Aktivitas terbaru
Anda
!

Selamat Datang di toolbox Anda!

Kami telah menyimpan informasi penting dari pencarian sebelumnya untuk mempermudah Anda

???private_mode_title???

???private_mode_text???

Ban terakhir yang dilihat

Dealer terakhir yang dilihat

Pencarian terakhir

Gejala: ban kempis

Diagnosis: Kerusakan Ban yang Perlu Perbaikan

  • Sebagian besar tusukan dari lubang paku atau goresan hingga 6 mm pada tapak mungkin dapat diperbaiki oleh profesional ban dengan menggunakan prosedur yang disetujui industri.
  • Perbaikan berupa sumpalan pada roda semata berbahaya dan tidak tepercaya karena setelah terkena tusukan, bagian dalam ban harus diperiksa.

Solusi:

  • Perbaikan ban radial yang tepat (kebanyakan ban) termasuk penempatan tambalan karet pada lapisan dalam ban dan penambalan karet pada lubang tersebut.
  • Jangan mencoba untuk memperbaiki ban dengan tusukan tapak lebih besar dari 6 mm atau mengalami tusukan pada dinding samping. Juga, jangan meminta ban yang telah aus di bawah kedalaman tapak 2/32 untuk diperbaiki.
  • Ganti ban rusak Anda dengan ban cadangan – namun pastikan Anda lebih dulu memeriksa tekanan tekanan angin, batasan kecepatan, dan jarak tempuh yang benar pada dinding samping ban cadangan. Bawa kendaraan Anda untuk diperiksa oleh profesional ban.

Gejala: ban lembek

Diagnosis: tekanan angin Kurang

  • Mengurangi masa pakai ban karena bertambahnya keausan tapak pada tepi bagian luar (atau bahu) ban
  • Menghasilkan panas berlebihan, yang mengurangi ketahanan ban dan dapat menyebabkan kerusakan ban
  • Mengurangi manfaat hemat bahan bakar karena resistansi gulir yang meningkat

Solusi:

Tambahkan udara ke ban Anda hingga mencapai tekanan angin yang tepat (psi: sebagaimana diukur oleh pengukur tekanan angin). Untuk menemukan tekanan angin yang tepat, baca manual pemilik kendaraan Anda atau temukan psi yang direkomendasikan pada stiker di pintu mobil Anda.

Selanjutnya tentang tekanan angin

Gejala: Keausan pada kedua tepi

Diagnosis: tekanan angin kurang

  • Mengurangi masa pakai ban karena bertambahnya keausan tapak pada tepi bagian luar (atau bahu) ban
  • Menghasilkan panas berlebihan, yang mengurangi ketahanan ban dan dapat menyebabkan kerusakan ban
  • Mengurangi manfaat hemat bahan bakar karena resistansi gulir yang meningkat

Solusi:

Tambahkan udara ke ban Anda hingga mencapai tekanan angin yang tepat (psi: sebagaimana diukur oleh pengukur tekanan angin).
Untuk menemukan tekanan angin yang tepat, baca manual pemilik kendaraan Anda atau temukan psi yang direkomendasikan pada stiker di pintu mobil Anda.

Selanjutnya tentang tekanan angin

Keausan di tengah dan Keausan berlebihan

Diagnosis: tekanan angin berlebih

  • Bagian tengah dari tapak menanggung sebagian besar beban dan menjadi aus lebih cepat daripada tepi bagian luar.
  • Untuk mencegah ini, selalu periksa ban tersebut dalam kondisi dingin, sebelum dikemudikan atau setidaknya tiga jam setelahnya.

Solusi:

Keluarkan udara dari ban Anda dengan menggunakan pengukur tekanan ban, hingga tekanan angin di ban Anda terbaca sesuai dengan psi yang direkomendasikan produsen kendaraan Anda. Untuk menemukan tekanan angin yang tepat, baca manual pemilik kendaraan Anda atau temukan psi yang direkomendasikan pada stiker di pintu mobil Anda.

Selanjutnya tentang tekanan angin

Gejala: Aus Tidak Merata

Diagnosis 1: Keselarasan yang Buruk

Keausan ban bagian depan atau belakang yang tidak merata berarti Anda perlu keselarasan.

Solusi:

Banyak kendaraan saat ini dilengkapi dengan suspensi bagian belakang yang dapat disesuaikan untuk keselarasan. Jika ini masalahnya, kendaraan Anda mungkin membutuhkan keselarasan "bagian depan" atau keselarasan "empat roda", tergantung pada gejala yang Anda alami. Bawa ke dealer ban Anda untuk diinspeksi.
Selanjutnya tentang Keselarasan dalam Tip perawatan terjadwal kami

Diagnosis 2: Masalah tekanan angin berlebih

  • Bagian tengah dari tapak menanggung sebagian besar beban dan menjadi aus lebih cepat daripada tepi bagian luar.
  • Untuk mencegah ini, selalu periksa ban tersebut dalam kondisi dingin, sebelum dikemudikan atau setidaknya tiga jam setelahnya.

Solusi:

Keluarkan udara dari ban Anda dengan menggunakan pengukur tekanan ban, hingga tekanan angin di ban Anda terbaca sesuai dengan psi yang direkomendasikan produsen kendaraan Anda. Untuk menemukan tekanan angin yang tepat, baca manual pemilik kendaraan Anda atau temukan psi yang direkomendasikan pada stiker di pintu mobil Anda.

Selanjutnya tentang tekanan angin

Gejala: Mengapis (scalloped)

Diagnosis 1: Keselarasan yang Buruk

Keausan ban bagian depan atau belakang yang tidak merata berarti Anda perlu keselarasan.

Solusi:

Banyak kendaraan saat ini dilengkapi dengan suspensi bagian belakang yang dapat disesuaikan untuk keselarasan. Jika ini masalahnya, kendaraan Anda mungkin membutuhkan keselarasan "bagian depan" atau keselarasan "empat roda", tergantung pada gejala yang Anda alami. Bawa ke dealer ban Anda untuk diinspeksi.

Gejala: Tepi Bergigi Gergaji dan Tepi Berbulu

Diagnosis: Ketidakselarasan

Jika terjadi ketidakselarasan pada kendaraan, tepi tapak tampak bergigi gergaji atau berbulu. Ini disebabkan oleh gesekan tidak teratur terhadap jalan.

Solusi:

Mobil Anda kemungkinan besar perlu koreksi keselarasan toe-ke dalam atau toe-keluar. Mohon bawa ke profesional ban Anda untuk diinspeksi.

Gejala: Tukik dan Ceruk

Diagnosis: Bagian yang Aus

  • Menceruk (juga disebut menikuk atau mengampis) paling umum terjadi pada ban depan.
  • Namun ban belakang juga dapat menceruk.

Solusi:

Bagian yang aus dapat menjadi tanda bahwa roda tidak seimbang atau suspensi atau bagian sistem kemudi perlu diservis atau diganti. Mohon bawa ke profesional ban Anda untuk diinspeksi.

Gejala: Kerusakan

Diagnosis: Kerusakan Ban yang Perlu Perbaikan

  • Sebagian besar tusukan dari lubang paku atau goresan hingga ¼"" terbatas pada tapak mungkin dapat diperbaiki oleh profesional ban dengan menggunakan prosedur industri yang telah disetujui.
  • Perbaikan hanya sumpalan pada roda tidak dapat diandalkan dan berbahaya karena setelah itu bagian dalam ban harus diperiksa karena tusukan.

Solusi:

  • erbaikan ban radial yang tepat (kebanyakan ban) termasuk penempatan tambalan karet pada lapisan dalam ban dan penambalan karet pada lubang tersebut.
  • Jangan mencoba untuk memperbaiki ban dengan tusukan tapak lebih besar dari 1/4"" atau setiap tusukan dinding samping. Juga, jangan meminta ban yang telah aus di bawah kedalaman tapak 2/32"" untuk diperbaiki.
  • Ganti ban Anda yang rusak dengan ban cadangan – namun, pertama pastikan untuk memeriksa dinding samping ban cadangan untuk tekanan pengisian udara, batasan kecepatan, dan jarak tempuh yang benar. Bawa kendaraan Anda untuk diinspeksi oleh profesional ban.

Gejala: Bilah Melintang Pada Tapak

Diagnosis: Ban Aus

  • Semua ban memiliki bilah indikator keausan tapak pada sisa tapak 2/32".
  • Saat tapak terpakai hingga 2/32"" atau jika Anda dapat melihat bilah indikator keausan tapak pada setiap penampang ban, ban tersebut aus dan harus diganti..

Solusi:

Bawa kendaraan Anda ke profesional ban untuk diperiksa dan mintalah seorang profesional mengukur sisa tapak dengan pengukur kedalaman tapak.

Gejala: lekukan

Diagnosis: Ini bukanlah masalah. Ini adalah dinding samping radial yang normal.

  • Lekukan cukup normal pada ban radial (kebanyakan ban) dan tidak akan memengaruhi performa.
  • Ban Anda memiliki satu atau lebih lapisan kawat kain di dalam konstruksi dinding samping yang berjalan paralel satu sama lain. (Kawat baja digunakan di dalam tapak.) Di tempat kawat-kawat tersebut tumpang tindih biasanya ada sedikit lekukan.

Gejala: tonjolan atau gelembung

Diagnosis: Kerusakan Ban yang Perlu Perbaikan

  • Kebanyakan tusukan, lubang paku, atau goresan hingga ¼"" pada tapak mungkin dapat diperbaiki oleh profesional ban dengan menggunakan prosedur yang disetujui industri.
  • Perbaikan hanya sumpalan pada roda tidak dapat diandalkan dan berbahaya karena setelah tusukan, bagian dalam ban harus diperiksa.

Solusi:

  • Perbaikan ban radial yang tepat (kebanyakan ban) termasuk penempatan tambalan karet pada lapisan dalam ban dan penambalan karet pada lubang tersebut.
  • Jangan mencoba untuk memperbaiki ban dengan tusukan tapak lebih besar dari 1/4"" atau setiap tusukan dinding samping. Juga, jangan meminta ban yang telah aus di bawah kedalaman tapak 2/32"" untuk diperbaiki.
  • Ganti ban Anda yang rusak dengan ban cadangan – namun, pertama pastikan untuk memeriksa dinding samping ban cadangan untuk tekanan pengisian udara, batasan kecepatan, dan jarak tempuh yang benar. Bawa kendaraan Anda untuk diinspeksi oleh profesional ban.

Gejala: Vibrasi atau goncangan

Diagnosis: Ban Tidak Seimbang ATAU Malfungsi Sistem Suspensi & Kemudi

  • Ban yang tidak seimbang dapat menyebabkan vibrasi yang menyebabkan pengemudi lelah, keausan ban prematur atau tidak rata, dan keausan dan kerusakan yang tidak perlu pada suspensi kendaraan Anda.

Solusi dan saran:

  • Solusi dapat semudah melakukan keseimbangan kembali pada ban Anda
  • Anda mungkin juga perlu memperbaiki sistem kemudi dan suspensi Anda.
  • Kunjungi profesional ban Anda saat gejala vibrasi atau “goncangan” pertama kali dirasakan.
  • Jika keseimbangan kembali tidak menghilangkan vibrasi, mintalah agar keselarasan dan/atau pemeriksaan komponen sistem suspensi dilakukan.
  • Ban harus diseimbangkan saat mereka dipasang pada roda untuk pertama kali atau saat mereka dipasang kembali setelah diperbaiki.

Gejala: Tertarik ke Satu Sisi atau Kemudi yang buruk

Diagnosis 1: Keselarasan yang Buruk

Keausan ban bagian depan atau belakang yang tidak merata berarti Anda perlu keselarasan.

Solusi:

Banyak kendaraan saat ini dilengkapi dengan suspensi bagian belakang yang dapat disesuaikan untuk keselarasan. Jika ini masalahnya, kendaraan Anda mungkin membutuhkan keselarasan "bagian depan" atau keselarasan "empat roda", tergantung pada gejala yang Anda alami. Bawa ke dealer ban Anda untuk diinspeksi.

Gejala: Handling buruk

Diagnosis: Kerusakan Ban yang Perlu Perbaikan

  • Sebagian besar tusukan dari lubang paku atau goresan hingga ¼"" terbatas pada tapak mungkin dapat diperbaiki oleh profesional ban dengan menggunakan prosedur industri yang telah disetujui.
  • Perbaikan berupa sumpalan pada roda semata berbahaya dan tidak tepercaya karena setelah terkena tusukan, bagian dalam ban harus diperiksa.

Solusi:

  • Perbaikan ban radial yang tepat (kebanyakan ban) termasuk penempatan tambalan karet pada lapisan dalam ban dan penambalan karet pada lubang tersebut.
  • Jangan mencoba untuk memperbaiki ban dengan tusukan tapak lebih besar dari 1/4"" atau setiap tusukan dinding samping. Juga, jangan meminta ban yang telah aus di bawah kedalaman tapak 2/32"" untuk diperbaiki.
  • Ganti ban Anda yang rusak dengan ban cadangan – namun, pertama pastikan untuk memeriksa dinding samping ban cadangan untuk tekanan pengisian udara, batasan kecepatan, dan jarak tempuh yang benar. Bawa kendaraan Anda untuk diinspeksi oleh profesional ban.

Dapatkah ban saya diperbaiki dan bagaimana caranya?

Ban rusak Anda mungkin dapat diperbaiki jika:

  • Ban tidak dikemudikan dalam keadaan kempis
  • Kerusakan hanya pada penampang tapak ban Anda (kerusakan dinding samping merusakkan ban segera)
  • Tusukan tidak lebih besar dari 6 mm

Bagaimana cara memperbaiki ban dengan benar?

  • Ban dilepas dan diperiksa secara internal dan juga eksternal. Kemudian, ban ditambal dari bagian dalam dan lubang tusukan ditambal.
  • Jangan meminta ban Anda disumpal. Sumpalan hanya dimasukkan ke dalam area tusukan sehingga tidak dapat diandalkan.
    Ban harus diperbaiki oleh seorang profesional ban.