Aktivitas terbaru
Anda
!

Selamat Datang di toolbox Anda!

Kami telah menyimpan informasi penting dari pencarian sebelumnya untuk mempermudah Anda

???private_mode_title???

???private_mode_text???

Ban terakhir yang dilihat

Dealer terakhir yang dilihat

Pencarian terakhir

Temukan ban yang paling tepat dalam hitungan detik Lakukan pencarian untuk melihat apakah ban ini cocok untuk kendaraan Anda
misalnya, Toyota Camry LE 2012

Telusuri Daftar Istilah:

A | B | C | D | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | R | S | T | U | V | Z

A

APS

Bahan campuran karet musim dingin berbasis silika lanjutan yang membantu memberikan fleksibilitas ketika permukaan tapak melakukan kontak dengan jalan.

Aramid

Kain sintetis yang digunakan pada beberapa ban yang (pound per pound) lebih kuat daripada baja.

Alur

Ruang di antara dua tulangan tapak yang saling berdekatan; disebut juga dengan alur tapak.

Aus Lateral

Goyangan roda dari sisi ke sisi saat roda berputar; bergetar.

Alur pijakan

Fitur desain di dasar alur yang menghasilkan mekanisme cengkeraman tambahan di salju yang lebih dalam.

Kembali ke atas

B

Ban performa tinggi segala musim

Ban yang memberikan kadar traksi pada salju dan es tanpa mengorbankan kapabilitas berkendara dengan performa dalam kondisi kering.

Ban segala musim

Ban yang memberikan keseimbangan traksi yang baik di hari hujan atau salju dengan masa pakai ban yang baik serta pengalaman berkendara yang nyaman dan tidak bising.

Banded At Zero Technology™

Michelin® BAZ Technology™ menggunakan setrip nilon dibungkus oleh spiral yang ditaruh pada area tapak di atas sabuk pengikat baja pada derajat nol. BAZ Technology™ melawan gaya sentripetal yang dapat menyebabkan distorsi ban pada kecepatan tinggi1. BAZ Technology™ mengoptimalkan pegangan dan daya tahan kecepatan tinggi.

Bead

Bagian ban yang berada di atas roda. Di bagian dalam, ada lingkar kawat baja bundar yang dibungkus atau diperkuat oleh kawat lapisan bodi, serta menjepit ban dengan kuat pada pelek roda.

Bantalan Penyesuaian

Komponen ban karet tambahan di antara tapak dengan sabuk pengikat yang menyerap ketidakrataan jalan untuk berkendara yang lebih halus.

Beban Kosong

Berat sebuah kendaraan produksi dengan penyimpan cairan (termasuk tangki bahan bakar) penuh serta semua peralatan normal, namun tanpa pengemudi dan penumpang.

Beban Ekstra

Ban yang mempunyai peringkat untuk mengangkut beban yang lebih tinggi berdasarkan tekanan udara maksimal yang lebih tinggi dibandingkan standar maksimal.

Beban Maksimal As Roda (BMAR)

Berat maksimal yang dapat didistribusikan antarban pada gandar yang ditentukan.

Berat Kotor Kendaraan (BKK)

Berat kendaraan beserta isinya (cairan, penumpang, dan kargo).

Ban Performa Tinggi

Biasa disebut juga dengan performa maksimal, performa ultra tinggi, dll. yang menawarkan kelas terbaik untuk pegangan, daya cengkeram, dan kemampuan menikung dibandingkan ban standar. Ban performa tinggi ini juga diberi peringkat untuk pengoperasian pada kecepatan lebih tinggi dibandingkan ban bukan performa tinggi.

Ban untuk Jalan Raya

Disebut juga ban musim panas; yang didesain untuk berkendara di cuaca yang basah ataupun kering, namun tidak diperuntukkan untuk penggunaan di salju dan es.

Bahan Campuran Life Maximized Adherence™

Bahan campuran untuk pengoptimalan di jalan raya dalam hal pegangan yang dapat diprediksi, level daya cengkeram yang berkelanjutan, serta traksi yang baik di sepanjang usia ban.

Ban touring performa mewah

Umumnya didesain untuk mobil sedan mewah, jenis ban ini memadukan performa pegangan dengan pengalaman berkendara yang halus dan nyaman.

Ban pneumatik

Ban yang didesain untuk diisi dengan udara.

Ban lapisan radial

Jenis ban dengan lapisan yang tersusun sedemikian rupa sehingga kawat-kawat pada bagian bodi terpasang dengan sudut 90 derajat ke garis tengah dari tapak.

Bahan campuran karet

Kombinasi material bahan mentah yang dipadukan berdasarkan prosedur yang dikembangkan dengan cermat. Bahan campuran karet secara khusus disesuaikan untuk performa yang dibutuhkan dari setiap jenis ban.

Bahu

Bagian dari ban di mana tapak dengan dinding samping bertemu.

Bahan Campuran Tapak Silika

Pencampuran silika dengan elastomer sintetis yang diformulasi secara khusus untuk daya cengkeram prima di permukaan yang dingin dan basah, juga daya tahan yang dapat diandalkan.

Ban salju

Juga disebut ban musim dingin; jenis ban khusus dengan bahan campuran dan pola tapak yang memberikan traksi lebih baik pada kondisi bersalju dan ber-es; yang diidentifikasi dari M+S, M&S, atau M/S pada dinding samping.

Berat pegas

Bagian dari mobil yang didukung oleh pegasnya, termasuk kerangka, mesin, dan bodi.

Beban standar

Jumlah berat yang dapat diangkut oleh ban dengan ukuran tertentu pada tekanan udara yang direkomendasikan.

Ban

Biasa disebut juga ban pneumatik, suatu perpaduan karet, bahan kimia, kain, serta logam yang direkayasa secara tepat dan didesain untuk memberikan traksi, bantalan terhadap guncangan pada jalan, dan mengangkut beban dalam kondisi yang berbeda-beda.

Bilah Torsi

Bilah panjang lurus yang diikatkan ke kerangka pada salah satu ujungnya dan ke bagian suspensi pada ujung lainnya; bertindak seperti pegas tak berlilit yang menyerap energi dengan memutar.

Ban Touring

Secara umum memberikan peningkatan masa pakai ban, kenyamanan, dan daya traksi di segala musim.

Bergoncang bising (tramping)

Keadaan di mana kendaraan memantul ke atas dan ke bawah secara tidak normal.

Beban tidak berpegas

Berat dari bagian kendaraan yang tidak didukung oleh pegas, termasuk roda dan ban, rakitan rem luar, rakitan gandar bagian belakang, bagian suspensi, pegas, peredam goncangan, dan bilah anti-gulir.

Berat roda

Bobot kecil yang ditempelkan atau diletakkan pada roda untuk menyeimbangkan perakitan ban dan roda.

Kembali ke atas
class="h-medium-blue pusher-10">C

C3M Technology™

Proses produksi yang memungkinkan ketepatan penempatan komponen ban yang berbeda dengan berbagai bahan campuran tapak karet.

Camber

Kemiringan kedalam atau keluar dari roda terhadap garis vertikal, yang diukur dalam derajat. Sudut camber disesuaikan untuk menjaga ban bagian luar rata dengan tanah saat menikung.

Caster

Sudut di antara garis yang ditarik secara vertikal melalui garis tengah roda dengan sumbunya di mana roda dikemudikan; meningkatkan stabilitas arah mobil dan perasaan berada di tengah.

Comfort Control Technology™

Menggunakan ketepatan manufaktur untuk memastikan tingkat keseragaman ban yang ultra tinggi, dan juga memakai perangkat lunak desain paten tapak yang berpengaruh untuk mengurangi bunyi tapak.

Camber negatif

Pengaturan keselarasan di mana bagian atas dari ban condong ke arah garis tengah kendaraan; para pembalap menggunakan sudut camber negatif untuk potensi menikung yang maksimal.

Camber positif

Sudut keselarasan yang membuat bagian atas dari ban berjarak cukup jauh dari bagian bawahnya; ban dimiringkan keluar dari garis tengah kendaraan.

Caster positif

Pengaturan keselarasan saat poros kemudi condong ke belakang di bagian atas.

Kembali ke atas

D

Daya traksi di segala musim

Menunjukkan kemampuan ban untuk memberikan keseimbangan traksi pada kondisi musim dingin, kering, dan basah.

Desain Tapak Asimetris (Asymmetrical Design-AD)

Pola tapak berbeda yang ditampilkan pada salah satu sisi tapak agar meningkatkan dan mengoptimalkan performa untuk pegangan dalam kondisi basah maupun kering. Bahu bagian dalam memiliki alur lebih banyak untuk evakuasi air dan blok tapak yang kuat pada bahu bagian luar memberikan pegangan yang maksimal.

Daya Angkut

Pada tekanan udara yang ditetapkan, besarnya berat yang didesain agar dapat diangkut setiap ban. Untuk setiap ukuran ban, terdapat tabel pengisian udara beban untuk memastikan tekanan pengisian udara yang digunakan memadai untuk beban gandar kendaraan.

Defleksi

Tapak serta dinding samping yang melentur ke arah tapak melakukan kontak dengan jalan.

Dog Tracking

Trek adalah lebar antara tepi tapak bagian luar dari ban di gandar yang sama. Trekking, atau lebih spesifik Dog Tracking, mengacu pada kondisi di mana kendaraan tidak memiliki keselarasan dan bagian belakang roda tidak mengikuti arah roda bagian depan saat kendaraan melaju di jalur yang lurus. Disebut juga dengan trekking.

Drift (Hanyutan)

Hanyutan (drift) menunjuk pada kendaraan yang menyimpang dari arah garis lurusnya saat tidak dilakukannya arah kemudi pada kendaraan tersebut. Disebut pula dengan gaya tarik.

DURABLACK®

Teknologi bahan campuran yang memungkinkan dinding samping ban tetap hitam gelap dalam sepanjang usia ban.

DuraGuard Technology™

Mencakup berbagai fitur, seperti dua lapisan dinding samping dan sabuk pengikat baja kekuatan tinggi di bawah tapak.

Durometer

Alat yang digunakan untuk mengukur kekerasan. Khusus untuk ban, durometer biasanya mengukur kekerasan dari bahan campuran tapak. Durometer juga dapat merujuk pada perolehan kekerasan, seperti Durometer ban adalah 60.

Daya angkut beban

Menunjukkan jumlah berat ban yang disertifikasi untuk mengangkut pada tekanan udara maksimal.

Diameter Pelek Nominal

Diameter dari pelek ban, ditetapkan dengan pembulatan angka terdekat (misalnya, 15 inci).

Diameter keseluruhan

Diameter ban yang telah diisi udara, tanpa adanya beban.

Diameter pelek

Diameter dudukan bead pelek yang mendukung ban.

Deskripsi fitur

Angka dan huruf yang dicetak pada dinding samping dan mengindikasikan daya angkut beban, indeks beban, dan kecepatan di mana ban bisa mengangkut beban berdasarkan kondisi yang ditetapkan, atau peringkat kecepatan. Biasa disebut juga dengan indeks beban dan simbol kecepatan.

Dinding samping

Bagian dari ban antara tapak dengan bead. Melindungi ban dari benturan dengan trotoar, dll. Ini juga merupakan tempat ditemukannya penandaan dinding samping yang memberi tahu Anda informasi penting tentang ban tersebut.

Desain Tapak Simetris

Pola tapak yang sama di setiap sisi dari tapak untuk performa yang lebih baik dalam kondisi tertentu serta untuk jalan tertentu.

Dasar roda

Jarak yang membujur dari pusat roda depan ke pusat roda belakang di sisi yang sama dari kendaraan.

Kembali ke atas

F

Filamen di Nol

Nilon yang dibungkus oleh spiral atau aramid/nilon yang menguatkan filamen dapat ditempatkan dengan tepat di bagian yang spesifik atau di keseluruhan area tapak di atas sabuk pengikat baja yang terikat di nol derajat. Ini tidak hanya berguna untuk menjaga bentuk ban, namun juga untuk meningkatkan kualitas berkendara dan ketepatan kemudi.

Filamen di Nol

Nilon yang dibungkus oleh spiral atau aramid/nilon yang menguatkan filamen dapat ditempatkan dengan tepat di bagian yang spesifik atau di keseluruhan area tapak di atas sabuk pengikat baja yang terikat di nol derajat. Ini tidak hanya berguna untuk menjaga bentuk ban, namun juga untuk meningkatkan kualitas berkendara dan ketepatan kemudi.

Four-wheel-drift (hanyutan empat roda)

Istilah pegangan yang menggambarkan sebuah mobil di mana roda depan dan belakangnya meluncur secara terkontrol. Pengemudi menggunakan baik gas dan kemudi untuk menjaga agar kendaraan tetap pada arah yang ditentukan.

Kembali ke atas

G

Gaya Dorong Camber

Gaya lateral atau menyamping yang dihasilkan saat roda bergulir bersama dengan camber, yang dapat ditambah atau dikurangi dari gaya menyamping yang dihasilkan ban.

Garis Tengah

Sebuah garis imajiner di bagian bawah tengah kendaraan. Pelacakan keselarasan diukur dari garis ini.

Gaya Sentrifugal

Akselerasi menyamping dari objek dalam gerakan kurvalinear, yang diukur dalam satuan g. Saat mobil melintasi tikungan, gaya sentrifugal terjadi dan mencoba menariknya ke arah luar. Untuk menetralkan ini, ban membangun kekuatan setara yang berlawanan terhadap jalan. Disebut juga dengan gaya lateral.

Gaya Menikung

Gaya ban dari kendaraan yang menikung - kemampuan ban untuk mencengkeram dan menahan kekuatan dari samping - yang menjaga kendaraan pada lengkung yang diinginkan.

Ganda

Ban ditempatkan sebelah menyebelah pada gandar untuk meningkatkan daya angkut dan kemampuan traksi; empat ban di seluruh gandar.

Green X®

Label Michelin® Green X® menjamin tingkat efisiensi energi di antara yang tertinggi di pasaran serta mengurangi emisi CO2 sekaligus mempertahankan semua keuntungan Michelin yang legendaris dalam hal performa keausan yang lama, keselamatan, dan performa lainnya.

Goncangan

Goyangan roda dari sisi ke sisi pada sebuah kendaraan. Goncangan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk keseimbangan ban yang tidak benar, keselarasan yang buruk, serta roda yang bengkok.

Goyang Samping-Menyamping

Juga dikenal sebagai ketidakseimbangan dinamis, ini adalah saat berat tidak terdistribusi dengan merata di sekeliling roda atau garis tengahnya. Akibatnya, mobil dapat dirasakan bergetar samping-menyamping.

Kembali ke atas

H

High Modulus Undertread™

Lapisan karet di bawah alur yang menempelkan blok tapak ke lapisan wadah untuk meningkatkan daya cengkeram, respons kemudi, dan pegangan yang optimal.

Hub-centric (poros-sentrik)

Roda diproduksi agar pas baik dengan poros roda (hub) atau baut roda (lug). Lubang poros dari roda khusus dengan roda poros-sentrik akan pas sekali dengan diameter poros roda dari kendaraan tersebut.

Histeresis

Ketika karet meregang dan memampat, ini tidak memulihkan semua energi yang terpakai karena energi tersebut hilang karena gesekan internal. Energi mekanik diubah menjadi energi panas, dan panas yang dihasilkan mengakibatkan kerusakan serta hilangnya energi.

Kembali ke atas

I

Indeks Beban Maksimal Kendaraan (IBMK)

Berat maksimal yang diizinkan untuk kendaraan beserta isinya. Nilai ini ditentukan oleh produsen kendaraan serta dapat ditemukan di plakat pintu kendaraan.

Indeks beban

Jumlah yang ditentukan yang berkisar dari 0 hingga 279 yang berhubungan dengan daya angkut beban dari ban.

Indikator keausan tapak

Pita tipis, biasa disebut dengan bilah keausan, yang muncul di seluruh tapak ban saat tapak yang tersisa tinggal 2/32 inci.

Kembali ke atas

J

Jalur

Jarak antara tepi tapak bagian luar dari dua ban pada gandar yang sama.

Kembali ke atas

K

Karet Sintetis Kedap Udara

Diformulasi dengan karet butil yang hampir kedap, material ini menggantikan ban dalam pada ban modern yang tidak memiliki ban dalam. Periksa tekanan udara Anda setiap bulan karena terjadi kehilangan udara dari waktu ke waktu.

Keselarasan

Saat semua roda pada kendaraan disesuaikan sehingga roda tersebut mengarah pada arah optimal relatif pada jalan dan satu sama lain.

Kehilangan Kendali di Air (Aquaplaning)

Situasi sangat berbahaya di mana air berkumpul di depan ban yang mengakibatkan ban kehilangan kontak dengan permukaan jalan. Pada saat ini, kendaraan meluncur di permukaan air dan benar-benar di luar kendali. Juga disebut hydroplaning.

Keseimbangan/Ketidakseimbangan

Keadaan di mana ban dan putaran roda dengan semua beratnya terdistribusi dengan merata. Untuk memperbaiki ketidakseimbangan, mekanik yang terlatih akan menambahkan berat pada interior atau eksterior roda.

Kehilangan daya traksi

Istilah yang digunakan untuk menjelaskan hilangnya traksi saat mengatasi belokan atau saat menambah akselerasi dari kedudukan untuk mulai. Ban meluncur, alih-alih memberi daya cengkeram, terhadap permukaan jalan.

Karet Butil

Karet sintetis yang digunakan untuk membuat ban pada saat ini. Karet ini hampir kedap terhadap air dan udara.

Karbon Hitam

Ini adalah penguat bahan pengisi, saat digabung dengan bahan campuran karet ban, memberikan resistansi yang tinggi terhadap keausan.

Karkas

Struktur pendukung ban yang terdiri dari lapisan yang dilabuhkan pada bead di satu sisi dan berjalan dalam radius ke sisi lainnya dan berlabuh pada bead tersebut. Juga disebut wadah.

Kawat

Jalinan kain yang membentuk ply atau lapisan ban. Kawat dapat dibuat dari poliester, rayon, nilon, fiberglass, atau baja.

Keseimbangan Dinamis

Terjadi ketika berat terbagi secara merata baik pada sekelilingnya maupun pada salah satu sisi dari garis tengahnya. Perakitan ban dan roda yang tidak memiliki keseimbangan dinamis akan mengakibatkan efek goyangan atau goncangan dari sisi ke sisi.

Kilopascal (kPa)

Satuan metrik untuk tekanan udara. Satu psi setara dengan 6,9 kPa.

Ketidakselarasan

Akibat dari suspensi bagian depan dan/atau bagian belakang kendaraan Anda yang tidak diselaraskan dengan tepat.

Kemudi berlebih

Kecenderungan kendaraan saat mengatasi belokan untuk berbelok lebih tajam dari yang diinginkan pengemudi. Bagian paling belakang dari kendaraan ingin mengayun ke arah luar dari belokan. Kondisi kendali di mana sudut ban bagian belakang tergelincir lebih besar dari sudut ban bagian depan yang tergelincir. Mobil dengan kemudi berlebih sering kali disebut "lepas kendali," karena bagian belakangnya cenderung mengayun lebih lebar.

Ketinggian berkendara

Jarak dari permukaan tanah ke titik acuan yang tetap (berbeda berdasarkan produsen mobil) pada bodi kendaraan. Dimensi ini dapat digunakan untuk mengukur jumlah gerak suspensi atau tinggi bodi dari permukaan tanah.

Keliling putaran

Jarak linear yang dilalui sebuah ban dalam satu putaran (kelilingnya). Ini dapat berbeda karena beban dan pengisian udara. Keliling putaran bisa dihitung sebagai berikut: 63.360 dibagi dengan putaran per mil = keliling putaran dalam inci.

Keseimbangan statis

Terjadi ketika massa berat terbagi secara merata di sekitar poros putaran. Ketidakseimbangan statis dapat dideteksi dari vibrasi di tempat duduk, lantai, dan batang kemudi.

Karet sintetis

Karet buatan manusia, sebagai lawan dari karet alami. Saat ini, kebanyakan ban mobil penumpang serta truk ringan memiliki jumlah kandungan karet alam yang relatif sedikit.

Kekuatan Regang

Resistansi suatu objek untuk meregang atau patah saat ditempatkan dalam suatu tegangan. Sabuk pengikat baja pada ban dicirikan dan dibandingkan berdasarkan kekuatan regang mereka.

Kedalaman Tapak

Kedalaman dari karet tapak yang dapat digunakan dan dihitung per 32 inci. Jika sebuah ban baru memiliki kedalaman karet 10/32, Anda memiliki kedalaman karet 8/32 yang dapat digunakan. Ban harus diganti ketika bilah keausan terlihat pada 2/32.

Kurang belok

Karakteristik pegangan di mana ban bagian depan tak terkendali karena melaju di sudut selip yang lebih lebar dari roda bagian belakang. Dikenal juga dengan membajak.

Katup

Perlengkapan yang membiarkan udara masuk atau keluar dari ban. Ini dipasang dengan tutup katup untuk menahan kotoran atau kelembapan keluar, ditambah inti katup untuk mencegah udara keluar.

Kembali ke atas

L

Lapisan Bias

Jenis ban dengan lapisan kawat berlapis silang yang berjalan secara diagonal ke garis tengah tapak.

Lingkar Baut

Diameter lingkaran imajiner yang ditarik dari tengah masing-masing lubang mur roda dan kemudian diukur dari dua lubang yang langsung berseberangan satu sama lain. Pengukuran ini digunakan dalam memilih roda pengganti yang tepat.

Lapisan Karkas

Terbuat dari kabel fiber tekstil tipis yang diikat ke dalam karet. Kabel ini terutama bertugas untuk menetapkan kekuatan ban.

Lapisan Crown

Memberikan dasar yang berkarakter kaku pada tapak yang memungkinkan untuk sangat hemat bahan bakar. Lapisan ini juga memberikan sifat kaku sentrifugal dan menyamping pada ban serta didesain untuk kelenturan yang cukup agar bisa berkendara dengan nyaman.

Lekukan

Kejadian normal yang tidak berbahaya pada dinding samping ban di mana tumpang tindih sambungan kawat kain membentuk lekukan. Hal ini tidak dapat terjadi pada tapak karena ditempatkannya kabel baja.

Linearitas

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan respons kemudi.

Lug-centric (baut-sentrik)

Roda diproduksi agar pas baik dengan poros roda (hub) atau baut roda (lug). Lubang baut dari roda khusus dengan roda baut-sentrik akan pas sekali dengan pola baut dari kendaraan tersebut.

Lebar keseluruhan

Jarak antara bagian luar dari kedua dinding samping, termasuk huruf dan desain.

Lebar penampang

Jarak antara bagian luar dari dinding samping ban, tidak termasuk tulisan atau desain.

Lebar Tapak

Lebar dari tapak ban.

Kembali ke atas

M

M+S, M/S atau M & S

Penetapan peringkat ban untuk segala musim yang dapat melaju di kondisi berlumpur dan bersalju pada tingkat tertentu. Memenuhi ketentuan ban untuk lumpur dan salju dari Rubber Manufacturers Association (RMA).

Michelin Man™

Michelin Man™ telah mewakili perusahaan Michelin selama lebih dari 100 tahun.

Pemasangan ban

Ini adalah tindakan meletakkan ban ke roda serta memastikan bahwa pemasangannya diseimbangkan. Saat Anda membeli ban baru, ban tersebut perlu dipasang secara profesional. Juga hal yang standar bagi dealer ban untuk mengenakan biaya nominal untuk setiap batang katup.

MSRP

Manufacturer's Suggested Retail Price atau Harga Retail yang Disarankan Produsen.

Menggeliut

Peregangan blok tapak di antara kemasan sabut pengikat dengan permukaan jalan. Semakin kurang menggeliut berarti respons kemudi lebih baik; semakin banyak menggeliut berarti respons kemudi lebih jelek.

Masa Pakai Ban

Usia dari ban sebelum ditarik dari pemakaian; jarak tempuh.

Mengembara

Kecenderungan kendaraan untuk menyimpang atau mengembara dari arah gerak yang dimaksudkan sebagai akibat dari gangguan kemudi, ban yang aus, ketidakselarasan suspensi, angin sakal, atau ketidakrataan aspal.

Kembali ke atas

N

NHTSA

National Highway traffic Safety Administration atau Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional.

Kembali ke atas

O

Oksidasi

Proses berkarat yang terjadi di sabuk pengikat baja saat uap lembap, melalui kerusakan, dibiarkan masuk ke bagian dalam ban. Ini dapat mengakibatkan ban tersebut tidak dapat dipakai sebelum waktu penggantian normal.

Kembali ke atas

P

Penguat Bead (Bead Chafer)

Komponen penting ban yang merupakan titik kontak antara ban dengan roda, yang dirancang untuk menahan gaya roda yang diberikan pada ban dalam pemasangan serta kekuatan dinamis dari berkendara dan menginjak rem.

Pengisi Bead

Bertugas memindahkan tenaga penggerak dan torsi pengereman dari pelek roda ke area kontak permukaan jalan.

Petak Kontak

Area di mana ban melakukan kontak dengan permukaan jalan. Juga disebut jejak kaki.

Penandaan DOT

Kode yang dicetak pada dinding samping ban dan menandakan bahwa ban tersebut mematuhi  standar keselamatan kendaraan bermotor dari Departemen Transportasi A.S.

Penggabungan Tapak Ganda

Menggunakan dua jenis bahan campuran di seluruh tapak, di bagian luar untuk traksi kering dan di bagian dalam untuk traksi basah.

Pemasangan Eksentrik

Pemasangan perakitan roda ban sedemikian rupa sehingga pusat rotasi dari perakitan tersebut tidak selaras dengan pusat rotasi dari penghubung kendaraan tersebut.

Pengisian Udara

Tindakan menyalurkan udara ke dalam ban.

Pelapis bagian dalam

Lapisan terdalam dari ban tanpa ban dalam, yang dicampur dengan karet butil yang hampir kedap. Udara akan hilang seiring berjalannya waktu. Periksalah tekanan udara Anda setiap bulan untuk memastikan pengoperasian yang aman dan tepercaya dari ban Anda.

Pencocokan pemasangan

Teknik yang mencocokkan keselarasan titik puncak ban dengan titik bawah roda untuk menjamin performa berkendara yang optimal.

Penyeimbang negatif

Saat pemasangan muka roda lebih dekat ke sisi pengereman roda, dengan memindahkan pemasangan ban dan roda keluar dari sepatbor dengan tepat.

Penyeimbang

Penyeimbang pelek menempatkan perakitan ban/roda sehubungan dengan suspensi. Roda pada penyeimbang nol memiliki muka pemasangan yang secara langsung selaras dengan garis tengah roda.

Perlengkapan Asli

Ban yang dipilih oleh produsen kendaraan di mana performa ban paling sesuai dengan karakteristik performa kendaraan. Juga dikenal sebagai OE.

PAX System™

Michelin© PAX™  System adalah teknologi run-flat baru yang memadukan ban, roda, cincin pendukung, sistem pemantauan tekanan ban, dan terutama formulasi gel yang unik untuk memungkinkan kendaraan terus bergerak setelah kehilangan tekanan pengisian udara secara tiba-tiba. Sistem ini didesain untuk pengoperasian di 55mph di kisaran hingga 125 mil. Dalam pengoperasian (berisi udara) normal, ban Michelin® PAX™  System meningkatkan pegangan di jalan dan kenyamanan saat berkendara, ditambah dengan berkurangnya resistansi gulir.

Ply (Lapisan)

Lapisan kain yang dibalut karet yang berisi kawat dan terpasang secara paralel satu dengan lainnya serta menyusun struktur ban. Lapisan dari bahan ini disebut ply, dan mereka memanjang dari bead ke bead, di antara pelapis bagian dalam, serta sabuk pengikat, atau tapak. Ply sering kali diperkuat dengan tekstil atau kabel baja.

P-metrik

Penetapan ukuran ban yang seragam, dalam pengukuran metrik yang awalnya diperkenalkan oleh produsen ban Amerika pada tahun 1977; secara umum disebut seri P-metrik. Ban P-metrik yang umum adalah P205/70R14 93S.

Penyeimbang positif

Pemasangan muka roda dilakukan menghadap sisi jalan dari roda, dengan memindahkan pemasangan ban dan roda searah dengan kendaraan.

Proprietary Blended Compounding (Perpaduan Bahan Campuran yang Dipatenkan)

Teknologi yang menciptakan perpaduan bahan campuran yang sama dalam membantu memberikan performa keseluruhan yang prima di kondisi basah maupun kering.

PSI

Singkatan untuk pounds per square inch atau pound per inci persegi, yang adalah pengukuran tekanan pada ban dalam industri otomotif.

Pelek

Bagian dari roda di mana ban dipasang.

Penurunan Pelek

Disebut juga bagian tengah penurunan, penggantian (penurunan) pada profil pelek di antara pinggiran roda pelek di mana area bead dari ban ditempatkan selama proses pemasangan. Ini memungkinkan ban dipasang pada pelek.

Pinggiran roda pelek

Permukaan dari pelek roda yang bersentuhan dengan sisi bead ban.

Peringkat kecepatan

Kode huruf (A-Z) yang diberikan pada ban yang menunjukkan kisaran kecepatan di mana ban dapat mengangkut beban menurut kondisi layanan yang ditetapkan.

Pola bintang

Suatu pola untuk mengencangkan mur roda saat pemasangan ban dan perakitan roda pada kendaraan. Pola ini menjamin tekanan yang sama, mencegah ketidakselarasan, dan membantu menjaga agar roda tetap berada di tengah.

Penetapan ban

Kode alfanumerik yang dicetak pada dinding samping ban yang mendeskripsikan ukuran ban, termasuk lebar, rasio aspek, diameter pelek, indeks beban, serta peringkat kecepatan. Kebanyakan dari penetapan tersebut menggunakan sistem P-Metric.

Perpaduan ban

Situasi di mana ban dari merek, tipe, atau ukuran yang berbeda dipadukan dalam suatu kendaraan. Ini dapat memberikan variasi dalam karakteristik pegangan dan berkendara.

Plakat ban

Label dari logam atau kertas yang ditempel permanen pada kendaraan, yang menunjukkan ukuran ban dan tekanan pengisian udara yang sesuai untuk kendaraan tersebut. Plakat ini biasanya dapat ditemukan di ambang pintu pengemudi, penutup kotak laci, atau di pintu pengisian bahan bakar.

Pengukur Tekanan ban

Alat yang digunakan untuk mengukur dengan tepat tekanan udara pada ban.

Pengilapan Tapak

Mengikis karet lepas dari tapak. Juga dikenal sebagai mencukur.

Pelambungan Vertikal

Pelambungan vertikal, atau ketidakseimbangan statis, terjadi saat berat tidak didistribusikan secara merata di sekitar poros rotasi roda. Anda dapat merasakan ini melalui lantai, tempat duduk, dan batang kemudi.

Kembali ke atas

R

Rasio Aspek

Hubungan ketinggian dinding samping ban dengan lebar penampangnya.

Radius Bebas

Radius dari perakitan ban/roda yang tidak menyimpang berdasarkan bebannya.

Radius beban

Pengukuran dalam inci dari garis tengah gandar ke tanah saat ban tersebut diisi udara dengan benar.

Rentang beban

Menentukan rentang beban maksimal yang bisa diangkut oleh ban pada tekanan udara yang telah ditetapkan.

Roda Dilepas dari Mobil (Off-the-car balancing)

Untuk mencapai keseimbangan berat yang optimal antara ban dengan roda, pemasangan dapat dilepas dari kendaraan dan diseimbangkan untuk mengurangi getaran sebelah-menyebelah maupun lonjakan naik dan turun.

Radial XSE® Technology (Teknologi Radial XSE®)

Teknologi yang revolusioner dengan memanfaatkan silika dalam bahan campuran karet untuk meningkatkan traksi di kondisi basah, traksi di salju, serta resistansi gulir dari ban.

R-Compounding (Pencampuran R)

Bahan campuran berasal dari arena balap yang dioptimalkan untuk performa di lintasan dan didesain untuk daya cengkeram di kondisi kering yang maksimal, serta siklus panas yang berulang.

Revolutions Per Mile (RPM)

Juga disebut rpm. Bilangan yang diukur berdasarkan perputaran ban yang melaju sejauh satu mil. Hal ini dapat berbeda karena kecepatan, beban, dan tekanan pengisian udaranya.

Resistansi gulir

Gaya yang dibutuhkan untuk menjaga agar ban tetap bergerak di kecepatan yang sama. Semakin rendah resistansi gulir, semakin sedikit energi yang dibutuhkan untuk membuat ban tetap bergerak.

Rotasi

Penggantian ban dari bagian depan ke bagian belakang atau dari satu sisi ke sisi lain pada kendaraan berdasarkan pola yang telah ditetapkan; memberikan keausan tapak yang merata. Merotasi ban Anda secara teratur (setiap 6.000-8.000 mil) adalah cara yang mudah untuk menambah jarak tempuh ban. Lihat garansi ban Anda untuk informasi selengkapnya tentang rotasi yang direkomendasikan.

Run Flat Technology (Teknologi Run Flat)

Ban yang didesain untuk menahan dampak berkurangnya udara saat terjadi tusukan, dan untuk memungkinkan kendraan tetap dikemudikan pada kecepatan yang dikurangi dan untuk jarak terbatas.

Runout (Penyimpangan)

Jumlah roda yang bergerak masuk dan bergerak keluar, jauh dari garis tengah yang sebenarnya saat roda berputar. Jika penyimpangan terlalu berlebihan, roda akan terlihat bergoyang saat berputar.

Radius beban statis

Jarak dari poros perputaran roda ke permukaan yang menyangga pada beban yang ditentukan serta tekanan pengisian udara yang ditetapkan.

Respons kemudi

Reaksi kendaraan terhadap input kemudi dari pengemudi. Juga respons yang didapat pengemudi melalui roda kemudi saat pengemudi memberikan input kemudi.

Kembali ke atas

S

Struktur Tegangan Bead

Dua lapisan dinding samping yang dililitkan di sekeliling kawat bead dengan arah berlawanan agar memberikan stabilitas lateral namun fleksibel untuk menyerap ketidakrataan jalan.

Struktur Tegangan Bead

Dua lapisan dinding samping yang dililitkan di sekeliling kawat bead dengan arah berlawanan agar memberikan stabilitas lateral namun fleksibel untuk menyerap ketidakrataan jalan.

Sabuk Pengikat

Lapisan kawat berlapis karet yang ditempatkan antara lapisan bodi dan tapak. Kawat paling umum dibuat dari baja namun juga dapat dibuat dari serat kaca, rayon, nilon, poliester, atau kain lainnya.

Stabilitas Arah

Kemampuan kendaraan untuk dikendarai dengan aman dan perasaan yakin di jalur lurus serta pada kecepatan tinggi tanpa terpengaruh oleh ketidakrataan aspal, angin yang berembus, gaya angkut aerodinamis, ataupun pengaruh eksternal lainnya.

Simbol ECE

Economic Commission of Europe atau Komisi Ekonomi Eropa menetapkan persyaratan kendaraan bermotor. Ban yang disetujui oleh ECE harus memenuhi standar dimensi fisik, persyaratan merek, serta peraturan ketahanan terhadap kecepatan yang tinggi.

Sistem Pengukuran Flotasi Tinggi untuk Truk Ringan

Ban dengan dinding samping yang lebih rendah dan tapak yang lebih lebar agar dapat memberikan traksi yang lebih baik di permukaan seperti pasir dan tanah lunak pada lingkungan off-road yang becek.

Sipe Berpautan

Sipe berbentuk S yang berpautan, menciptakan sipe yang lebih panjang untuk daya cengkeram traksi ekstra.

Sistem ukuran ban metrik

Satu sistem yang digunakan untuk menjelaskan ukuran ban. Ini adalah sistem standar ETRTO(European tire and Rim Technical Organization).

Seri

Ban dengan rasio aspek yang sama, atau hubungan tinggi penampang dengan lebar penampang.

Silika

Pada tahun 1992, Michelin menemukan cara untuk menggabungkan penguat bahan pengisi yang baru ke dalam bahan campuran karet ban. Penemuan ini membuka jalan bagi bahan campuran yang memberikan daya tahan terhadap keausan, resistansi gulir yang rendah, serta cengkeraman yang baik terhadap jalan.

Sipe

Celah khusus di dalam blok tapak yang terbuka saat ban berputar ke petak kontak kemudian menutup, dengan memecahkan tekanan air pada permukaan jalan dan menempatkan karet yang bersentuhan dengan jalan untuk mempertahankan adhesi, yang menambah traksi saat basah dan bersalju.

Selip

Perbedaan antara kecepatan linear kendaraan dan kecepatan berputar ban. Sebagai contoh, jika sebuah ban terkunci dan meluncur (contoh: tidak berputar) saat kendaraan masih bergerak, maka kendaraan tersebut melaju dengan selip 100%.

Sudut selip

Perbedaan antara arah roda bergerak dengan arah kendaraan bergerak.

Stabilitas

Situasi di mana pengemudi memegang kontrol kendaraan.

Steger

Pemasangan steger adalah menempatkan roda belakang yang lebih besar daripada roda depan Anda.

Sabuk pengikat baja

Kombinasi dari kawat baja yang dilapisi dengan karet yang membentuk sebuah setrip atau sabuk pengikat yang ditempatkan di bawah karet tapak dan di atas wadah (karkas); memastikan keseragaman saat ban berputar dan membantu mencegah kempis.

Sistem kemudi

Mekanisme keseluruhan yang memungkinkan pengemudi untuk memandu dan mengarahkan kendaraan; termasuk roda kemudi, batang kemudi, persneling, penghubung, dan pendukung roda.

Stress Equilibrium Casing™

Desain wadah radial yang lebih mendistribusikan gaya akselerasi, menikung, dan mengerem secara merata di sepanjang petak kontak, yang memungkinkan untuk peningkatan desain di bagian bahu dan penggunaan yang lebih halus, serta menambah daya cengkeram yang lebih baik.

Struktur

Cara di mana karkas ban dibangun. Struktur ban radial dapat diidentifikasi dari tulisan radial atau dari huruf R serta nama untuk mayoritas ban kendaraan saat ini.

Suspensi

Berbagai pegas, peredam goncangan, serta penghubung yang digunakan untuk menahan kerangka, bodi, mesin, dan rangkaian penggerak di atas roda dari kendaraan.

Sipe Pengunci Torsi

Sipe dengan gerak mengombak vertikal (ke blok tapak) untuk memberikan tambahan kekakuan saat menikung.

Kembali ke atas

T

Tekanan Udara

Jumlah udara di bagian dalam ban yang menekan keluar pada setiap inci persegi ban, yang dijelaskan dalam pounds per square inch (psi) atau kiloPascal (kPa), penunjukan metrik untuk tekanan udara.

Torsi Pengereman

Suatu teknik yang dilakukan oleh pembalap drag racing dan penguji mobil di jalan untuk meningkatkan akselerasi di garis awal; dengan menginjak rem dan gas pada saat bersamaan, yang meningkatkan rpm mesin hingga rem dilepas.

Tekanan Angin pada Saat Dingin

Jumlah tekanan udara dalam ban, yang diukur dalam pound per inci persegi (psi) sebelum panas dari ban meningkat karena berkendara.

Teknologi Cross Z-Sipes

Pola sipe yang memberikan sifat kaku menyamping dan membujur di dalam blok tapak.

Transfer Beban Depan dan Belakang

Transfer berat dari gandar bagian depan ke gandar bagian belakang (atau sebaliknya) dikarenakan oleh akselerasi ataupun pengereman. Akselerasi menyebabkan berat berpindah dari gandar bagian depan ke gandar bagian belakang. Pengereman menyebabkan berat berpindah dari gandar bagian belakang ke gandar bagian depan.

Transfer berat lateral

Saat kendaraan melaju melalui suatu belokan, berat tertransfer dari roda yang berada di bagian dalam belokan ke roda yang berada di bagian luar belokan. Inilah akibat dari gaya sentrifugal atau gaya lateral yang terjadi pada kendaraan.

Truk Ringan

Istilah industri otomotif untuk truk, pikap, van penumpang, atau SUV yang lebih kecil.

Tinggi penampang beban

Tinggi penampang ban yang melakukan kontak dengan jalan.

Tekanan udara maksimal

Tekanan udara maksimal di mana ban dalam kondisi dingin dapat diisi udara; dapat ditemukan terpampang pada dinding samping.

Tekanan udara berlebih

Terlalu banyak udara di dalam ban, yang menyebabkan keausan prematur di bagian tengah tapak.

Tes Uang Koin

Uji mudah yang sering digunakan untuk memeriksa kedalaman tapak yang tepat pada ban dengan uang koin terbalik. Untuk mengetahui cara menggunakan Tes Uang Koin, klik di sini.

Tarikan (Pull)

Kondisi di mana kendaraan berbelok ke satu sisi tanpa dikemudikan ke arah tersebut, sebagai akibat dari keausan ban yang tidak teratur, keselarasan roda bagian depan dan/atau bagian belakang yang tidak benar, ataupun rem yang aus atau tidak disesuaikan dengan baik.

Tulangan

Pola fitur tapak yang selaras di sekeliling roda. Biasanya terdapat beberapa tulangan di seluruh area tapak roda.

Tinggi penampang

Tinggi ban, diukur dari pelek hingga ke tapak bagian luar.

Torsi menyelaraskan sendiri

Saat ban menikung, putaran yang diciptakan pada petak kontak jalan bertindak pada suatu titik agak ke bagian belakang dari garis tengah ban yang sesungguhnya dikarenakan jejak pneumatik. Ini memiliki efek yang sama seperti caster positif dan cenderung memaksa roda kembali ke posisi lurus ke depan.

Tunggal

Satu ban dipasang pada satu sisi dari gandar (dua ban per gandar).

Teknologi Tombol Pendukung

Tonjolan kecil di alur pada bagian bahu untuk memberikan kekakuan blok secara lateral.

T & RA

Tire and Rim Association atau Asosiasi Ban dan Pelek.

Toe

Perbedaan jarak antara bagian depan dengan bagian belakang dari sepasang ban yang dipasang pada gandar yang sama.

Toe-Kedalam

Bagian depan dari dua ban yang berada pada gandar yang sama lebih dekat dibandingkan bagian belakang roda.

Toe-Keluar

Bagian depan dari dua ban yang berada pada gandar yang sama lebih jauh terpisah dibandingkan bagian belakang roda.

Toe Keluar Putaran

Juga dikenal sebagai Ackerman Angle. Roda kendaraan di bagian dalam sebuah belokan memiliki radius yang lebih kecil dibandingkan ban di bagian luar dari belokan tersebut, dikarenakan kedua roda bagian depan dikemudikan ke arah yang berbeda saat berbelok.

Torsi

Upaya berbelok atau berputar, biasanya dihitung dalam lb-ft atau meteran Newton.

Traksi

Gesekan antara ban dengan permukaan jalan; jumlah daya cengkeram yang diberikan.

Tapak

Bagian dari ban yang melakukan kontak dengan jalan. Ini dibedakan berdasarkan desain tulangan serta alurnya. Memberikan traksi di kondisi yang berbeda-beda, tahan terhadap tekanan tinggi, serta menahan keausan, abrasi, dan panas.

Tulangan Tapak

Penampang tapak yang berada di sekeliling ban yang dipisahkan oleh alur tapak.

Tri Side-by-Side Compounding (Pencampuran Tiga Samping Menyamping)

Proses yang memungkinkan untuk menaruh dengan tepat tiga jenis bahan campuran karet yang berbeda di seluruh tapak ban.

Tekanan udara kurang

Menggunakan ban dengan tekanan udara yang kurang untuk menyokong berat dari kendaraan beserta penumpang dan beban tambahannya; dapat mengakibatkan kerusakan pada ban saat panas dihasilkan di bagian dalam ban sampai pada poin berkurangnya fungsi komponen.

Tapak bawah

Material di antara bagian bawah dari karet tapak dan lapisan atas dari sabuk pengikat baja; memberikan bantalan yang meningkatkan kenyamanan.

Tapak Satu Arah

Juga dikenal sebagai tapak searah, ini adalah ban yang didesain hanya berputar ke satu arah.

Traksi Basah

Mengindikasikan seberapa efisien ban memisahkan air untuk mengatasi hilangnya kendali di air (aquaplaning), dan seberapa baik daya cengkeram di jalan yang basah dalam kecepatan lambat.

Toe nol

Saat ban pararel pada gandar yang sama; bagian depan dan belakang ban sama jauhnya.

Kembali ke atas

U

Ukuran plus

Opsi yang memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan kendaraan mereka dengan memasang ban profil rendah di pelek yang lebih lebar (satu atau dua inci lebih besar pada diameternya), biasanya akan meningkatkan penampilan, pegangan, dan performa kendaraan.

Ukuran

Kombinasi dari lebar ban, jenis konstruksi, rasio aspek, dan ukuran pelek yang digunakan untuk membedakan ban.

Ultra-Low Profile Technology (Teknologi Profil Ultra Rendah)

Bentuk dinding samping yang khusus, area bead, serta bahan campuran bead yang meningkatkan daya tahan dan ban yang dapat dipasang dengan dinding samping yang sangat pendek.

UTQGS

Dikenal juga dengan Uniform Tire Quality Grading Standards atau Standar Gradasi Kualitas Ban Sama. Sistem informasi ban yang disponsori oleh pemerintah dan menyediakan untuk konsumen peringkat (dari AA sampai C) untuk traksi dan suhu ban. Keausan tapak biasanya dinilai dari 60 sampai 700.

Kembali ke atas

V

Variabel Petak Kontak

Sistem yang memaksimalkan petak kontak selama menikung melalui kombinasi pola tapak asimetris dengan sabut pengikat di bawahnya.

Variabel Jarak Terpadu (Variable Integrated Pitch)

Proses membuat variasi ukuran blok tapak di sekeliling ban untuk meminimalkan kebisingan yang dihasilkan oleh ban saat melaju.

Variabel Ketebalan atau Sipe Dua Arah

Dua jenis teknologi sipe yang meningkatkan kekakuan tapak dalam kondisi terbeban, seperti menikung, menginjak rem, atau akselerasi. Teknologi ini memungkinkan permukaan blok tapak untuk mengunci bersamaan (baik dalam arah longitudinal dan lateral), yang mengakibatkan kemudi respons dan ketepatan, jarak pengereman yang pendek, serta peningkatan transmisi dari torsi mesin ke permukaan mengemudi.

Viscous Planing (Licin Tergelincir)

Dapat terjadi sesaat setelah hujan membasahi permukaan jalan yang kering. Minyak pada permukaan jalan berpindah ke bagian atas lapisan kelembapan, dan bisa menjadi sangat licin, bahkan saat lapisan kelembapan tersebut sangat tipis. Hujan yang terus-menerus akan mengurangi kondisi itu dengan membasuh minyak tersebut.

Vulkanisasi

Proses pemanasan karet dengan tekanan yang tidak dapat diubah untuk meningkatkan kekuatan serta ketahanannya.

Kembali ke atas

Z

Zero Pressure™ Technology (Teknologi Zero Pressure™)

Ban Michelin® Zero Pressure™ membanggakan penguatan dinding samping yang dirancang untuk menyangga berat mobil Anda bahkan setelah kehilangan tekanan udara — bahkan tanpa udara di ban. Teknologi Michelin® Zero Pressure memungkinkan Anda untuk terus mengemudi hingga 50 mil dengan 55 mph, sehingga Anda tidak harus mengganti ban di pinggir jalan raya yang sibuk. Yang terpenting, Teknologi Zero Pressure telah ditanamkan pada beberapa ban Michelin®  berperforma terbaik.

Zig Zag Sipes™ Technology (Teknologi Zig Zag Sipes™)

Bentuk sipe zig-zag, yang biasanya horizontal, agar dapat meregang dan mencengkeram kuat dalam salju untuk membantu memberikan traksi udara dingin yang dapat diandalkan.

Kembali ke atas