Aktivitas terbaru
Anda
!

Selamat Datang di toolbox Anda!

Kami telah menyimpan informasi penting dari pencarian sebelumnya untuk mempermudah Anda

???private_mode_title???

???private_mode_text???

Ban terakhir yang dilihat

Dealer terakhir yang dilihat

Pencarian terakhir

Apakah saya perlu ban baru?

Apa saja hal yang penting?

Tidak ada cara pasti untuk memperkirakan berapa lama sebuah ban bertahan. Rentang usia dan jarak tempuh ban tergantung pada kombinasi faktor-faktor ini: desain, kebiasaan pengemudi, iklim, kondisi jalan, dan perawatan yang diterima ban tersebut.

Beberapa tip dan tahapan penting:

1- Ingatlah usia lima tahun

Setelah penggunaan lima tahun ke atas, ban Anda perlu diperiksa oleh profesional secara menyeluruh setidaknya sekali setahun.

2- Sepuluh tahun adalah angka maksimum

Jika ban tidak diganti dalam 10 tahun setelah tanggal produksinya, sebagai tindakan pencegahan, Michelin menganjurkan agar Anda menggantinya dengan ban baru. Meskipun ban tersebut tampak bisa dipakai dan indikator pemakaian tapaknya belum menjadi aus. Ini juga berlaku untuk ban cadangan.

3 – Perawatan yang tepat meningkatkan rentang usia ban

Jika Anda merawat dengan baik tekanan angin, keausan tapak, keselarasan ban Anda dan sebagainya, usia ban Anda akan semakin panjang.

Periksa Tip perawatan terjadwal kami.

Untuk perlengkapan asli: ikuti rekomendasi penggantian ban dari produsen kendaraan.

Cara memeriksa tanggal produksi

Cari nomor DOT pada dinding samping ban Anda.

Apa yang membuat ban rusak?

Kebiasaan mengemudi:

 

  • Kecepatan
  • Memulai cepat dan menginjak rem darurat
  • Mengemudi di jalan rusak
  • Lalai memperhatikan perubahan pada pegangan, kebisingan, atau vibrasi
  • Lalai berkonsultasi dengan profesional ketika ada yang berubah
  • Mengabaikan pemeliharaan dasar ban:

    • Tekanan angin
    • Tidak memeriksa keausan atau kerusakan secara rutin
    • Keselarasan dan rotasi-
    • Tidak pergi ke yang ahli untuk mengganti atau memasang ban jika terjadi kerusakan setelah tabrakan
    • Tidak melakukan keseimbangan ban setelah dipasang atau diganti
    • Penyimpanan ban yang tidak tepat
    • Penggunaan perapat yang tidak disetujui

    Penggunaan tidak tepat:

    • Menggunakan ban musim panas di salju dan es
    • Mencampur jenis ban
    • Menggunakan ban pada roda yang rusak, yang cacat, atau dimodifikasi
    • Menggunakan ukuran roda dan velg yang tidak sesuai
    • Pemasangan ban yang tidak memiliki kapabilitas kecepatan dan indeks beban yang setidaknya setara atau lebih tinggi dari yang ditentukan dari awal oleh produsen kendaraan
    • Mengisi ulang udara pada ban yang telah kempis atau benar-benar bertekanan angin kurang
    • Menggunakan ban cadangan dengan ukuran berbeda pada kecepatan yang melebihi 50 mph

    Perlukan saya mengganti sekarang?

    Kami menganjurkan ban Anda diganti jika:

    • Tapak telah aus di luar level kedalaman tapak yang direkomendasikan
    • Dinding samping rusak
    • Terdapat lubang apa pun pada tapak dengan diameter lebih besar dari 6 mm
    • Bead rusak dan cacat (bead adalah tepi ban yang ada di roda)

    1. Periksa ban Anda secara teratur dan periksalah:

    • Keausan tapak yang tidak rata
    • Tapak yang dangkal
    • Pembuat masalah (batu, paku, dll.)
    • Area yang rusak
    • Tudung katup rusak

    2. Perhatikan "rasa sentuhan" ban Anda ketika Anda mengemudi.

    • Berkendara yang tidak mulus dapat mengindikasikan kerusakan ban atau keausan berlebihan.
    • Jika Anda merasakan vibrasi atau gangguan lainnya ketika mengemudi, segera kurangi kecepatan, mengemudilah dengan hati-hati hingga Anda dapat menepi dengan aman ke pinggir jalan dan berhenti, lalu memeriksa ban Anda.
    • Jika ban rusak, turunkan dan ganti dengan ban cadangan Anda. Jika Anda tidak melihat kerusakan apa pun pada ban dan tidak dapat mengidentifikasi sumber vibrasi, bawa kendaraan tersebut ke dealer ban untuk inspeksi menyeluruh.

    3. Bawa ke profesional

    • Jika Anda melihat sesuatu yang meragukan dalam inspeksi Anda, mintalah dealer ban Anda memeriksanya.

    Untuk mengidentifikasi problem khusus.

    Bagaimana cara memeriksa ban saya?

    1. Periksa tekanan angin Anda

    • Hal ini cepat dan dapat mencegah banyak masalah
    • Lakukan sekali sebulan

    Lihat Tekanan angin: apa yang perlu saya ketahui?

    2. Periksa keausan tapak dengan satu dari dua cara ini:

    • Dengan pengukur kedalaman tapak
    • Dengan indikator keausan tapak

    Lihat Cara untuk memeriksa apakah sisa tapak Anda cukup.

    3. Periksa ban Anda untuk menemukan masalah keausan atau kerusakan

    • Periksa dinding samping Anda untuk menemukan tusukan atau tonjolan dan tapak untuk mengecek apakah ban aus merata
    • Rasakan perubahan dalam pegangan atau kemudi

    Lihat keausan atau kerusakan ?

    Kapan saya harus memeriksa ban saya?

    • Sebulan sekali
    • Sebelum Anda menempuh perjalanan darat yang jauh

    Langkah berikutnya:

    • Perforasi, sobekan, atau kecacatan yang tampak harus diperiksa secara menyeluruh oleh profesional ban.
    • Hanya profesional ban yang dapat memberi tahu apakah ban Anda dapat diperbaiki atau harus diganti.

    Apa saja persyaratan hukum mengenai ban?

    Ban cadangan: dapatkah saya menggunakannya setiap hari?

    Tidak.
    Ban cadangan sementara memiliki konstruksi yang lebih ringan untuk membatasi beban mereka pada kendaraan Anda sehingga ban tersebut tidak memiliki kapabilitas jarak tempuh dan kecepatan yang sama. Ini dapat memengaruhi stabilitas kendaraan Anda. Satu-satunya pengecualian adalah jika ban cadangan Anda adalah ban ukuran penuh kelima yang sama persis dengan ban pada kendaraan Anda.

    Ban segala musim/Musim Panas/Musim Dingin: apa saja perbedaannya?

    Untuk memastikan Anda selalu aman, ban Anda perlu disesuaikan dengan kondisi cuaca Anda saat ini.

    1. Segala musim:

    Dibuat untuk mengatasi kondisi berkendara "sehari-hari". Ban tersebut memiliki daya cengkeram bagus pada jalan kondisi basah dan kering serta traksi salju yang dapat diterima di wilayah dengan cuaca salju ringan. Ban segala musim adalah solusi praktis yang didesain untuk penggunaan sepanjang tahun, khususnya dengan masa pakai ban yang lebih panjang. Namun, jika kendaraan Anda dilengkapi ban segala musim dan musim dingin di wilayah Anda cukup berat, pertimbangkan untuk beralih ke ban musim dingin dalam bulan-bulan musim dingin yang berat.

    2. Ban musim panas:

    Ban ini dioptimalkan untuk tingkat performa di kondisi kering dan basah di lingkungan yang lebih hangat. Di Amerika Serikat, ban ini biasanya ditemukan pada kendaraan berperforma tinggi. Namun, jika Anda tinggal di iklim yang suhu musim dinginnya lebih dingin dan biasanya hampir beku, pertimbangkanlah untuk beralih ke ban musim dingin dalam bulan-bulan dingin.
    Karet pada ban musim panas tidak didesain untuk menghadapi suhu di bawah 7 °C – ban tersebut menjadi lebih kaku dan kehilangan daya cengkeramnya.

    3. Ban musim dingin:

    Jika Anda tinggal, atau bepergian ke, wilayah yang suhunya sering turun di bawah 7 °C, pertimbangkanlah ban musim dingin untuk musim dingin. Ban ini secara khusus didesain untuk memberikan tingkat traksi optimal di es, salju, dan lumpur salju selain permukaan jalan yang kering dan basah dalam kondisi cuaca yang sangat dingin. Ban tersebut akan memberi Anda keselamatan maksimal dalam situasi berkendara di musim dingin. Namun, ban musim dingin tidak dimaksudkan untuk penggunaan sepanjang tahun.

    Apakah saya perlu ban musim dingin?

    Ya, jika Anda tinggal di wilayah yang suhu di sekitarnya turun teratur di bawah 7 °C atau mengalami salju atau es tebal. Pada suhu tersebut, karet pada ban standar mulai mengeras dan kehilangan daya cengkeramnya.

    Ban musim dingin dibandingkan ban musim panas dalam cuaca musim dingin

    • Ban musim dingin didesain untuk bekerja lebih baik di suhu lebih rendah dan di berbagai macam kondisi seperti jalan yang basah, salju, dan es. Perbedaan saat menginjak rem antara ban musim dingin dengan ban musim panas dapat sangat mengejutkan: mobil yang umumnya berjalan hanya 30 km/jam di salju akan memerlukan 157 kaki untuk berhenti penuh dengan ban musim panas – 79 kaki lebih jauh jika mobil yang sama dipasangi ban musim dingin.

    Kapan saatnya mengganti ban musiman saya?

    Saat suhu turun teratur di bawah 7 °C, gantilah ban standar Anda dengan ban musim dingin. Pasang ban standar Anda kembali saat suhu kembali menghangat secara teratur.

    Dapatkah saya menggunakan ban performa tinggi meski kendaraan saya tidak membutuhkannya?

    • Jika Anda lebih suka tampil atau merasa lebih sporty saat berkendara, Anda bisa saja memilih untuk mengupgrade ban Anda ke ban "performa tinggi" dengan peringkat kecepatan yang lebih tinggi.
    • Ban performa tinggi akan memberi Anda kapabilitas kecepatan lebih tinggi, peningkatan kendali pegangan, dan memaksimalkan daya cengkeram di jalan yang kering untuk merasakan setiap belokan.
    • Namun, untuk mendapat daya cengkeram ekstra tersebut, Anda mungkin harus mengorbankan masa pakai ban.

    Konsumsi bahan bakar: bagaimana dampak upgrade terhadap konsumsi bahan bakar?

    Ban performa tinggi dengan peringkat kecepatan lebih tinggi didesain untuk memberikan daya cengkeram lebih besar. Pada intinya ini berarti secara komparatif efisiensi bahan bakarnya lebih rendah dibandingkan ban standar karena daya cengkeram yang lebih besar berarti hambatan gulir lebih besar dan dibutuhkan upaya ekstra untuk mesin dapat menggerakkan mobil. Namun, berkat falsafah Michelin Total Performance, kami berusaha memberikan handling dan efisiensi bahan bakar yang baik pada ban performa tinggi kami.

    Saya ingin ukuran ban yang lebih besar: apa yang perlu saya ketahui?

    Apakah itu?

    Beberapa pengemudi yang mengutamakan performa meningkatkan roda perlengkapan asli mereka dengan roda yang lebih besar dan lebih lebar. Ini disebut mengupgrade ban atau menjadikan ukuran plus.

    Mengapa melakukan ini?

    • Memberikan handling yang lebih baik jika dilakukan dengan benar
    • Dapat membuat tampilan kendaraan lebih sporty

    Dua cara melakukannya:
    1- Plus 1, 2, dll.

    • Ini metode paling populer
    • Perluas diameter roda kendaraan dan velg ban Anda.
    • Agar berhasil menjadikan ukuran plus, turunkan rasio aspek ban sambil memperluas diameter roda. Keseluruhan diameter ban tidak berubah; diameter roda-lah yang bertambah besar.

    Contohnya:
    Mengganti roda 14"" menjadi roda 15"". Ini disebut ""plus 1"" karena menambah ukuran dengan 1"".

    2- Plus Nol

    Pertahankan diameter roda Anda namun pilih ban yang lebih lebar – harap diingat bahwa Anda mungkin perlu roda yang lebih lebar juga.

    Mengapa melakukan ini?

    Ini akan memberi Anda kontak yang lebih lebar dengan jalan dan tampilan lebih sporty tanpa harus membeli roda baru (dalam banyak kasus).

    Contohnya:
    Mengganti ban P195/75R14 ke ban P215/65R14. Lebar ban akan lebih lebar (195 millimeter menjadi 215) dan rasio aspek akan lebih kecil (75 menjadi 65), namun diameter roda tetap sama (14).

    Apa itu Steger?

    Pemasangan steger adalah menempatkan roda belakang yang lebih besar daripada roda depan Anda. Spesifikasi ini berasal dari produsen kendaraan, dan didesain untuk meningkatkan performa pada kendaraan dengan penggerak roda belakang.

    Catatan Hukum Mengenai Menjadikan Ukuran Plus:

    Michelin tidak merekomendasikan menaikkan ukuran karena alasan keselamatan. Beberapa produsen telah menguji dan menyetujui berbagai diameter roda, jadi pastikan untuk menanyakan kebutuhan setiap ukuran kepada dealer ban Anda.

    Apa itu ban run flat dan siapa yang dapat menggunakannya?

    Apa itu ban "run flat"?

    Run Flat-Tire (RFT) memiliki teknologi spesifik yang memungkinkan Anda mengemudi dalam jarak terbatas dengan kecepatan yang dikurangi setelah terjadi tusukan atau turunnya tekanan pada ban.
    Ban MICHELIN Zero Pressure (ZP) dilengkapi teknologi run-flat yang memungkinkan Anda untuk mengemudi hingga 50 mil dengan kecepatan 50 mph dalam kondisi ban kempis.

    Dapatkah saya memasang Run Flat-Tire (RFT) di setiap kendaraan?

    Tidak, hanya kendaraan yang aslinya dipasangi Run Flat-Tire (RFT) dapat memasang ban tersebut – kendaraan ini memiliki modifikasi sasis dan suspensi yang didesain untuk Run Flat-Tire (RFT).

    Dapatkah saya mencampur Run Flat-Tire (RFT) dengan ban biasa?

    • Jangan pernah mencampur Run Flat-Tire (RFT) dengan ban yang tidak memiliki teknologi run flat (ban konvensional) – kecuali jika dalam keadaan darurat yang terbatas dan bersifat sementara. Ban konvensional tersebut harus diganti dengan ban run flat sesegera mungkin.
    • Juga tidak direkomendasikan untuk mencampur produk/teknologi run flat yang berbeda bersama-sama.

    Ban run flat saya mendapat tusukan. Berapa jauh saya dapat mengemudikannya?

    Run Flat-Tire (RFT) hanya memungkinkan Anda untuk mengemudi dalam jarak terbatas dengan kecepatan yang dikurangi setelah mendapat tusukan atau kejadian lain yang mengakibatkan turunnya tekanan angin ban atau sepenuhnya kehilangan tekanan angin. Jika Anda memiliki ban MICHELIN Zero Pressure (ZP), Anda dapat mengemudi hingga 50 mil dengan kecepatan 50 mph dalam kondisi ban kempis.

    Tekanan angin ban saya rendah: apa yang harus saya lakukan?

    Ban bertekanan rendah (atau lembek) saat tidak memiliki tekanan angin yang cukup untuk memenuhi rekomendasi psi (pressure per square inch atau tekanan per inci persegi) dari produsen kendaraan. Ban yang lembek mengakibatkan kempis dan ban meletus.

    Solusi:

    Tambahkan angin ke ban Anda hingga mencapai tekanan angin yang tepat (dalam psi, sebagaimana yang diukur dari pengukur tekanan angin). Untuk mendapatkan tekanan angin yang direkomendasikan bagi ban Anda, lihat buku manual pemilik kendaraan atau cari psi yang direkomendasikan pada stiker di pintu kendaraan Anda.

    Lihat di mana

    Beberapa saran:

    Jangan pernah menggunakan ban yang telah dikemudikan dengan tekanan angin sangat rendah kecuali jika ban itu telah diperiksa luar-dalam dengan menyeluruh oleh profesional ban.

    Mengapa?

    Kerusakan internal tidak terlihat saat ban dipasang; hanya seorang profesional yang dapat mengetahui apakah ban tersebut dapat digunakan lagi dengan aman.

    Saya perlu mengganti ban saya. Ada saran?

    Saran umum

    • Michelin merekomendasikan mengganti keempat ban secara bersamaan untuk keselamatan maksimum, untuk menjaga pemakaian dan traksi yang merata pada keempat ban.
    • Luangkan waktu untuk mencari keterangan. Anda dapat membeli kembali perlengkapan asli Anda atau rangkaian ban yang berbeda. Ban tersebut harus sesuai dengan kendaraan Anda, cuaca, lingkungan mengemudi Anda, dan gaya mengemudi Anda. Lihat Cara memilih ban
    • Mintalah seorang profesional memasang dan menyesuaikan ban baru Anda.

    Mengganti hanya dua ban

    • Ban baru Anda harus dalam ukuran dan jenis ban yang sama seperti ban Anda yang sekarang.
    • Ban baru Anda harus dipasang pada gandar bagian belakang kendaraan Anda.
    • Jika Anda membeli variasi apa pun dari perlengkapan asli untuk ukuran ban atau peringkat kecepatan, konsultasikan dengan dealer ban Anda dan bacalah rekomendasi Panduan Pemasangan.
    • Jika Anda mengganti kurang dari empat ban, rotasi ban dapat terpengaruh.