Aktivitas terbaru
Anda
!

Selamat Datang di toolbox Anda!

Kami telah menyimpan informasi penting dari pencarian sebelumnya untuk mempermudah Anda

???private_mode_title???

???private_mode_text???

Ban terakhir yang dilihat

Dealer terakhir yang dilihat

Pencarian terakhir

Safe DRIVING

Mengapa Ban Penting?

Ban biasanya dianggap remeh. Sampai menghadapi masalah di jalan.

Ban inilah yang menghentikan mobil.

Dalam hal keselamatan, ban adalah komponen terpenting pada kendaraan Anda.
Rem menghentikan roda, bukan mobil Anda! Sesungguhnya ban Anda-lah yang menghentikannya.

Mari kita lihat dari dekat.
Di sini, karet menyentuh jalan:

Area kontaknya seukuran telapak tangan Anda.

Dan semuanya terjadi di tempat ini:
Pengereman, Traksi, Handling, Kemudi, Kenyamanan
Pada area yang begitu kecil, kegagalan ketika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dapat berakibat serius.

Keselamatan Anda juga bergantung pada Anda.

Anda meluangkan waktu untuk memilih mobil Anda.
Meluangkan waktu untuk memilih ban Anda juga sama pentingnya.

 

Selalu ada situasi yang membuat stres di mana pilihan ban kita membedakan hasilnya:

Ingatlah sepeda yang tiba-tiba muncul

 

 

Saat pengemudi di depan Anda tiba-tiba menginjak rem,
saat anjing menyeberang jalan

 

 

Atau perjalanan yang sulit di bawah hujan lebat.

 

Keselamatan Anda tidak hanya bergantung pada cara Anda atau orang lain mengemudi.

Ini juga bergantung pada pemilihan ban Anda.
Untuk ketenangan pikiran Anda (dan juga keluarga Anda...), luangkan waktu untuk memilih dengan baik!

Namun, bagaimana saya memilih ban yang tepat?

Untuk membantu Anda membandingkan dan memilih, lihatlah 4 aspek berbeda ini:

1. Keselamatan

Kebanyakan ban bekerja dengan baik pada situasi sehari-hari, namun perbedaannya akan tampak dalam kondisi sulit.

Jadi, bagaimana Anda memastikan bahwa ban Anda siap untuk kejadian tak terduga?

Pilih ban yang dapat bekerja dengan baik pada jenis cuaca atau jalan terburuk yang mungkin Anda hadapi.
Dan perbedaannya bisa sangat besar:
Di jalan yang basah, ban kami dapat berhenti hingga 6 meter lebih pendek dari jenis ban premium lainnya pada mobil yang sama persis. Jarak ini hampir sama dengan 1 setengah mobil!

Berdasarkan hasil uji internal untuk pengereman kondisi basah dari MICHELIN Primacy 3ST dengan Kompetitor utama dengan menggunakan ban ukuran 205/55R16

Tidak semua ban sama – memilih ban yang tepat dapat menjaga keselamatan Anda.

safety
Value

2. Harga

Berkompromi dengan harga sekarang berarti mengeluarkan lebih banyak uang di kemudian hari. Mengapa? Sebab ban yang tahan awet dan membantu Anda menghemat bahan bakar memungkinkan Anda berhemat ke depannya.

Belilah ban yang lebih efisien sekarang, gantinya nanti-nanti saja! (Dan Anda tak perlu berbelanja ban untuk sementara waktu)

3. Kenikmatan berkendara

Seperti halnya sepatu, ban perlu yang sesuai dengan Anda.

  1. Ambil contoh mobil apa saja
  2. Coba dengan berbagai ban yang berbeda

Anda akan mendapatkan pengalaman mengemudi yang sama sekali berbeda.

Jadi, apakah Anda suka kenyamanan berkendara atau ketepatan pegangan untuk menikung di tikungan layaknya seorang pro?

Pastikan ban Anda merefleksikan gaya Anda.

Enjoy the ride
Sport Car

4. Mobil Balap?

Pelari cepat tidak mau berlari dengan sandal.
Begitu pun mobil Anda.

Mobil balap atau mobil mewah tidak akan terasa seperti itu kecuali ban yang dipakai dapat meneruskan tenaganya ke jalan.

Lihat rangkaian ban MICHELIN Pilot kami

Semua dalam satu ban

Berkat sentuhan MICHELIN Total Performance, Anda boleh merasa yakin bahwa semua ini bisa Anda nikmati pada setiap ban kami.

Jadikan ban Anda aman

Kebanyakan dari kita memahami pentingnya mengemudi dengan selamat.
Namun, bagaimana dengan menjaga ban tetap aman?
Beberapa hal mudah ini dapat membantu Anda menghindari pengalaman celaka.

  • Ini akan membantu saya menghemat

    • Pemeriksaan tekanan angin ban dan pemeliharaan ban seperti rotasi, keselarasan, dan inspeksi yang teratur dapat membantu menghemat uang Anda.

    Tindakan sederhana seperti memeriksa tekanan ban untuk memastikan ban terisi angin dengan tepat berefek besar pada masa pakai ban Anda. Ban dengan tekanan angin berlebih atau tekanan kurang tidak menjadi aus dengan merata dan tidak akan tahan lama.
    Misalnya, ban yang secara konsisten bertekanan angin kurang 20% dapat berkurang masa pakainya sebanyak 20%.
    Ini artinya ban yang biasanya dapat bertahan 40.000 km akan menjadi aus pada 32.000 km.
    Juga, karena gandar bagian depan dan bagian belakang serta sisi kanan dan sisi kiri mobil Anda menyebabkan ban Anda aus secara berbeda, dengan merotasi ban Anda secara teratur ke posisi-posisi yang berbeda, ban tersebut akan menjadi aus secara merata dan tahan lebih lama.

    Ini dapat menghemat anggaran bahan bakar Anda

    • Ban denga tekanan angin kurang adalah salah satu penyebab utama dari penggunaan bahan bakar berlebih.
    • Ban dengan tekanan angin kurang memiliki hambatan gulir yang lebih tinggi, sehingga mesin membutuhkan upaya ekstra untuk menggerakkan kendaraan Anda.

  • Ini memastikan keselamatan Anda

    Ban Anda adalah satu-satunya titik kontak kendaraan Anda dengan jalan – ban harus senantiasa berada dalam kondisi pengoperasian yang baik demi memastikan keselamatan Anda.
    Untuk menghindari masalah, ikuti tip perawatan penting ini:

    • Periksa ban Anda:

    Mungkin Anda tidak selalu tahu jika ada ban Anda yang rusak. Periksalah keausan dan kerusakan pada ban secara teratur untuk menghindari masalah yang datang tiba-tiba. Juga, mintalah seorang profesional memeriksa ban Anda setiap tahun.

    • Periksa tekanan angin:

    Mengemudi dengan tekanan ban yang tidak tepat dapat memengaruhi handling dan pengereman kendaraan, khususnya dalam kondisi basah, dan dapat membahayakan keselamatan Anda secara fatal. Mengemudi dengan tekanan angin ban yang sangat kurang dapat menyebabkan peningkatan panas dan akhirnya letusan. Periksa tekanan angin ban Anda setiap bulan dan sebelum menempuh perjalanan panjang.

    • Patuhi kapasitas beban:

    Jangan melampaui kapasitas beban terkait dengan indeks beban ban. Ban yang dibebani melebihi maksimum beban mereka dapat mengalami kelebihan panas yang dapat mengakibatkan rusaknya ban secara tiba-tiba.

    • Mengemudi dengan kecepatan tinggi dapat merusak ban Anda:

    Pada kecepatan yang lebih tinggi, ban lebih mungkin rusak karena bahaya di jalan atau karena meningkatnya panas. Kecepatan tinggi juga dapat menyebabkan kehilangan udara yang cepat atau bahkan letusan ban yang tiba-tiba dan menyebabkan kendaraan kehilangan kendali.

    Gunakan ban cadangan Anda!

    Jika Anda melihat kerusakan apa pun pada ban atau roda, gantilah dengan ban cadangan dan mintalah ban Anda diperiksa oleh seorang profesional.

  • Tekanan angin: apa yang perlu saya ketahui?

    Pedoman Umum

    • Periksa tekanan angin semua ban Anda setiap bulan, termasuk ban cadangan. Sekalipun Anda tidak melihat kerusakan apa pun, ban dapat kehilangan hingga 1 psi – pound per inci persegi – setiap bulan. Hal ini dapat dipercepat oleh kebocoran udara karena tusukan tidak sengaja, kebocoran pada katup atau tutup katup, atau oleh kerusakan roda.
    • Periksa tekanan ban Anda sebelum menempuh perjalanan panjang.
    • Untuk hasil terbaik, periksa tekanan ban Anda saat ban tersebut dalam kondisi dingin – sebelum mengemudikan mobil atau jika telah menempuh kurang dari 3 KM pada kecepatan rendah.
    • Jika ban dalam kondisi panas, tambahkan 4-5 psi pada nilai tekanan yang direkomendasikan produsen mobil atau tunggu hingga ban menjadi dingin, yaitu rata-rata tiga jam setelah mobil diparkir.
    • Jangan pernah mengempiskan ban yang panas.

    Bagaimana cara memeriksa tekanan angin ban saya?

    1. Masukkan pengukur tekanan angin ke dalam batang katup pada ban Anda.
    2. Pengukur akan ""muncul"" dan menampilkan bilangan yang berhubungan dengan tekanan angin internal dalam bilangan psi.
    3. Bunyi mendesis berasal dari udara yang keluar dari ban. Ini tidak akan memengaruhi tekanan secara substansial, kecuali jika Anda menekan pengukur tekanan angin tersebut terlalu lama.
    4. Bandingkan psi yang diukur dengan psi yang direkomendasikan.
    5. Jika psi di atas angka yang direkomendasikan, biarkan udara keluar hingga angkanya sesuai. Jika di bawah, tambahkan udara hingga mencapai angka yang tepat.

    Di mana saya dapat menemukan tekanan angin yang direkomendasikan untuk ban saya?

    • Di buku manual pemilik kendaraan.
    • Pada stiker di pintu pengemudi atau di pintu tangki bahan bakar.
    • Jangan gunakan angka di dinding samping ban Anda karena itu bukan petunjuk tekanan angin yang diperlukan oleh ban Anda.

    Tentang pengukur tekanan angin

    • Berhati-hatilah jika Anda menggunakan pengukur tekanan angin yang tersedia di pom bensin. Pengukur tekanan angin itu biasanya tidak dapat diandalkan.
    • Belilah pengukur tekanan angin bermutu tinggi dan periksa keakuratannya bersama profesional ban.

    Hal ini penting untuk dilakukan dengan benar

    • Ban dengan tekanan angin berlebih atau kurang menyebabkan ban aus lebih cepat dari yang diharapkan, mengurangi daya cengkeram, dan menguras lebih banyak bahan bakar. Hanya dibutuhkan beberapa menit sebulan untuk membantu memastikan keselamatan Anda dan ketahanan ban Anda.

  • Nitrogen: apa manfaatnya?

    Apa itu nitrogen?

    Nitrogen adalah udara kering yang tidak mengandung oksigen. Dalam udara terkandung hampir 79% nitrogen.

    Bagaimana cara menggunakannya?

    • Kebanyakan ban diisi dengan angin yang terkompresi. Namun, beberapa penjual ban mulai mengisi ban mereka dengan nitrogen.
    • Nitrogen dan udara yang terkompresi dapat dicampur.
    • Sebagian besar ban dapat diisi dengan udara atau nitrogen, asalkan tekanan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan dipatuhi.

    Manfaatnya:

    Jika nitrogen menggantikan oksigen, lebih sedikit udara yang dapat keluar dari ban dan tekanan pengisian udara Anda tetap lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

    Pemeriksaan ban:

    Sayangnya, terdapat kemungkinan sumber kebocoran lain (antarmuka velg/ban, katup, antarmuka velg/katup, dan roda), yang berarti tidak ada jaminan tekanan angin terjaga baik dengan udara ataupun nitrogen. tekanan angin dan keseluruhan kondisi ban harus tetap sering diperiksa.

  • Katup: apa yang perlu saya ketahui?

    Apa peranan dari katup?

    • Katup menjamin tekanan ban yang tepat terjaga.
    • Katup memblokir kelembapan agar tidak masuk ke ban.
    • Tutup katup khususnya penting untuk memblokir partikel debu agar tidak mengganggu katup tersebut. Disarankan Anda menggunakan tutup berkualitas baik.

    Penuaan dan kerusakan

    • Katup biasanya terbuat dari karet dan menua seiring berlalunya waktu.
    • Katup ini dapat menjadi rusak karena kecepatan tinggi yang menyebabkan kebocoran udara pada ban Anda.

    Kapan saya harus mengganti katup?

    Setiap kali Anda membeli ban baru.

  • Cara memeriksa apakah sisa tapak Anda cukup

    Umum

    Agar dapat efektif mencengkeram jalan, menyingkirkan air, dan menjaga kendali, ban Anda harus memiliki jumlah sisa tapak yang aman. Jika alur pada desain ban hampir tidak tampak, ban praktis juga tidak akan mencengkeram jalan. Ini khususnya berbahaya dalam kondisi basah atau musim dingin.

    • Ditambah, jika Anda mengemudi dengan ban di bawah batas tapak yang legal, Anda dapat didenda.
    • Anda harus memeriksakan keausan ban Anda secara teratur. Jika ban Anda mendekati batas legal atau jika Anda merasa ragu, periksakan ban Anda pada profesional ban. Atau lihatlah cara memeriksa ban sendiri di bawah ini.

    Dua cara

    1- Periksa keausan tapak dengan pengukur kedalaman tapak

    • Pastikan bahwa rem tangan dinyalakan dan mobil berada pada gigi satu (untuk kotak roda gigi manual) atau posisi parkir (untuk otomatik).
    • Periksa kedalaman alur tapak utama di beberapa tempat secara keseluruhan dan di sekitar ban, dengan menggunakan pengukur sesuai petunjuk dari produsen ban.
    • Kedalaman tapak minimal yang legal adalah 1,6 mm.

    2- Periksa indikator keausan tapak

    • Ban memiliki indikator keausan tapak yang dicantumkan pada dasar alur utama.
    • Jika permukaan tapak menjadi aus pada level yang sama dengan indikator ini, ban tersebut berada pada batas legal dan harus diganti.

  • Rotasi ban: apa yang perlu saya ketahui?

    Apakah itu?

    Selama rotasi, setiap ban dan roda dilepas dari kendaraan Anda dan dipindahkan ke posisi berbeda untuk memastikan bahwa semua ban terpakai secara merata dan tahan lebih lama

    Kapan saya harus melakukannya?

    "Ban harus dirotasi setiap enam bulan atau setiap 6.000 hingga 8.000 mil. 10.000 kilometer
    Namun, periksa manual pemilik kendaraan untuk melihat adakah jadwal rotasi yang disarankan.

    Manfaatnya:

    Karena posisi ban pada kendaraan Anda dapat memengaruhi cara ban menjadi aus, rotasi rutin membantu memastikan bahwa ban terpakai secara merata, diperpanjang usianya, dan ditingkatkan performanya.

  • Keselarasan ban: apa yang harus saya ketahui? (juga dikenal sebagai "Keselarasan suspensi")

    Keselarasan ban adalah proses mudah yang mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian dari komponen suspensi di bagian depan dan/atau bagian belakang. Jika keselarasan Anda tidak ada, kendaraan Anda tidak aman dikemudikan.

    Kapan saya perlu memeriksakan keselarasan roda ban saya?

    • Setelah menghantam benda yang cukup besar di jalan.
    • Anda melihat pola keausan yang terbentuk pada bahu (tepian bagian luar) ban.
    • Anda merasakan perbedaan dalam pegangan kendaraan atau saat Anda mengemudi.
    • Saat Anda mengganti komponen kemudi atau suspensi.
    • Setidaknya setiap 10.000 kilometer.

    Beberapa hal untuk diperhatikan:

    • Kendaraan Anda tertarik atau terhuyung ke satu sisi saat Anda mengemudi di jalan rata yang lurus.
    • Roda kemudi Anda tidak kembali dengan mudah setelah berbelok.
    • Roda kemudi Anda tetap menyudut saat mengemudi di jalur lurus.

    Mengapa penting?

    • Untuk meminimalkan keausan dan kerusakan pada kendaraan Anda dan untuk memaksimalkan kenyamanan pengemudi dan penumpang.
    • Untuk mengurangi keausan pada ban Anda, membantu meningkatkan usia dan performa ban, serta menambah manfaat hemat bahan bakar.
    • Untuk meningkatkan pegangan dan keselamatan mengemudi dengan mengurangi masalah kestabilan dan kemudi.

    Bagaimana roda diselaraskan? Detail lengkap

    Ada tiga penyesuaian utama yang diadakan dalam melakukan keselarasan:

    • Camber: jika Anda melihat dari bagian depan kendaraan, camber adalah sudut roda, dalam derajat.
    • Caster: jika Anda melihat dari bagian samping kendaraan, sudut caster mengidentifikasi kemiringan ke depan atau ke belakang dari garis yang ditarik melalui titik poros kemudi bagian atas dan bagian bawah.
    • Toe: ini adalah perbedaan jarak antara bagian depan ban dengan bagian belakang ban.

  • Keseimbangan ban: apa yang perlu saya ketahui?

    Apakah itu?

    • Terkadang, saat ban dipasang, distribusi bobot perakitan ban+roda tidak benar-benar merata di sekeliling ban.
    • Roda di luar keseimbangan jika satu area lebih berat atau lebih ringan daripada yang lainnya. Akibatnya adalah melompat-lompat atau terhuyung, yang dapat mengurangi masa pakai ban, meningkatkan vibrasi, dan menyebabkan tekanan pada kendaraan Anda.
    • Keseimbangan ban mengimbangi perbedaan berat ini untuk memastikan berat ban seimbang. Profesional ban akan menambahkan beban jika diperlukan untuk menyeimbangkan ban.

    Kapan saya harus melakukan keseimbangan ban saya?

    • Saat mengganti ban
    • Saat beban keseimbangan dipindah atau dilepas
    • Saat Anda membeli ban baru

    Bagaimana cara menyeimbangkan roda?

    1. Untuk menyeimbangkan roda, mekanik Anda menggunakan mesin penyeimbang untuk menentukan di mana tempat yang berat tersebut.
    2. Beban kemudian ditempelkan pada eksterior atau interior roda untuk menyeimbangkan gaya sentrifugal yang menimpa area berat saat roda membelok.

    Ada saran?

    Jika Anda serasa melompat-lompat, terhuyung, atau merasakan vibrasi, konsultasikan segera dengan profesional ban.

Mengemudi lebih aman

Beberapa hal baik untuk diingat...
dan mungkin juga beberapa tip yang tidak Anda ketahui!

  • Mengemudi dengan selamat di jalan bebas hambatan

    • Selalu amati batas kecepatan jalan bebas hambatan.
    • Aktifkan indikator Anda dengan baik terlebih dahulu sebelum menyalip atau bertukar jalur.
    • Jangan berbelok tiba-tiba atau Anda dapat kehilangan kendali mobil Anda dan terguling.
    • Injak rem secara teratur. Jangan mengemudi saat lelah.

  • Mengemudi dengan selamat di malam hari

    • Berikan waktu pada mata Anda agar terbiasa dengan cahaya dan bayangan.
    • Miringkan sedikit kaca spion belakang untuk mengurangi efek silau dari lampu besar mobil di belakang Anda atau ubah ke pengaturan malam, jika kaca spion belakang Anda memiliki opsi ini.
    • Jangan melihat langsung pada lampu besar mobil yang melaju dari arah berlawanan.
    • Jangan mengemudi terlalu cepat: visibilitas berkurang pada malam hari sehingga Anda jadi sulit melihat jalan di depan.

  • Mengemudi dengan selamat di cuaca berkabut

    Visibilitas berkurang di cuaca berkabut:

    • Nyalakan lampu utama dan lampu kabut.
    • Kurangi kecepatan Anda dan usahakan tidak menyalip.
    • Berikan cukup waktu untuk bereaksi dalam keadaan darurat dengan menjaga jarak menginjak rem yang aman dari kendaraan di depan Anda.

  • Mengemudi dengan selamat di kondisi berangin

    • Kurangi kecepatan Anda. Bersiaplah untuk berhenti sewaktu-waktu.
    • Tutup semua jendela. Jendela yang terbuka dapat membawa partikel dari udara seperti debu yang dapat memengaruhi visibilitas.
    • Waspadalah terhadap orang atau puing yang tertiup ke jalan.
    • Waspadalah karena orang mungkin tidak mendengar klakson Anda dalam kondisi angin kencang.
    • Jika Anda membawa kargo pada kendaraan Anda, pastikan kargo diikat dengan aman.
    • Berhati-hatilah menyalip kendaraan yang menjulang tinggi khususnya di area terbuka atau di jembatan.

  • Mengemudi dengan selamat di wilayah pegunungan

    Sebelum mengemudi:

    • Sebelum berangkat, periksa rem Anda; uji rem tersebut dan periksa cairan rem.
    • Bawa peralatan yang diperlukan seandainya mobil Anda mogok (untuk daftar lengkap lihat Pencegahan dan Keadaan Darurat).
    • Periksa kondisi ban cadangan Anda: tekanan yang tepat sangatlah penting.
    • Bawa ekstra makanan, pakaian yang sesuai, dan perlengkapan darurat.
    • Periksa kondisi jalan dan cuaca di wilayah pegunungan dan pilih rute Anda dengan baik.
    • Beri tahu setidaknya satu orang lain tempat dan waktu bepergian Anda dan kapan Anda kembali sehingga mereka dapat menyiagakan layanan darurat jika Anda tidak kembali tepat pada waktunya.

    Saat mengemudi:

    • Bunyikan klakson Anda sebelumnya jika pandangan Anda terhalang selama menikung.
    • Mengemudi dengan hati-hati dan perlambat kecepatan di tikungan, khususnya saat pandangan Anda terhalang.
    • Jangan pernah mengebut atau menyalip pada belokan tajam di mana Anda mungkin tidak melihat kendaraan yang datang.

  • Mengemudi dengan selamat di lumpur

    Cara mudah untuk memutuskan apakah Anda dapat menyeberangi lumpur:

    • Saat ada banyak lumpur di jalan atau jika Anda mengemudi off-road, hentikan kendaraan Anda, dan periksa kekerasan dan kedalaman lumpur sebelum melintasinya.
    • Amati jalur ban dari kendaraan lain untuk mengukur kedalaman dan konsistensi lumpur.
    • Tetapkan jenis kendaraan yang telah meninggalkan jalur dari ukuran dan lebarnya jalur tersebut. Gunakan informasi tersebut sebagai rujukan untuk memutuskan apakah Anda dapat melintasinya.

Perlu bantuan?

Tulis dan Kirim ke kami

Michelin Indonesia
Customer Service:
PT. Michelin Indonesia
Pondok Indah Office Tower 2, Suite 501
Jl. Sultan Iskandar Muda Kav V-TA
Jakarta 12310, Indonesia

Tulis dan Kirim ke kami

Hubungi Kami

Tel: +62 21 2935 3688
08.30 - 17.30 (Senin – Jumat)
Kecuali hari libur nasional

Dapatkan bantuan dari Dealer ban terdetak

Toko ban terdekat Anda akan sangat senang membantu mencarikan ban yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memberikan rekomendasi kepada Anda. Anda dapat menemukan toko ban terdekat dengan Anda disini

Temukan dealer terdekat