuaca basah.
● Tekanan udara yang rendah meningkatkan konsumsi bahan bakar karena meningkatkan hambatan gelinding ban, yang berarti akan lebih sering berhenti di SPBU dan biaya bahan bakar lebih tinggi.

Untuk menghindari masalah ini, penting untuk memeriksa tekanan ban Anda secara teratur, apa pun jenis kendaraan yang Anda kendarai.

Ban apa yang bisa mencegah tusukan?

Ban Michelin dengan Teknologi Selfseal® dapat menghindari kehilangan tekanan akibat tusukan pada tapak dan dengan segera menutup lubang pada tapak dengan diameter kurang dari 6mm. Ini dapat melindungi ban selama waktu terbatas, sampai tusukan itu dapat diperbaiki.

Ban MICHELIN ZP ditandai dengan logo ZP di dinding sampingnya. Ban jenis ini memiliki dinding samping yang diperkuat untuk dapat menopang beban selama jangka waktu terbatas jika terjadi kehilangan tekanan pada ban.

Dengan ban MICHELIN ZP Anda dapat terus berkendara, tetapi dengan kecepatan maksimum 50mph dan hingga jarak maksimum 80 km, agar Anda dapat menemukan dealer untuk memperbaiki atau mengganti ban. Jika ada lebih dari satu ban yang bocor, Anda jangan melanjutkan berkendara.

Ketahui lebih lanjut tentang ban anti bocor (ban Runflat).

Anda menggunakan browser web yang tidak didukung
Anda menggunakan browser situs web yang tidak didukung oleh situs web ini. Ini berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan perilaku aneh saat melakukan pencarian. Gunakan atau tingkatkan/instal salah satu browser berikut untuk mengoptimalkan penggunaan situs web ini